Panduan Lengkap Cara Budidaya Lalat Tentara Hitam Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Lalat Tentara Hitam Bagi Pemula Agar Sukses – Lalat hitam atau lalat tentara hitam (Hermetia illucens) yait jenis lalat yang banyak ditemukan di sampah organik. Cara hidup lalat tentara hitam yaitu ketika menjadi larva atau maggot, lalat ini memanfaatkan limbah sampah organik sebagai sumber makanan utamanya. Hal tersebut karena dalam tubuh maggot lalat hitam terdapat bakteri selulotik dan bakteri tersebut mampu menghasilkan enzim selulase yang dapat menghidrolisis selulosa pada sampah organik.

Dengan cara membudidaya lalat tentara hitam ini, maka secara tidak langsung telah mengurangi penimbunan sampah organik. Selain itu ada banyak sekali keuntungan dari membudidayakan lalat tentara hitam, seperti menghemat pakan ternak dan lain sebagainya.

Cara Budidaya Lalat Tentara Hitam Bagi Pemula

Penentuan Lokasi Budidaya Lalat Tentara Hitam

Lokasi budidaya lalat tentara hitam bisa diberbagai tempat dan lebih baik jika ruang tertutup tapi pencahayaan masih bisa masuk. Selain itu, pastikan lokasi jauh dengan daerah industri maupun jalan raya dan dapur agar tidak tercemar tapi mudah dijangkau dan sepi. Pastikan suhu ruangan antara 25- 28°C.

Persiapan Media Budidaya Lalat Tentara Hitam

Media budidaya lalat tentara hitam bisa berupa rak susun terbuat dari bambu ataupun kayu. Rak susun dibuat dengan model terbuka dibagian samping kanan dan kirinya.

Kemudian, siapkan nampan ataupun tray sebagai alas pada rak susun, jika ingin lebih praktis bisa menggunakan terpal. Setelah itu, isi dasar terpal menggunakan campuran antara pasir dan tanah dengan perbandingan sebesar 1 : 1. Campuran tanah dan pasir juga harus diberi pupuk organik seperti pupuk kompos dengan perbandingan antara campuran pasir dan tanah dengan pupuk sebesar 2 :1. Masukkan tanah campuran tersebut pada terpal hingga ketebalan sekitar 1- 3 cm.

Persiapan Bibit Larva Budidaya Lalat Tentara Hitam

Pastikan bibit lalat tentara hitam adalah bibit berkualitas dan layak budidaya. Bibit lalat tentara hitam berupa telur, bisa dibeli atau mengembangbiakkannya secara langsung.

Pilihlah indukan lalat tentara hitam dengan kualitas baik dan produktif, lalu masukkan ke dalam ruang khusus bernama nursery. Biarkan dan jangan lupa menyiapkan media berupa tray berisi sampah organik sebagai tempat bertelur.

Pemeliharaan Larva Budidaya Lalat Tentara Hitam

Setelah mendapatkan telur lalat tentara hitam, maka perlu memindahkan telur telur tersebut ke media penetasan sekaligus pemeliharaan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Selanjutnya, biarkan telur menetas selama kurang lebih 5 hari dan setelah menetas maka bisa mulai memberinya pakan. Pakan yang diberikan yaitu beragam yang penting jenis sampah organik berupa sayuran seperti wortel, kangkung, akar bayam, sisa makanan berupa buah dan lai lain.

Karena larva lalat tentara hitam sangat rakus, pastikan memberi makan secara rutin dan teratur setiap hari sebanyak 3 kali. Larva lalat akan semakin cepat dipanen jika anda memberinya semakin banyak pakan.

Masa Panen Maggot Budidaya Lalat Tentara Hitam

Maggot lalat tentara hitam dapat dipanen dalam waktu 10 hari setelah menetas dari telur. Panen dilakukan dengan memisahkan maggot dengan media budidaya. Setelah selesai dipanen, sortir maggot dan letakkan dalam kotak kayu atau tray beralas pasir.

Demikian pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Lalat Tentara Hitam Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postinga kami berikutnya.Sampai Jumpa