Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Bunga Clematis (Beauty Vines) Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Bunga Clematis (Beauty Vines) Bagi Pemula – Clematis (Beauty Vines) adalah tanaman rambat berbunga yang sangat populer di kalangan penggemar taman dan lanscape rumah. Genus Clematis memiliki jenis spesies liana, merambat, berkayu dan selalu hijau sepanjang masa. Spesies Clematis terutama ditemukan di seluruh daerah beriklim belahan bumi utara, namun jarang di ditemukan di daerah tropis.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Primrose

Clematis merupakan tanaman rambat yang sangat fleksibel dan dapat tumbuh di dinding atau pagar, lebih dari lengkungan atau pergola, melalui pohon dan semak-semak. Beberapa varietas tanaman yang berbunga menjadi yang paling ideal untuk menutupi dinding rumah, pagar atau tunggul pohon tua. Jika menanamya melalui pohon atau semak cocokan jenisnya, sehingga Clematis tidak merusak inangnya. Karena kemampuan adaptasi dan bentuk bunga spektakulernya membuatnya menjadi yang paling populer dari semua tanaman kebun.

Bentuk bunga clematis standar yaitu bunga ukuran besar dengan 6-7 kelopak. Ukuran bunga ada yang terukur hingga 5-6. Ada juga kultivar dengan bunga yang lebih kecil, bunga ganda, dan bunga seperti lonceng. Warna berkisar dari putih ke anggur merah, lavender untuk dalam ungu, dan bahkan ada yang sedikit kuning.

Tanaman ini membutuhkan beberapa tahun untuk tumbuh dewasa dan mulai berbunga penuh. Untuk mempersingkat waktu, belilah tanaman yang berusia minimal dua tahun. Jika membeli di pusat tanaman atau nursery, pilih tanaman yang kuat yang menunjukkan pertumbuhan kuat, daripada tanaman lemah dengan bentuk yang indah.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Crossandra

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Clematis Bagi Pemula

Cara Menanam Clematis

Tanaman bunga clematis dapat tumbuh subur pada tanah yang subur dan kering. Tanaman ini menyukai di bawah sinar matahari penuh atau sedikit teduh, tetapi dengan dasar tanaman di tempat teduh. Membutuhkan setidaknya enam jam sinar matahari untuk mekarnya bunga. Tempatkan dasar tanaman disekitar tanaman semak atau berilah mulsa untuk melindungi dasar tanamannya.

Clematis lebih menyukai tanah lembab, kering, dengan kadar pH itu netral sampai sedikit basa. Jika tanah Anda cenderung asam, Anda harus menambahkan secara berkala kapur atau abu kayu. Galilah lubang untuk menanam dan berilah pupuk organik maupun pupuk buatan granular untuk mendukung pertumbuhannya.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Freesia Refracta

Pindahkan tanaman dengan hati-hati, karena akar dan mahkotanya serta tunasnya yang baru tumbuh mudah sekali rusak. Tempatkan tanaman pada posisi yang lebih dalam dibandingkan ketika menanam di pot. Masukkan ke dalam lubang sampai daun pertama menempel pada tanah. Siramlah secara teratur setiap tanah mengering. Jika bisa memeliharanya melalui tahun pertama, kemungkinan besar bahwa itu akan terus berkembang.

Cara Memelihara Clematis

Meski ada beberapa jenis clematis yang memiliki bisa tumbuh lebat, sebagian besar dari mereka tumbuh memanjat. Seperti tanaman memanjat lainnya, tanaman ini akan mencari tempat untuk merambat. Apabila tidak bisa menemukan apa-apa, tanaman itu akan berhenti tumbuh. Untuk itu, pastikan memberikan rambatan untuk tanaman ini.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Gloxinia

Tanaman ini tidak memanjat dengan sulur melilit sekitar sesuatu, seperti kacang panjang atau morning glory. Tanaman ini naik dengan memutar batang dan membungkus daunnya di sekitar sesuatu. Karena daun dan batang yang tidak terlalu panjang, rambatan harus memiliki kerapatan yang cukup rapat. Rambatan yang paling mudah untuk clematis adalah benang, pancing, kawat, cabang tipis, pena kayu atau batang baja. Jika menggunakan teralis , pertimbangkan untuk menambahkan beberapa benang pembantu garis, atau menutupi teralis dengan jaring.

Pemangkasan Clematis

Pemangkasan tahunan juga mungkin diperlukan untuk menjaga tanaman clematis mendapat bentuk terbaik. Pemangkasan tanamn ini membuatnya tetap menarik dan penuh bunga. Jenis clematis merambat dapat ditentukan kapan dan bagaimana harus dipangkas. Misalnya, awal varietas mekar musim semi harus dipangkas kembali secepat mungkin setelah mereka mekar. Ini karena mereka bertunas pada pertumbuhan musim sebelumnya. Jenis bunga mekar pada pertengahan musim semi harus dipotong kembali ke tunas teratas di akhir musim. Mulailah pemangkasan hanya jika dapat melihat tanaman merambat yang mati dan mana yang mulai keluar daun.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Lipstik

Demikian pembahasan cara menanam dan merawat bunga clematis bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan berikutnya.