Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Sirsak untuk Mengendalikan Hama Tanaman MUDAH

2 min read

Pestisida Nabati dari Daun Sirsak – Seperti yang kita ketahui, penggunaan insektisida berlebihan dan tidak tepat menyebabkan dampak negatif yang cukup serius yaitu menyebabkan resistensi hama dan pencemaran lingkungan hidup. Karena itulah penggunaan Pestisida Nabati sangat diperlukan untuk mengendalikan hama tanaman yang terbukti dapat mengatasi permasalahan hama tanaman dan tidak merusak lingkungan hidup.

Dibandingkan dengan insektisida, jika dilihat dari aspek ekonomi, penggunaan pestisida nabati lebih bisa hemat biaya, sebab bahan produkai lebih murah dan mudah dicari. Selain itu proses pembuatannya pun sangat mudah sehingga setiap petani dapat membuatnya meski tidak terlalu banyak mengerti tentang ilmu pertanian. Penggunaan pestisida nabati juga lebih aman untuk lingkungan sekitar dan residunya mudah terurai. Hanya saja kekurangan pestisida nabati ini yaitu tidak langsung mematikan hama penggangu tanaman.

Terdapat beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat pestisida nabati. Selain bawang putih dan daun pepaya, daun sirsak juga bisa digunakan sebagai pestisida organik. Hal in karena, daun sirsak mengandung senyawa kimia dari golongan annanoin dan resin yang dapat digunakan untuk mengendalikan hama tanaman seperti hama thrips, wereng, belalang, ulat dan banyak lagi.

Baca Juga : Cara Membuat Pestisida Alami dari Bawang Putih

Berikut beberapa racikan pestisida alami dari daun sirsak untuk mengendalikan hama.

Pestisida Nabati Daun Sirsak untuk Hama Thrips

Biasa hama Thrips sering menyerang tanaman cabai, tomat, jeruk dll, dengan menyerang daun muda atau bagian pucuk tanaman. Gejala serangan hama thrips ini yaitu menyebabkan daun menggulung ke atas, daun keriting, kering lalu mati. Hala ini menyebabkan pertumbuhan tanaman terganggu dan produktifitas menurun. Sedangkan pada serangan hebat bisa mengakibatkan gagal panen, karena tanaman tidak mampu berproduksi sama sekali. Berikut ini cara membuat pestisida nabati Daun Sirsak untuk Hama Thrips, antara lain:

  • Siapkan 50-100 lembar daun sirsak ditumbuk sampai halus.
  • Rendam hasil tumbukan daun dalam 5 liter air dan 15 gr detergen (sabun colek atau lainnya).
  • Diamkan rendaman selama 12 jam /semalaman.
  • Saring dengan kain halus.
  • Tiap 1 liter larutan diencerkan dengan 10-15 liter air atau 1 tangki sprayer diberi 1 liter larutan.
  • Semprotkan pada tanaman.

Baca Juga : Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Pepaya

Pestisida Nabati Daun Sirsak untuk Hama Wereng Coklat

Pestisida nabati untuk mengendalikan hama wereng coklat dibuat dengan kombinasi bahan yaitu daun sirsak, bawang putih dan jeringau (deringu). Ketiga bahan tersebut menghasilkan senyawa kimia yang banyak, diantaranya: arosone, kalomenol, kolomen, kalameone, metil eugenol, eugenol. Berikut ini cara membuat pestisida nabati untuk Hama Wereng Coklat, antara lain:

  • Tumbuk halus 50 lembar daun sirsak, 1 genggam rimpang jeringau dan 20 siung bawang putih.
  • Rendam hasil tumbukan dengan 20 liter air dan 20 gram detergen.
  • Rendam larutan selama 2 hari.
  • Saring dengan kain halus.
  • Pengaplikasian penyemprotan 1 tangki sprayer diberi 1 liter larutan.
  • Semprotkan ke tanaman yang diserang hama wereng.

Pestisida Nabati Daun Sirsak untuk Hama Belalang dan Ulat Daun

Sedangkan untuk mengendalikan hama belalang dan ulat daun dibuat dengan kombinasi 2 bahan yaitu daun sirsak dan tembakau. Pestisida ini dapat digunakan untuk mengendalikan hama belalang dan ulat yang menyerang cabai, tomat, semangka, melon dll. Berikut ini cara membuat pestisida nabati untuk Hama Belalang dan Ulat Daun, antara lain:

  • Tumbuk halus daun 50 lembar daun sirsak dan segenggam daun tembakau.
  • Rendam dengan 20 liter air dan 20 gr detergent.
  • Aduk rata dan diamkan selama semalam.
  • Saring dengan kain halus.
  • Larutan pekat ini dapat digunakan 4 kali penyemprotan.
  • Larutan disemprotkan ke tanaman.

Baca Juga : Cara Mengendalikan Hama Penghisap Buah Kakao

Selain menghemat biaya produksi, keuntungan lain menggunakan pestisida nabati lainnya yaitu aman digunakan untuk lingkungan dan hasil panen yang diproduksi juga lebih aman dikonsumsi. Hanya saja pestisida nabati mudah terdegradasi oleh alam, maka sebaiknya pemberian pestisida nabati harus sering dilakukan terutama pada musim hujan.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Sirsak Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber literasi bagi pembaca.