Panduan Lengkap Cara Budidaya Belalang Konsumsi Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Belalang Konsumsi Bagi Pemula Agar Sukses – Belalang merupakan salah satu jenis serangga pemakan daun-daunan dan ada juga beberapa jenis belalang yang memakan biji-bijian. Bagi para petani, belalang merupakan hama tapi seiring berkembangnya dunia kuliner, belalang ini memiliki nilai konsumsi. Sebagian besar negara di Asia, banyak sekali orang menghidangkan belalang untuk dikonsumsi.

Nah kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya belalang konsumsi. Belalang konsumsi cenderung bertubuh besar dan sedikit membulat di bagian tubuhnya, warnanya kebanyakan hitam dan coklat. Biasanya belalang konsumsi dihidangkan dengan bumbu pedas ataupun asin ada juga dengan cara dikukus atau dijadikan hidangan kuah. Kandungan nutrisi yang ada dalam belalng konsumsi diantaranya yaitu protein; lemak; karbohidrat; fosfor dan magnesium.

Cara Budidaya Belalang Konsumsi Bagi Pemula

Persiapan Media Budidaya Belalang Konsumsi

Pertama, siapkan beberapa toples atau akuarium sebagai media budidaya. Selanjutnya, berikan tutup dengan rongga sebagai ventilasi udara dan letakkan pada ruangan khusus. Kemudian isi dasar media menggunakan pasir dan semprot pasir menggunakan spray berisi air.

Setelah itu, lakukan penyemprotan hanya untuk melembabkan media saja agar indukan cepat bertelur. Lalu, letakkan batang kayu sebagai tempat belalang berlindung dan juga cincangan wortel dan beberapa helai daun yang dipotong sebagai pakan utama belalang.

Persiapan Indukan Belalang Konsumsi

Pilihlah indukan belalang konsumsi yang berkualitas, sehat dan tidak cacat. Untuk membedakan indukan jantan dan betina belalang konsumsi, perhatikan ujung ekornya. Indukan jantan memiliki dua sungut di ekornya dan bentuk tubuhnya cenderung memanjang. Sedangkan indukan betina tidak memiliki sungut di bagian ekornya dengan bentuk tubuh cenderung membulat dan lebih besar.

Cara Mengawinkan Belalang Konsumsi

Pertama, letakkan sepasang indukan dalam media. Kemudian, biarkan selama 2- 3 hari setelah meletakkan indukan belalang dalam media. Setelah 2- 3 hari, maka bisa dilihat dasar media yang dipenuhi dengan telur belalang. Biarkan hingga telur menetas dan larva belalang bermunculan.

Perawatan Belalang Konsumsi

Berikan belalang konsumsi pakan secara rutin. Pakan tersebut dapat berupa potongan wortel dan sayur hijau. Jika ada makanan sisa segera bersihkan dan ganti dengan makanan yang baru.

Lakukan pergantian pasir dan jangan lupa untuk memberi ventilasi pada tutupnya. Pastikan jaga kelembaban media dengan menyemprotkan air menggunakan spray saat pasir mulai mengering. Setelah hampir 3 minggu, larva akan menjadi belalang muda dan jika sudah begitu pindahkan belalang ke dalam media yang lebih besar.

Masa Panen Belalang Konsumsi

Pemanenan belalang dapat dilakukan jika hari sudah memasuki hari ke-75. Pemanenan tersebut menggunakan alat dan sarung tangan dan bisa langsung mensortirnya berdasarkan ukurannya.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Belalang Konsumsi Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post