5 Teknik Dan Cara Budidaya Jagung Manis Berkualitas Tinggi Dengan Mudah

Posted on

Teknik Dan Cara Budidaya Menanam Jagung Manis Berkualitas Tinggi Dengan Mudah

Jagung manis atau juga jagung sayur (Zea mays saccharata) merupakan tanaman kultivar jagung yang memiliki keistimewaan yaitu kandungan sukrosa gula konten yang tinggi pada saat panen. Jagung manis populer dikalangan petani karena bernilai ekonomi yang tinggi serta umur tanaman ini relatif pendek yaitu pada umur kurang lebih 70 hari setelah tanam jagung manis sudah dapat dipanen.

a. Syarat Tumbuh
Jagung manis dapat dibudidayakan mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 1.800 mdpl hingga 3.000 mdpl. Suhu optimum untuk pertumbuhan jagung manis adalah sekitar 21°C-27°C, selama perkecambahan biji diperlukan suhu sekitar 23°C-27°C. Tanah untuk penanaman jagung manis ini memiliki tingkat keasaman atau pH sekitar 5-8. Dalam melakukan budidaya jagung manis tidak akan maksimal apabila kebutuhan hara tidak tercukupi. Tanaman jagung manis ini memerlukan unsur nitrogen (N) dalam jumlah besar, tapi pemberian pupuk harus memperhatikan keseimbangan antara kandungan nitrogen, kalium (K) dan phospat (P).

b. Pengolahan lahan Tanam Secara Organik
Budidaya jagung manis dapat dilakukan dengan ditanam di lahan bekas sawah secara langsung atau juga bisa dibuat bedengan. Apabila lahan yang dipakai bekas sawah, usahakan lahan tidak tergenang air. Bedengan pada tanaman jagung memiliki fungsi untuk mengatur saluran drainase. Bedengan dapat dibuat dengan ukuran lebar sekitar 1 m, tinggi sekitar 20 cm-30 cm dengan panjang menyesuaikan lahan tanam. Antar bedengan diberi jarak sekitar 30 cm. Untuk satu bedeng dapat ditanami dua larik tanaman.

Untuk pemupukan dasar budidaya jagung manis organik sebaiknya menggunakan campuran dari pupuk kotoran ayam dengan kotoran sapi atau kambing dengan perbandingan 1:1. Pupuk dari kotoran ayam akan memberikan kadar Nitrogen yang banyak dan lebih cepat terurai, sedangkan pupuk dari kotoran sapi atau kambing lebih kaya akan Kalium dan Phospat. Kebutuhan pupuk tersebut adalah sekitar 5 ton/hektar lahan.

c. Penanaman dan Perawatan Tanaman Jagung Manis
Penanaman jagung manis yang paling efektif adalah dengan cara ditugal. Buatlah lubang tanam sedalam 2cm-3 cm kemudian masukan sekitar 2 butir benih jagung. Setelah itu tutup kembali lubang tanam tersebut dengan campuran tanah dan pupuk kompos,Setelah itu lakukan penyiraman agar kelembapan tanah tetap terjaga. Kebutuhan benih untuk setiap hektar lahan tanam budidaya jagung manis adalah sekitar 8 kg.

Jarak tanam untuk budidaya jagung manis adalah 60cm-75cm. Jarak tanam tersebut mengikuti jumlah populasi ideal tanaman. Budidaya jagung manis akan munai hasil baik dengan menjaga populasi tanaman yaitu sebanyak 34.000-37.000 tanaman/hektar.

d. Hama Dan Penyakit Jagung Manis
Hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman jagung manis antara lain Penggerek batang jagung (O. furnacalis), Ulat Tongkol (H. armigera), Kutu Daun (R. maidis), Belalang (Oxya spp.),Tikus (Rattus argentiventer), penyakit Bule (Peronosclespora Maydis), penyakit Karat (Puccinia sorghi), penyakit Hawar daun (Helminthosporium turcicum), penyakit Hawar daun (Curvularia sp.), penyakit Hawar pelepah (Rhizoctonia solani). Semua hama penyakit tersebut dapat dikendalikan dengan berbagai cara mulai dari melepaskan predator alaminya, melakukan pengolahan tanah yang baik, sanitasi lahan, penanaman secara tumpang sari, atau juga bisa menggunakan pestisida bila anda melakukan penanaman non-organik.

e. Pemanenan Jagung Manis
Jagung manis mulai berbunga setelah 50 hari tanam. 10 hari sebelum dilakukan pemanenan tongkol jagung utama, sebaiknya lakukan panen tongkol jagung muda. Saat masa ini akan tumbuh dua tongkol jagung maka petik tongkol yang paling bawah. Pemanenan tongkol jagung muda bertujuan agar asupan nutrisi untuk tongkol utama tercukupi, sehingga hasilnya dapat maksimal. Selain memetik tongkol jagung muda, pangkaslah daun bagian bawah sebanyak 2 hingga 3 helai. Apabila tunas-tunas buah muda muncul kembali sebelum pemanenan tongkol jagung utama, anda bisa memetiknya dan bisa dijadikan hasil panen tambahan. Panen tongkol jagung utama jagung manis dapat dilakukan setelah tanaman berumur 65 hingga 75 hari.

Demikian artikel pembahasan tentang”5 Teknik Dan Cara Budidaya Jagung Manis Berkualitas Tinggi Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa