Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Mawar Dancing Queen Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Mawar Dancing Queen Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Bunga mawar dancing queen adalah bunga mawar hasil persilangan dari kombinasi mawar berwarna pink, putih, dan hijau. Akan tetapi, biasanya untuk menanam bunga mawar dancing queen ada sedikit kendala, terutama jika ditanam dari benih (biji) atau seed.

Baca Juga : Cara Budidaya Mawar Mini di Pot

Baru-baru ini bunga mawar dancing queen sedang menjadi primadona dikalangan penghobi tanaman hias, karena bentuk dan warnanya memang sangat cantik untuk dijadikan hiasan di halaman rumah ataupun di dalam ruangan.

Cara Menanam Bunga Mawar Dancing Queen Bagi Pemula

Persiapan Bibit Bunga Mawar Dancing Queen

Benih bunga mawar termasuk salah satu benih yang sulit tumbuh, karena memiliki kulit biji yang cukup keras serta masa berkecambah yang cukup lama, yaitu sekitar 60 hari bahkan ada beberapa jenis mawar yang benihnya berkecambah ketika sudah disemai selama 6 bulan.

Baca Juga : Cara Menanam Mawar Cabutan

Pada dasarnya, bunga mawar mebutuhkan proses cold stratification terlebih dahulu agar benih bunga mawar bisa berkecambah dengan baik. Cold stratification merupakan proses penyemaian biji mawar yang dilakukan didalam kulkas, di suhu yang dingin. Namun bukan pada freezer atau kulkas untuk membuat es, tetapi di kulkas bagian bawah tempat menyimpan buah atau sayur. Cara melakukan cold stratification untuk bunga mawar dancing queen, diantaranya yaitu:

Pertama, rendam benih bunga mawar di dalam air hangat dengan suhu sekitar 50 derajat celcius, biarkan sampai suhu air menurun dan diamkan sekitar 2 jam. Selanjutnya ganti air rendaman dengan air bersih dengan suhu normal selama 2-3 jam. Setelah proses perendaman selesai, siapkan wadah untuk proses cold stratification. Usahakan gunakan wadah plastik yang memiliki tutup. Jika tidak ada, gunakan plastik tipis yang di lubangi sebagai tutupnya.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Mawar Rainbow atau Mawar Pelangi

Selanjutnya ambil kapas lalu cubit-cubit hingga menjadi lembaran halus, lalu cuci di air yang mengalir untuk menhilangkan zat kimia yang menempel pada kapas. Letakkan kapas pada wadah yang telah disiapkan, dan usahakan kondisi kapas dalam keadaan lembab. Kemudian, taburkan benih bunga mawar dancing queen diatas kapas, semprot atau siram dengan air untuk menjaga kelembaban kapas. Usahakan jangan sampai kekeringan tetapi tidak tergenang air juga.

Setelah itu, tutup wadah tersebut dengan plastik yang telah dilubangi sebelumnya, dan masukan ke dalam kulkas. Selalu jaga kelembaban kapas dengan menyemprotkan air secara rutin. Umumnya benih bunga mawar dancing queen membutuhkan cold stratification selama 1-2 bulan sebelum benih siap untuk ditanam.

Baca Juga : Bunga Mawar Potong Semi Holand

Cara Menanam Mawar Dancing Queen

Pertama, siapkan pot berukuran sedang, lalu isi dengan media tanam yang terbuat dari tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Buatlah lubang tanam, dan masukan benih bunga mawar ke dalam lubang. Kemudian, tutup dengan tanah tipis-tipis dengan ketebalan sekitar 0,5 cm. Setelah Lakukan penyiraman rutin 2 kali sehari untuk menjaga kelembaban media tanam.

Untuk menjaga kandungan nutrisi dan unsur hara dalam media tanam lakukan pemupukan rutin dengan menggunakan pupuk organik. Perlu diperhatikan, jangan menyimpan bunga mawar dalam pot yang masih baru di bawah sinar matahari terlalu lama, karena tanaman yang baru membutuhkan waktu untuk beradaptasi dalam menerima asupan sinar matahari. Perubahan suhu secara drastis bisa menyebabkan tanaman kaget dan akhirnya layu atau bahkan mati.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Mawar Dengan Stek Batang

Demikian cara menanam bunga mawar dancing queen agar cepat berbunga bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya. Sampai jumpa