Penyu – Penjelasan Serta Jenis-Jenis Penyu Beserta Klasifikasi Lengkap

Posted on

Penyu – Penjelasan Serta Jenis-Jenis Penyu Beserta Klasifikasi Dan Gambar Lengkap

Hai Sahabat…Kali ini kita akan membahas tentang hewan yang sejenis dengan kura-kura yaitu Penyu. Untuk lebih jelasnya simak  penjelasan berikut ini.

Penyu adalah jenis kura-kura laut yang hidup di semua samudra di dunia. Penyu berasal dari kelas Sauropsida, penyu memiliki satu pasang tungkai depan yang berguna sebagai pendayung saat berenang dalam air. Penyu bernafas menggunakan paru-paru. Penyu biasanya melakukan migrasi dengan jarak yang cukup jauh yaitu 3.000 Km dengan waktu 58 hingga 73 hari.

Penyu

Klasifikasi ilmiah Penyu
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Ordo: Testudinata
Upaordo: Cryptodira
Superfamili: Chelonioidea

Penyu jantan dan betina menghabiskan seluruh hidupnya di laut, tetapi betina sesekali akan ke daratan untuk bertelur. Siklus bertelur penyu sangat beragam mulai dari 2 hingga 8 tahun sekali. Penyu betina dalam sekali bertelur akan mengeluarkan telur dengan jumlah ratusan butir, tapi dari ratusan telur tersebut hanya sekitar belasan anak penyu (tukik) yang dapat berhasil kembali ke laut.

Berikut adalah jenis-jenis Penyu:

  • Penyu hijau (Chelonia mydas)
    Penyu hijau (Chelonia mydas)
    Penyu hijau (Chelonia mydas) adalah penyu yang masuk dalam keluarga Cheloniidae. Penyu jenis ini hidup di semua perairan laut tropis dan subtropis terutama Samudra pasifik dan atlantik.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Testudines
Famili: Cheloniidae
Genus: Chelonia
Spesies: Chelonia mydas

  • Penyu sisik (Eretmochelys imbricata)
    Penyu sisik (Eretmochelys imbricata)
    Penyu sisik (Eretmochelys imbricata) adalah jenis penyu dari familia Cheloniidae. Penyu jenis ini mirip dengan jenis penyu lain tapi yang membedakan adalah paruhnya yang melengkung dengan bibir bagian atas yang menonjol serta cangkang pada bagian pinggir seperti gergaji. Cangkangnya dapat berganti warna sesuai dengan temperatur air yang ditempatinya. Terdapat 2 subspesies dari penyu sisik yaitu terdapat di Atlantik dan Pasifik. E. imbricata imbricata adalah subspesies di Atlantik, sedangkan E. imbricata bissa adalah subspesies di wilayah Indo-Pasifik.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Testudinata
Famili: Cheloniidae
Genus: Eretmochelys
Spesies: E. imbricata

  • Penyu Kemp’s ridley (Lepidochelys kempi)
    penyu kempi Lepidochelys kempi
    Penyu Kemp’s ridley (Lepidochelys kempi) adalah Penyu yang hanya hidup di perairan Atlantik dan Meksiko. Makanan penyu ini adalah ganggang laut, bulu babi, dan ganggang laut.

Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan : Animalia
Divisi:  Chordata
Kelas : Reptilia
Memesan : Testudines
Keluarga:   Cheloniidae

  • Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea)
    penyu lekang(Lepidochelys olivacea)
    Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea) atau dalam bahasa inggris disebut Olive Ridley turtle adalah jenis penyu yang dapat ditemukan pada perairan hangat dan tropis di samudra atlantik, pasifik dan hindia. Penyu ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan jenis penyu lain. Kerapas pada penyu dewasa berwarna abu kehijauan dan abu-abu untuk anakannya (tukik).
  • Penyu belimbing (Dermochelys coriacea)
    Penyu belimbing (Dermochelys coriacea)
    Penyu belimbing (Dermochelys coriacea) adalah jenis penyu dengan ukuran besar yang merupakan satu-satunya anggota dari suku Dermochelyidae yang masih hidup. Bentuk kepala dari penyu ini kecil,tanpa sisik dan bulat, kerapasnya memiliki bentuk seperti garis-garis.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Upafilum: Vertebrata
Kelas: Reptilia
Ordo: Testudinata
Upaordo: Cryptodira
Famili: Dermochelyidae
Genus: Dermochelys
Spesies: D. coriacea

  • Penyu pipih (Natator depressus)
    Penyu pipih (Natator depressus)
    Penyu pipih (Natator depressus) adalah jenis penyu yang merupakan penyu endemik di perairan landasan kontinen Australia. Penyu jenis ini memiliki kerapas rendah dan berkubah, tepinya terbalik, berwarna zaitun abu-abu dan plastronnya memiliki warna krem bagi dewasa. Pada tukik kerapasnya berwarna abu-abu dengan sisik bergaris hitam dengan plastron dan tepi memiliki warna putih.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Testudinata
Famili: Cheloniidae
Genus: Natator
Spesies: N. depressus

  • Penyu tempayan (Caretta caretta)
    Penyu tempayan (Caretta caretta)
    Penyu tempayan (Caretta caretta) adalah Jenis penyu yang memiliki kerapas yang keras dan berwarna coklat kemerahan atau kuning-oranye dengan memiliki empat pasang sisik coastal dan lima buah sisik vertebral. Pada kerapas bagian bawah (plastron) memiliki warna kuning pucat. Pada sisi leher bagian atas memiliki warna coklat sedangkan bagian bawahnya memiliki warna kuning. Kepala penyu ini memiliki warna sama dengan karapasnya dengan 2 pasang sisik prefrontal. Sedangkan tukik (anak penyu) memiliki warna coklat. Habitat dan daerah persebaran Penyu Tempayan sangat luas, meliputi perairan tropis dan subtropis di Samudera Antlantik, Hindia, Pasifik, dan Laut Mediterania.

Demikian artikel pembahasan tentang”Penyu – Penjelasan Serta Jenis-Jenis Penyu Beserta Klasifikasi Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa