Belimbing – Penjelasan, Klasifikasi, Kandungan Gizi, Manfaat Serta Jenis- Jenis Belimbing

Posted on

Manfaat Belimbing, Jenis- Jenis Belimbing, Penjelasan Lengkap, Klasifikasi Ilmiah, Serta Kandungan Gizi, Yang Terkandung Didalamnya

Hai Sahabat……..Kali ini kita akan membahas tentang buah Belimbing. Nah, untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

Belimbing (Averrhoa carambola atau dalam bahasa inggris disebut Star fruit) adalah salah satu tumbuhan buah yang memiliki bentuk khas. Tanaman ini berasal dari Sri Langka, India dan Indonesia. Namun kini penyebarannya sudah sangat luas yaitu hampir di seluruh penjuru dunia. Belimbing adalah salah satu tanaman buah tropis, pohon buah belimbing memiliki ketinggian sekitar 5 meter dengan banyak cabang. Daunnya majemuk dan memiliki panjang sekitar 50 cm, bunga pada tumbuhan belimbing memiliki warna merah muda. Buah pada tumbuhan belimbing mengandung banyak air, memiliki warna kehijauan dan ada yang kuning, apabila buah di potong maka akan terlihat penampang melintangnya seperti bentuk bintang. Rasa buahnya manis dengan sedikit asam, biji pada buah berwarna hitam atau coklat.

belimbing

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Oxalidales
Famili: Oxalidaceae
Genus: Averrhoa
Spesies: A. carambola

Kandungan Gizi Belimbing/ 100 gram:

Kalori 31 Kcal (1.5%)
Karbohidrat 6.73 g (5%)
Protein 1.04 g (2%)
Lemak 0.33 g (1%)
Kolesterol 0 mg (0%)
Serat 2.80 g (7%)
Vitamin Folat 12 µg (3%)
Niacin 0.367 mg (2.25%
Pyridoxine 0.017 mg (1.5%)
Riboflavin 0.016 mg (1.25%)
Thiamin 0.014 mg (1%)
Vitamin A 61 IU( 2%)
Vitamin C 34.4 mg (57%)
Vitamin E 0.15 mg (1%)
Vitamin K 0 µg (0%)
Sodium 2 mg (0%)
Kalium 133 mg (3%)
Kalsium 3 mg (0.3%)
Zat besi 0.08 mg (1%)
Magnesium 10 mg (2%)
Fosfor 12 mg (2%)
Seng 0.12 mg (1%)

Manfaat Belimbing
  • Dapat mengobati batuk pada anak
  • Dapat mengobati sariawan dan gusi berdarah
  • Dapat mengurangi sakit pada gigi berlubang
  • Dapat mengatasi panu dan jerawat
  • Dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau Hipertensi
  • Dapat mencegah terserang penyakit kencing manis
  • Dapat membantu memberikan perlindungan agar terhindar dari kelumpuhan
  • Dapat membantu melancarkan proses pencernaan karena kandungan seratnya
  • Dapat digunakan untuk diet karena mengandung pectin
  • Dapat mengobati radang rectum

Berikut adalah varietas-varietas Belimbing:

  • Belimbing Bangkok
    belimbing bangkok
    Belimbing bangkok adalah salah satu varietas belimbing yang berasal dari Thailand. Belimbing ini memiliki buah manis dan kandungan air yang banyak serta warna buah kuning kemerahan dengan bagian pinggir berwarna hijau ketika sudah masak. Bentuk buahnya agak lebar serta pipih.
  • Belimbing Demak
    belimbing demak
    Belimbing demak adalah salah satu varietas belimbing yang bersal dari Demak. Belimbing ini memiliki warna buah putih kekuningan, rasanya manis sedikit masam dan memiliki kandungan air yang banyak.
  • Belimbing Sembiring
    belimbing sembiring
    Belimbing sembiring merupakan salah satu varietas belimbing yang berasal dari kota Medan tepatnya di Pancur Batu. Jika sudah masak maka buahnya akan memiliki warna kuning menyala dengan rasa manis yang menyegarkan.
  • Belimbing Malaya
    belimbing malaya
    Belimbing malaya adalah salah satu varietas belimbing hasil okulasi. Belimbing jenis ini memiliki warna buah kuning keemasan, bertekstur lunak dengan rasa buah yang manis.
  • Belimbing Wulan
    belimbing wulan
    Belimbing Wulan adalah salah satu varietas belimbing hasil dari persilangan belimbing demak. Belimbing ini memiliki bentuk buah lonjong, warna buahnya kuning kemerahan apabila sudah masak, rasa buahnya manis dan mengandung air yang cukup banyak dan dagingnya tidak berserat.
  • Belimbing Madu
    belimbing madu
    Belimbing madu adalah salah satu varietas belimbing yang berasal dari Malaysia. Jenis ini memiliki warna buah oranye cerah apabila sudah masak, rasanya manis, renyah, tidak beserat, buahnya agak meruncing pada bagian ujung.
  • Belimbing Dewi
    belimbing-dewi
    Belimbing dewi adalah salah satu varietas belimbing yang berasal dari Depok, Jawa barat. Belimbing ini memiliki rasa yang manis.
  • Belimbing Wuluh
    belimbing wuluh
    Belimbing Wuluh adalah salah satu Varietas belimbing yang berasal dari kepulauan maluku. Belimbing ini juga dikenal sebagai belimbing sayur. Belimbing ini memiliki rasa yang asam.

Demikian artikel pembahasan tentang”Belimbing – Penjelasan, Klasifikasi, Kandungan Gizi, Manfaat Serta Jenis- Jenis Belimbing“, semoga bermanfaat dan jangna lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa