Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Episcia Cupreata (Flame Violet) Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Episcia Cupreata (Flame Violet) Bagi Pemula – Episcia Cupreata atau flame violet atau disebut juga lace flower atau violet api merupakan salah satu jenis tanaman bunga yang berasal dari Kolombia dan Venezuela. Tanaman bunga Episcia Cupreata ini memiliki daun yang mencolok yang tumbuh dalam roset dan panjangnya mencapai 5-8 cm. Daun tanaman bunga ini berwarna hijau dan coklat tembaga, sering dengan vena hijau muda atau perak.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga African Violet

Bunga tanaman ini akan muncul pada musim semi dan berlanjut hingga musim gugur. Bunganya berukuran kecil; berwarna merah, merah muda, oranye atau kuning; dan bunga itu muncul diantara dedaunan.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Episcia Cupreata (Flame Violet) Bagi Pemula

Cara Menanam Bunga Episcia Cupreata (Flame Violet)

Tanaman bunga Episcia Cupreata (Flame Violet) dapat ditanam di pot biasa ataupun pot gantung, letakkan tanamn didekat jendela tapi jauh dari sinar matahari secara langsung.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Aster

Syarat tumbuh bunga Episcia Cupreata (Flame Violet), diantaranya yaitu:

  • Mendapatkan cahaya terang dan tidak langsung, yang tidak mekar tidak mendapatkan cukup cahaya. Tempatkan tanaman di dekat jendela yang terang, tetapi dari sinar matahari langsung.
  • Jika kelembaban relatif turun di bawah 50%, letakkan pot di atas nampan kerikil basah atau gunakan pelembab ruangan. Jangan gunakan mister karena daunnya akan terlihat dan rentan terhadap jamur.
  • Tanaman ini lebih menyukai suhu dingin, terutama saat mekar; 55-65 °F / 13-18 °C di malam hari / tidak lebih hangat dari 75 ° F/24 °C di siang hari.
  • Media tanam yang digunakan bisa berupa campuran tanah dan lumut gambut.
  • Lakukan pemupukan setiap 2 minggu sekali secara rutin.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Tulip Di Indonesia

Berikut cara penanaman bunga Episcia Cupreata (Flame Violet):

Ambil stek batang daun tunggal pada musim semi. Celupkan ujungnya ke dalam air, lalu rooting bubuk hormon. Masukkan batang ke dalam campuran media tanam dalam pot, kemudian padatkan campuran di sekitar batang sehingga tanaman bisa berdiri. Tutup seluruh pot dengan plastik agar tahan kelembaban. Akar harus tumbuh dalam waktu sekitar sebulan, dan akan melihat planlet terbentuk dari pangkal pemotongan sekitar sebulan setelah itu.

Cara Merawat Bunga Episcia Cupreata (Flame Violet)

Tanaman bunga Flame violet suka menjadi lembab secara konsisten. Inilah sebabnya mengapa mereka ideal untuk lingkungan terarium. Jika dibiarkan kering maka tanaman akan mati atau daunnya kecoklatan. Daun melengkung adalah pertanda bawah air yang bagus. Tanaman ini tidak suka disiram dengan air dingin, yang terbaik yaitu menggunakan air suhu kamar jika bisa.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Vinca Gantung

Demikian pembahasan tentang cara menanam dan merawat bunga flame violet agar cepat berbunga bagi pemula. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya