Cara Menanam dan Merawat Bunga Zodia Dalam Pot Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Zodia Dalam Pot Bagi Pemula – Zodia (Evodia suaveolens) merupakan salah satu jenis tanaman hias sekaligus tanaman pengusir nyamuk. Tanaman hias satu ini memiliki bentuk bunga berukuran kecil berwarna putih, dan memiliki manfaat seperti bunga Geranium. Di daratan Papua, bunga ini terkenal dapat mengusir nyamuk, selain itu juga bisa memanfaatkan tanaman hias ini untuk mengusir nyamuk dan beberapa serangga lainnya.

Kandungan dari bunga zodia diantaranya linalool 46 % serta alphapinene sebanyak 13,26 %, maka tidak mengherankan jika bunga zodia mampu mengusir nyamuk dengan tingkatan mencapai 70% dalam 6 jam.

Cara menggunakan tanaman zodia ini untuk mengusir nyamuk dan serangga lainnya yaitu dengan mengebas-ngebaskan daun bunga zodia disudut ruangan yang sering menjadi sarang nyamuk atau serangga.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Zodia Dalam Pot

Persiapan Bibit Bunga Zodia

Siapkan bibit bunga zodia yang berukuran tinggi sekitar 10-15 cm. Bibit tersebut dapat diambil dari anakan atau batang stek tanaman induk atau membelinya di toko tanaman.

Persiapan Tempat Tanam dan Media Tanam Bunga Zodia

Siapkan tempat tanam berupa pot atau wadah lain yang berukuran sedang hingga besar. Sedangkan media tanam yang harus disiapkan yaitu tanah yang kaya akan unsur hara dan pupuk kandang . Campurkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1, aduk hingga merata lalu diamkan selama sehari.

Cara Menanam Bunga Zodia Dalam Pot

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Pertama, isi pot tanam dengan pecahan genteng sebagai alas media tanam kemudian isi campuran tanah dan pupuk kandang yang telah disiapkan sebelumnya hingga 1/3 bagian volume pot. Setelah itu, masukkan bibit bunga zodia dan tambahkan tanah hingga permukaan pot, kemudian sedikit tekan-tekan untuk memadatkan tanah tersebut.

Setelah penanaman, berikan sedikit air agar tanaman tetap terjaga kelembapannya. Letakkan bibit bunga zodia di area yang cukup terkena pancaran sinar matahari agar bunga tersebut bertumbuh dengan optimal. Usahakan juga tempat tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Bunga Zodia Dalam Pot Bagi Pemula“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa