hiu vs paus

Perbedaan Antara Ikan Hiu Dan Paus Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Posted on

Perbedaan Antara Ikan Hiu Dan Paus Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Hai sahabat…..Sebelumnya kita telah memposting tentang hiu dan paus tapi taukah kamu bahwa hiu dan paus memiliki perbedaan yang sangat mencolok, kali ini kita akan membahas tentang perbedaan dari kedua hewan tersebut perhatikan penjelasan di bawah ini :

Hiu adalah ikan yang masuk dalam kelompok superordo selachimorpha. hiu memiliki tubuh ramping,mereka bernafas menggunakan lima,enam bahkan tujuh liang insang tergantung spesies di bagian samping. Hiu memiliki susunan kerangka tulang rawan yang lengkap, hiu dilapisi kulit dermal denticles pada tubuhnya yang berfungsi untuk melindungi kulit mereka agar tidak rusak, terhindar dari parasit dan untuk menambah dinamika air.
Hiu memiliki tulang yang sangat ringan dan lentur karena terbuat dari tulang rawan muda walaupun terkadang tulang rawan pada ikan yang lebih tua akan mengalami pengapuraa tulang sebagian. Hiu memiliki beraneka ragam bentuk rahang yang diduga terjadi karena berevolusi dai rongga yang pertama.

Tiger shark

Sedangkan

Paus merupakan mamalia laut terbesar saat ini. Paus merupakan salah satu dari banyak jenis hewan yang hidup dan tinggal di laut. Paus adalah hewan mamalia laut, tetapi seringkali disebut sebagai ikan karena bentuknya seperti golongan ikan. Paus merupakan anggota bangsa Cetacea yang berukuran besar.

Paus memiliki ukuran tubuh besar, cerdas dan hidup bebas di samudera. Jika kebanyakan hewan laut bernapas dengan insang namun tidak dengan paus, mereka bernapas dengan paru-paru. Berbeda pula dengan sapi laut atau manati, paus menjadi satu-satunya mamalia laut yang mampu hidup dibawah laut selama hidupnya. Karena itu, mereka begitu mudah beradaptasi dengan kedalaman samudera yang entah tak terkira hitungannya. Ciri lain dari paus yaitu mempunyai rambut meskipun sedikit (biasanya terdapat pada paus dewasa), berdarah dingin, mempunyai kelenjar susu, memiliki jantung dengan empat ruang.

Pada umumnya, paus terbagi menjadi dua kategori. Ada paus bergigi (odontoceti) dan paus tidak bergigi (Mysticeti). Paus Odontoceti yang bergigi merupakan pemangsa yang memakan ikan, sotong, dan mamalia laut, mempunyai satu lubang pernapasan. Paus bergigi berkerabat dekat dengan lumba-lumba dan pesut. Paus tidak bergigi berukuran lebih besar daripada ikan paus bergigi dan mempunyai struktur yang dikenal sebagai balin yang berbentuk sikat. Struktur ini berguna untuk menyaring plankton, makanannya, di air. Paus berbalin mempunyai dua lubang pernapasan.

paus

Berikut adalah perbedaan antara Hiu dan Paus:

  1. Hiu digolongkan ke dalam pisces/ikan yang mempunyai sisik ditubuhnyadan termasuk vertebrata yang memiliki tulang punggung kaku dan pada saat berenang hiu mengibaskan ekornya ke kanan dan ke kiri sedangkan Paus digolongkan kedalam mamalia karena dia adalah hewan laut yang memiliki kelenjar susu,dia tidak bersisik dan bukan hewan vertebrata dan apabila berenang paus mengibaskan ekornya keatas dan kebawah.
  2. Hiu memiliki tulang yang tersusun dari tulang rawan yang bersifat fleksibel yang banyak membentuk telinga dan hidung, sedangkan Paus memiliki tulang yang kaku jadi jika disimpulkan kerangka yang dimiliki Paus lebih berat dibanding Hiu.
  3. Hiu bernafas dengan insang yang terdapat disisi kepala bagian kanan dan kiri dan bentuk insangnya sangat tipis serta mudah dilipat sedangkan Paus bernafas menggunakan paru-paru jika ingin mengambil oksigen saat berenang maka Paus akan keluar ke permukaan dan menyerapnya melalui saluran pernapasan yang ada di atas kepalanya.
  4. Hiu adalah hewan berdarah dingin jadi hiu tidak dapat mengatur suhu tubuh. Lingkungan sekitar hiu sangat berpengaruh terhadap suhu tubuhnya. Jadi, inilah sebab kenapa Hiu umumnya hidup di perairan sub-tropis dan tropis meskipun ada juga yang hidup di perairan yang dingin. Sedangkan Paus, tergolong hewan berdarah panas yang dengan mudah mengatur suhu tubuhnya menyesuaikan lingkungannya untuk bertahan hidup baik di perairan dingin atau hangat.
  5.  Hiu berkembangbiak dengan cara bertelur(ovipar) dan ada juga yang berkembang biak dengan cara bertelur-melahirkan(ovovivipar). Hiu indukan akan mampu menghasilkan kurang dari 100 butir telur. Telur setelah menetas maka induk hiu ada yang tetap mengasuh larvanya dan ada pula yang langsung meninggalkannya. Sedangkan Paus, berkembang biak dengan cara melahirkan(vivipar). Setelah melahirkan paus akan mengasuh anakannya hingga mereka dapat bertahan hidup sendiri.

Demikan penjelasan kita tentang “Perbedaan Antara Ikan Hiu Dan Paus Yang Belum Banyak Orang Ketahui“, semoga bermanfaatdan jangan lupa ikuti postingan kita berikutnya. Sampai jumpa