tupai terbang sugar glider

Penjelasan Tentang Persamaan dan Perbedaan Sugar Glider Dengan Tupai Terbang

Posted on

Penjelasan Tentang Persamaan dan Perbedaan Sugar Glider Dengan Tupai Terbang Beserta Klasifikasinya

Sugar glider adalah possum meluncur kecil, termasuk dalam hewan omnivora,arboreal,dan noctunal serta termasuk dalam infraclass marsupial(berkantung) sedangkan Tupai terbang adalah binatang yang digolongkan dalam mamalia berukuran kecil, sering juga tupai disamakan dengan bajing hal itu terjadi karena tupai dan bajing mempunyai kemiripan. Tapi apakah kalian tahu bahwa ternyata sugar glider dan tupai terbang memiliki beberapa persamaan dan perbedaan, jadi kali ini kita akan membahas tentang persamaan dan perbedaan mereka. Berikut adalah persamaan dan perbedaan sugar glider dan tupai terbang:

Persamaan:

1. Sugar glider dan Tupai terbang adalah sama sama hewan yang aktif pada malam hari atau yang dikenal dengan hewan noctunal.
2. Sugar glider dan tupai terbang sama-sama memiliki kaki depan dan belakang yang berselaput yang digunakan untuk melompot dari pohon ke pohon dengan cara melayang.

Perbedaan:

1. Sugar glider masuk kedalam hewan marsupial(berkantung) sedangkan Tupai terbang masuk dalam hewan mamalia(hewan yang memiliki kelenjar susu).
2. Bentuk ekor Sugar glider bulat sedangkan Tupai terbang pipih.
3. Sugar glider memiliki bau khas yang hanya dimiliki oleh sugar glider saja sedangkan tupai tidak memiliki bau khas.
4. saat terbang ekor sugar glider tetap seperti bentuk semula hanya terangkat naik sedangkan tupai terbang saat terbang ekornya yang pipih akan mengembang.
5. Keberadaan sugar glider banyak ditemukan di Papua, Australia,dan negara lainnya tapi sudah banyak sugar glider sudah dilindungi. Sedangkan Tupai terbang banyak ditemui di hutan-hutan tropis di dunia.
6. Sugar glider memiliki wajah sedikit mirip dengan kuskus sedangkan Tupai terbang lebih mirip dengan bajing kelapa.
7. Di Indonesia, Sugar glider dan Tupai terbang memiliki warna dasar bulu abu-abu tetapi yang membedakannya adalah sugar glider memiliki garis hitam di punggung dari kepala hingga ekor.
8. Sugar glider memiliki nama ilmiah Petaurus breviceps sedangkan tupai terbang memiliki banyak sekali spesies dan yang terkenal adalah jenis Petinomys sagitta (bajing terbang jawa).
9. Dari segi harga, harga Sugar glider lebih mahal dibandingkan Tupai terbang.

Klasifikasi  Ilmiah Sugar Glider

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

kelas: Mammalia

Infraclass: Marsupialia

Famili: Petauridae

Genus: Petaurus

Species: P. breviceps

 

 Klasifikasi Ilmiah Tupai Terbang

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Mammalia

Ordo: Scandentia

Suku: Tupaiidae ,  Ptilocercidae

Gambar Sugar Glider dan Tupai Terbang

sugar glider 1

sugar glider 2

sugar glider 3

tupai terbang 1

tupai terbang 3

Demikian penjelasan tentang “Penjelasan Tentang Persamaan dan Perbedaan Sugar Glider Dengan Tupai Terbang“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami . Sampai jumpa