Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Dewa Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Dewa Bagi Pemula Agar Sukses – Ikan kancra bodas atau ikan dewa (Tor douronensis atau Neolissochilus soro) adalah salah satu jenis ikan air tawar yang masih berkerabat dengan ikan mas. Di Asia Tenggara sendiri, ikan dewa ini umumnya dikonsumsi, termasuk di Indonesia.

Ikan dewa ini memiliki badan yang besar, memiliki panjang sekitar 60 centimeter, memiliki sisik besar, dan kepalanya mirip dengan ikan mas. Tapi postur panjang ikan ini mirip ikan arwana.

Karena keuntungan penjualannya cukup menjanjikan, sehingga budidaya ikan dewa ini cukup digandrungi. Berikut cara budidaya ikan dewa bagi pemula:

Cara Budidaya Ikan Dewa Bagi Pemula

Ikan dewa mudah terserang kutu, jenis kutu yang menyerang ikan dewa yaitu ektoparasit Argulus sp. Parasit yang satu ini mudah dikenali dengan bentuk tubuh pipih, dorsoventral, oval, dan transparan. Argulus sp. memiliki panjang berkisar 4-10 mm. Parasit ini bisa mengisap darah dan melukai inang. Hama semacam kutu tersebut menyerang karena suhu air lebih dingin. Selain itu, penumpukan bahan organik juga menjadi pemicu suatu hama bisa menyerang ikan dewa. Jenis hama kutu Argulus sp. bisa memakan ikan dan menyebabkan infeksi sekunder.

Penanganan ikan dewa yang terkena hama kutu bisa dengan pemberian larvasida. Apabila sudah memasuki tahap yang lebih parah, sabun deterjen bisa diberikan. Biasanya, dalam jangka waktu dua hari ikan dewa akan kembali sehat.

Tantangan budidaya ikan dewa akan semakin berat saat serangan hama terjadi pada musim pemijahan. Apabila hal tersebut terjadi, akan semakin sedikit jumlah induk yang bisa dipijahkan. Hal ini tentu saja akan memengaruhi produksi telur ikan dewa.

Apabila tidak terserang hama, produksi telur ikan dewa lebih sedikit jika dibandingkan dengan ikan budidaya air tawar lainnya. Satu induk ikan dewa hanya mampu menghasilkan 900-1.000 telur ikan. Walaupun jumlah tersebut masih kalah jauh dari ikan mas yang sekali bertelur bisa menghasilkan 10.000 telur ikan.

Tantangan budidaya ikan dewa berikutnya yang harus dipahami pembudidaya pemula yaitu bahwa tidak semua daerah cocok untuk membudidayakan ikan ini. Ikan dewa tumbuh optimal di daratan tinggi. Akan tetapi tidak semua daratan tinggi cocok untuk budidaya ikan dewa.

Ikan ini hidup pada suhu di bawah 26 derajat celcius. Air yang digunakan juga harus jernih agar ikan mau melakukan pemijahan. Selain itu, ikan juga tumbuh pada air yang berarus dengan tingkat kandungan oksigen yang tinggi.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Dewa Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa