Jenis Tanaman yang Tumbuh Subur di Dataran Tinggi

Posted on

Daratan tinggi merupakan daratan yang terletak pada ketinggian diatas 700mdpl. Daratan tinggi terbentuk hasil dari erosi dan sedimentasi. Terdapaat beberapa daratan tinggi di Indonesia antara lain Daratan Tinggi Dekkan, Daratan Tinggi Gayo, Daratan Tinggi Dieng, Daratan Tinggi Malang dan Daratan Tinggi Alas. Daratan tinggi juga dapat terjadi karena adanya bekas kaldera luas yang tertimbun lereng gunung disekitarnya.

Untuk anda yang tinggal didaerah daratan tinggi dan memiliki hobi bercocok tanam, tentunya anda harus paham jenis tanaman apa saja yang cocok dan dapat tumbuh subur didaratan tinggi. Namun bagi anda yang masih pemula dan ingin mencoba untuk bercocok tanam didaratan tinggi maka sangat tepat jika anda membaca artikel ini. Memang tidak semua jenis tanaman bisa kita tanam didaratan tinggi. Jika dipaksakan maka akan percuma saja dan tanaman tersebut dapat mati atau tida dapat tumbuh. Karena alasan tersebut kita harus paham dan mengenali jenis tanaman apa sajakah yang cocok untuk kita tanam pada daerah daratan tinggi. Sebenarna terdapat banyak sekali jenis tanaman yang dapat kita tanam untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Jenis Tanaman Daerah Tinggi

Tanaman Buah Strawberry

strawberry

Syarat tumbuh tanaman strawberry sanagat berpengaruh akan pertumbuhannya, diantaranya yaitu harus terkena sinar matahari secara penuh dan dlaam sehari dibutuhkan waktu penyinaran selama 10 jam. Tanaman strawberry memerlukan curah hujan sekitar 600-800 mm/th. Suhu udara yang dibutuhkan pada tanaman strawberry ini memerlukan 20 derajat celcius. Bagi anda yang tinggal didaerah daratan rendah, jenis tanaman ini sangat cocok untuk coba anda tanam. meskipun tanaman strawberry dapat pula kita taman pada daerah daratan rendah namun harus dengan perawatan yang extra diperhatikan.

Tanaman Wortel

wortel

Tanaman selanjutnya yang dapat tumbuh baik pada daratan tinggi adalah wortel. Faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang tanaman wortel yaitu suhu, jenis tanah, curah hujan, kelembaban dan intensitas sinar matahari. Wortel biasanya dibudidayakan pada tanah yang memiliki tekstur tanah yang baik seperti andosol, alluvial, regosol san latosol, jenis tanah tersebut biasanya terdapat didaratan tinggi, tetapi dapat juga diusahakan pada dataran rendah. Sedangkan derajat keasaman tanah yang sesuai yaitu antara 5.5 – 6.5 , suhu tersebut berpengaruh terutama pada proses metabolisme, fotosintetis, transpirasi, aktifitas enzim, absorbi, penyerapan hara dan lai-lain. Suhu optimal untuk pertumbuhan tanaman wortel adalah 15.6 – 21.1 °C, namun jika suhu daratan mencapai hingga 26 °C dengan ketinggian 500mdpl akan menghasilkan umbi yang kurang memuaskan. Sedangkan pada suhu yang terlalu tinggi akan menghasilkan umbi yang pendek dan kecil-kecil. Curah hujan juga mempengaruhi dalam produktifitas tanaman wortel, jika kekurangan air makan akan menghambat pertumbuhannya. Daerah yang cocok untuk budidaya wortel adalah daerah yang memiliki iklim basah (15 – 3 bulan kering dalam satu tahun) dan iklim agak basah (3 – 4.5 bulan kering dalam 1 tahun) tetapi tanamanwortel juga toleran terhadap iklim sangat basah (0 – 1.5 bulan kering dalam satu tahun).

Tanaman Brokoli

brokoli

Cara menanam brokoli tidak terlalu sulit, apalagi bagi anda yang tinggal di daratan tinggi, hanya saya anda haru smemperhatikan pasokan air serta ketinggian lahan untuk membudidayakan sayuran ini. Apabila anda tidak tinggal didaerah yang memiliki udara sejuk sebaiknya anda tidak melirik untuk memulai usaha budidaya brokoli, karena brokoli tidak dapat ditanam didaerah yang memiliki suhu cukup panas, dan tidak berkembang dengan baik.

Tanaman Kubis

kubis

Tanaman Kubis sangatlah cocok ditanam si daerah atau area yan bercuaca dingin dan berada pada ketinggian 1500 – 2000 mdpl. Jika suhu dan ketinggian area sudah memenuhi kriteria diatas, sebaiknya kita juga harus memperhatikan tentang banyak nya humus dan gemburnya tanah yang akan dijadikan lahan untuk membudidayakan kubis ( Kol ). Hal ini akan sangat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan tanaman kubis itu sendiri.

Tanaman Kentang

kentang

Tanaman kentang akan tumbuh baik pada daerah yang memiliki ketinggian antara 1000-2000 mdpl dengan suhu 15 – 22 derajat celcius. Curah hujan yang baik selama periode pertumbuhan tanaman kentang adalah 1000-1500 mm. Apabila curah hujan terlalu tinggi bisa menyebabkan kebusukan pada umbi.

Tanaman Labu Siam

labu siam

Labu siam dapat ditanam dan tumbuh dengan subur pada wilayah dengan ketinggian antara 200 meter sampai 1000 meter di atas permukaan laut. Cara tanam labu siam tergolong sederhana sekali. Baik wilayah dataran rendah yang memiliki hawa udara panas maupun wilayah dataran tinggi yang memiliki hawa udara dingin bisa menjadi tempat yang cocok untuk membudidayakan tanaman labu siam. Oleh karena itu, kini tanaman labu siam bisa ditemui baik di daerah tropis maupun di daerah subtropis.

Tanaman Buah Apel

buah apel

Tanaman buah selanjutnya yang mampu tumbuh baik didaerah dataran tinggi adalah Apel. Di Indonesia tanaman buah buah apel yang paling terkenal adalah apel malang, yang banyak dibudidayakan di kota daerah Batu, Malang, Jawa Timur. Yang notabennya daerah tersebut merupakan daerah dataran tinggi. Jika anda tinggal di daerah dataran tinggi maka sangat tepat sekali jika anda mencoba untuk membudidayakan buah apel ini.

Tanaman Teh

kebun teh

Tanaman teh dapat tumbuh subur di daerah-daerah dengan ketinggian 200-2.000 m di atas permukaan laut. Di daerah-daerah yang rendah umumnya tanaman teh kurang dapat memberi hasil yang cukup tinggi. Tanaman teh menghendaki tanah yang dalam dan mudah menyerap air. Tanaman tidak tahan terhadap kekeringan serta menuntut curah hujan minimum 1.200 mm yang merata sepanjang tahun.

Tanaman Kopi

kopi

Memilih jenis tanaman untuk budidaya kopi, harus disesuaikan dengan tempat atau lokasi lahan. Lokasi lahan yang terletak di ketinggian lebih dari 800 meter dpl cocok untuk ditanami arabika. Sedangkan dari ketinggian 400-800 meter bisa ditanami robusta. Budidaya kopi didataran rendah bisa mempertimbangkan jenis liberika atau excelsa.

Tanaman Kakao

kakao

Syarat tumbuh tanaman kakao adalah curah hujan yaitu 1.100 – 3.000 mm per tahun. Temperaturnya yaitu 30 0C ‐ 32 0C (maksimum) dan 18 0C ‐ 21 0C (minimum). Kakao tumbuh baik pada tanah dengan pH 6 – 7,5. Sedangkan lingkungan hidup tanaman kakao yakni hutan tropis yang pada pertumbuhannya memerlukan naungan untuk menghindari pencahayaan penuh.

Sekian penjelasan yang diberikan, semoga pembaca lebih pahan tanaman apa sajakah yang mampu tumbuh baik di daerah dataran tinggi. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa diartikel lainya. Terimakasih telah berkunjung di FaunadanFlora.com 🙂 🙂

Leave a Reply