Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Pepaya Lengkap dengan Cara Penggunaan dan Manfaatnya

2 min read

Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Pepaya – Pestisida nabati adalah pestisida yang bahan aktifnya berasal dari tanaman atau tumbuhan dan bahan organik lainnya yang berkhasiat mengendalikan serangan hama pada tanaman. Pestisida nabati lebih aman digunakan karena jenis pestisida ini mudah terurai (biodegradable) di alam, sehingga tidak mencemarkan lingkungan dan relatif aman bagi manusia dan ternak, karena residunya akan terurai dan mudah hilang. Salah satu pestisida nabati yang dapat digunakan adalah ekstak daun pepaya.

Hal ini dikarenakan daun pepaya memiliki kandungan bahan aktif ‘Papain’, yang efektif untuk mengendalikan ulat dan hama penghisap. Estrak daun pepaya dapat digunakan sebagai pestisida alami setelah dicampurkan dengan minyak tanah dan detergen. Pestisida alami dari ekstrak daun pepaya memiliki beberapa manfaat, antara lain: dapat digunakan untuk mencegah hama seperti aphid, rayap, hama kecil, dan ulat bulu serta berbagai jenis serangga.

Baca Juga : Hama dan Penyakit Pada Tanaman Kelengkeng 

Daun pepaya (Carica papaya) mengandung berbagai macam zat, antara lain : vitamin A 18250 SI , vitamin B1 0,15 mg, vitamin C 140 mg, kalori 79 kal, protein 8,0 gram, lemak 2 gram, hidrat Arang 11,9 gram, kalsium 353 mg, fosfor 63 mg, besi 0,8 mg, air 75,4 gram , papayotin, kautsyuk, karpain, karposit, Daun pepaya mengandung bahan aktif “Papain”, sehingga efektif untuk mengendalikan “ulat dan hama penghisap”

Setelah mengetahui kandungan yang ada pada daun pepaya, selanjutnya kita ketahui bagaimana cara membuat pestisida nabati lengkap dengan manfaat dan cara penggunaannya.

Cara Membuat Pestisida Alami dari Daun Pepaya (Carica papaya)

  • Siapkan kurang lebih 1kg daun pepaya.
  • Tumbuk daun pepaya hingga halus.
  • Selanjutnya rendam hasil tumbukkan kedalam 10 liter air dan tambahkan 2 sdm minyak tanah dan 30gr deterjen. Aduk hingga rata dan diamkan semalam.
  • Saring larutan hasil rendaman dengan kain halus. Lalu semprotkan larutan hasil saringan ke tanaman.

Baca Juga : Hama dan Penyakit Tanaman Kangkung 

Manfaat Pestisida Alami dari Daun Pepaya (Carica papaya)

Pestisida alami ini memiliki berbagai manfaat didandingkan dengan pestisida kimia yang menyebabkan pencemaran lingkungan. Berikut ini beberapa manfaat pestisida alami dari daun pepaya:

  • Pestisida alami mudah terurai (biodegradable) di alam, sehingga tidak mencemarkan lingkungan (ramah lingkungan).
  • Aman bagi manusia dan ternak karena residunya mudah hilang.
  • Pestisida alami dapat menyuburkan tanah.
  • Membunuh hama/penyakit seperti ekstrak dari daun pepaya, tembakau, biji mahoni, dsb.
  • Dapat digunakan sebagai pengumpul atau perangkap hama tanaman: tanaman orok-orok, kotoran ayam.
  • Bahan yang digunakan mudah ditemukan dan sangat murah sehingga tidak memberatkan petani.
  • Membantu mengatasi kesulitan ketersediaan dan mahalnya harga obat-obatan pertanian khususnya pestisida sintetis/kimiawi.
  • Dosis yang digunakan tidak terlalu mengikat dan beresio jika dibandingkan dengan penggunaan pestisida sintetis.
  • Pestisida tidak menimbulkan kekebalan pada serangga.

Baca Juga : Hama Penyakit Pada Bunga Melati

Cara Penggunaan Pestisida Alami Daun Pepaya

Cara penggunaan pestisida alami daun pepaya adalah dengan cara disemprotkan ketanaman.

Pestisida alami dari ekstrak daun pepaya memiliki beberapa manfaat, antara lain: dapat digunakan untuk mencegah hama seperti aphid, rayap, hama kecil, ulat bulu, cendawan, mosaik virus, embun tepung, hama yang terdapat didalam tanah, trips dan hama-hama penghisap.

Meskipun pupuk ini sangat baik, namun pupuk ini lebih disarankan untuk beberapa tanaman seperti tanaman bunga dirumah, pohon belimbing, tomat, dan cabai. Pupuk daun pepaya ini hanya cocok untuk tanaman – tanaman kecil dirumah saja, karena kurang maksimal untuk digunakan dalam skala besar.

Pestisida alami merupakan pemecahan jangka pendek untuk mengatasi masalah hama dengan cepat. Pestisida alami harus menjadi bagian dari sistem pengendalian hama terpadu, dan hanya digunakan bila diperlukan (tidak digunakan jika tidak terdapat hama yang merusak tanaman).

Baca Juga : Cara Fermentasi Biji Kakao yang Tepat untuk Hasil Cokelat Berkualitas

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Pepaya Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber literasi bagi pembaca.