Cara Menanam dan Merawat Bunga Hydrangea Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Hydrangea Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Hydrangea atau Hortensia merupakan nama genus dari 70-75 spesies tumbuhan berbunga yang berasal dari Asia Timur dan Asia Selatan seperti Jepang, Tiongkok, Himalaya, dan Indonesia; Amerika Utara dan Amerika Selatan. Bunga hydrangea ini juga memiliki nama lain seperti bunga bokor atau kembang bokor, bunga tiga bulan atau bunga masamba, bunga panca warna, bunga pecah seribu.

Tanaman bunga hydrangea adalah tanaman semak yang dapat tumbuh dengan ketinggian 1-3 meter, ada juga yang merambat pada tumbuhan lain dan dapat tumbuh dengan ketinggian sekitar 30 meter. Daun bunga bokor ini berbentuk bulat telur dengan tepi bergerigi dan berwarna hijau muda berkilau. Bunga bokor ini memiliki banyak warna diantaranya seperti putih, biru, merah, merah muda (pink), ungu, biru muda dan lain sebagainya.

Klasifikasi ilmiah Bunga Hydrangea
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Asteridae
Ordo: Cornales
Famili: Hydrangeaceae
Genus: Hydrangea

Cara Menanam dan Merawat Bunga Hydrangea

Persiapan Alat dan Media Tanam Bunga Hydrangea

Siapkan alat seperti sekop mini dan gunting, siapkan pula benih Bunga Hydrangea atau potongan Bunga Hydrangea, media tanam dan air untuk menyiram. Media tanam Bunga Hydrangea yang bisa digunakan untuk menanam bunga hydrangea yaitu tanah yang subur seperti tanah humus dengan kelembapan cukup.

Pemilihan Jenis Bunga Hydrangea

Ada banyak jenis bunga hydrangea diantaranya Hydrangea Annabelle, Mophead dan Hydrangea Okleaf. Jenis Annabelle dan Okleaf memiliki warna yang sama yaitu putih, tapi Annabelle akan berubah menjadi warna hijau saat akhir musim.

Sedangkan, jenis Bunga Hydrangea Morphead memiliki warna merah muda (pink) dan warna biru. Morphead akan berubah menjadi warna yang lebih gelap saat memasuki musim mekar, bunga ini memiliki ukuran bunga yang besar. Jika kondisi lingkungan sekitar dimana akan menanam Hygrangea memiliki cuaca yang dingin pilih jenis Annabelle. Hydrangea Annabelle ini merupakan jenis yang mampu beradaptasi dengan cuaca yang sangat dingin sekali pun.

Persiapan Lubang Tanam Bunga Hydrangea

Buatlah lubang tanam dengan kedalaman minimal 20-40 cm. Lalu tambahkan pupuk kompos ke dalam lubang yang telah dibuat secukupnya.

Penanaman Bibit Bunga Hydrangea

Setelah semua siap, segera lakukan penanaman. Masukkan bibit ke lubang tanam lalu tutup kembali lubang tersebut dengan tanah gaian lubang. Beri jarak antar lubang tanam sekitar 3 langkah kaki.

Cara Merawat Bunga Hydrangea

Lakukan penyiraman bunga hydrangea secara rutin yaitu setiap dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Penyiraman tersebut dilakukan secukupnya. Agar bunga mekar sempurna, lakukan pemupukan secara rutin minimal setiap satu bulan sekali, pupuk yang dapat digunakan bisa digunakan yaitu pupuk kompos. Jika ada bagian bunga yang layu atau sudah tua, segera lakukan pemangkasan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Hydrangea Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa