Perbedaan Antara Cumi-Cumi, Sotong Dan Gurita

Posted on

Perbedaan Antara Cumi-Cumi, Sotong Dan Gurita Yang Paling Mencolok

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang Perbedaan antara Cumi-Cumi, Sotong, Dan Gurita. Untuk lenbih jelasnya simak pembahasan berikut.

Sotong (Cuttlefish) adalah binatang yang hidup di hampir semua perairan yang berukuran besar baik itu air payau, air tawar, atau air asin. Sotong hidup di air dengan kedalaman yang bervariasi dari yang dekat dengan permukaan hingga ribuan meter di bawah permukaan laut. Sotong adalah hewan yang kaya akan protein dan kalsium.

Sotong

Klasifikasi ilmiah Sotong
Kerajaan: Animalia
Filum: Mollusca
Kelas: Cephalopoda
Upakelas: Coleoidea
Superordo: Decapodiformes
Ordo: Sepiida

Cumi-Cumi  atau Squid adalah jenis hewan moluska yang hidup di air laut. Cumi-cumi adalah hewan invertebrata atau hewan tidak bertulang belakang. cumi-cumi memiliki tubuh seperti bentuk pipa, kepala cumi-cumi berkembang dengan sempurna, dan memiliki 10 tangan panjang yang bermangkuk penghisap yang berfungsi untuk menjerat mangsa kemudian mangsa dikoyak dengan rahangnya yang kuat. Cumi-cumi menghisap air melalui rongga mantel yaitu rongga yang berada pada pusat tubuhnya dan memaksanya keluar melalui suatu pembuluh yang lentur yang disebut dengan sifon.

cumi-cumi

Klasifikasi ilmiah Cumi-Cumi
Kerajaan: Animalia
Filum: Moluska
Kelas: Cephalopoda
Upakelas: Coleoidea
Superordo: Decapodiformes
Ordo: Teuthida

Gurita atau octopus adalah hewan moluska yang berasal dari kelas Cephalopoda atau hewan dengan kaki terletak di kepala.Gurita juga berasal dari ordo Octopoda dan habitat utamanya terumbu karang di samudra. Terdapat sekitar 289 spesies Gurita yang jumlahnya sepertiga dari total spesies kelas Cephalopoda. Gurita memiliki 8 lengan dengan dengan bulatan-bulatan cekung sebagai alat hisap, Gurita memiliki tubuh yang fleksibel dan ketika dalam keadaan berbahaya gurita akan menyemburkan cairan hitam atau tinta, berklamufase dan juga memotong lengannya untuk melindungi dirinya.

gurita

Klasifikasi ilmiah Gurita
Kerajaan: Animalia
Filum: Moluska
Kelas: Cephalopoda
Upakelas: Coleoidea
Superordo: Octopodiformes
Ordo: Octopoda

Perbedaan Cumi-Cumi, Sotong Dan Gurita
  • Cumi-cumi memiliki tubuh panjang agak meruncing, sotong  memiliki tubuh ukuran pendek dan membulat, sedangkan gurita memiliki bentuk tubuh pendek membulat dengan tentakel yang panjang.
  • Dibandingkan Cumi-Cumi dan Sotong, Gurita memiliki ukuran tentakel yang paling panjang.
  • Jumlah tentakel pada cumi-cumi dan sotong adalah sebanyak 10 buah, sedangkan jumlah tentakel gurita hanya 8 buah.
  • Cumi-cumi memiliki sepasang sirip di ujung ekornya, sotong mempunyai sepasang sirip dari leher sampai ujung ekor, dan gurita sama sekali tidak memiliki sepasang sirip.
  • Cumi-cumi dan sotong selalu bergerak  dengan berenang, sedangkan gurita mampu berenang dan merayap.
  • Selain menyemprotkan cairan tinta berwarna hitam, cumi-cumi sanggup mengubah warna kulit, sementara sotong dan gurita mampu merubah warna dan tekstur kulit untuk mengelabui predatornya.
  • Cumi-cumi mempunyai cangkang berbentuk tangkai, cangkang sotong berbentuk pipih dan menyerupai perisai, sedangkan gurita tidak memiliki cangkang di dalam tubuhnya.
  • Cumi-cumi dan sotong melahap buruannya dengan mencabik dan menelan daging mangsanya, sedangkan gurita menyedot cairan tubuh mangsanya.

Demikian pembahasan tentang”Perbedaan Antara Cumi-Cumi, Sotong Dan Gurita“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa