Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Cabe Flash 750 Bagi Pemula Agar Cepat Panen

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Cabe Flash 750 Bagi Pemula Agar Cepat Panen – Cabe flash 750 merupakan salah satu jenis cabe hibrida dan termasuk cabe unggulan. Kelebihan jenis cabe flash 750 ini yaitu panjang buah sekitar 16 cm dengan diameter 0,9 cm; tahan virus dan tidak mudah terkena hama; tahan terhadap tanah kurang potensial seperti kekurangan zat hara maupun kalsium; dan juga kandungan Vitamin C pada buah cabe flash 750 lebih tinggi.

Berbicara tentang cabe flash 750, kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya cabe flash 750, berikut selengkapnya:

Cara Menanam dan Merawat Cabe Flash 750

Persiapan Lahan Tanam Cabe Flash 750

Lahan yang akan dijadikan tempat tanam cabe flash 750 dibersihkan terlebih dahulu, kemudian gemburkan tanahnya lalu ukur pH tanah (pH yang baik yaitu 6-7).

Setelah itu, lakukan pemupukan dasar dan lakukan pengapuran dengan dolomit apabila pH terlalu asam. Selanjutnya, buatlah bedengan dengan tinggi 40 cm, lebar 1 m, panjang maksimal 15 cm dan buat jarak antar bedengan 60 cm. Jika bedengan sudah siap, tutup bedengan dengan mulsa plastik berwarna gelap untuk menekan erosi, menjaga kelembaban juga kebersihan lahan.

Berikutnya, buatlah lubang tanam pada mulsa plastik dengan sistem 2 baris berjarak 70 cm. Lubang tanam yang baik dibuat zig- zag dengan kedalaman 10 cm menyesuaikan polybag semai.

Persiapan Bibit Cabe Flash 750

Biji cabe flash disemai terlebih dahulu. Caranya gunakan polybag semai dan isi dengan tanah tanpa pupuk, lalu tebarkan biji cabe flash 750 di atas permukaan tanah dalam media semai. Setelah itu, tutup bagian atas biji dengan tanah tanpa pupuk dan semprot dengan air menggunakan spray.

Letakkan media pada tempat gelap dan jaga kelembaban media tanam, setelah 3 minggu bibit siap dipindahkan. Setelah bibit memiliki 3-4 helai daun maka bisa dipindahkan ke bedengan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Cara Menanam dan Merawat Cabe Flash 750

Pindahkan bibit cabe flash 750 yang telah memiliki 3-4 helai daun ke dalam lubang tanam pada mulsa plastik, tapi sebelumnya pisahkan media tanam dam bibit secara hati- hati bibit dari media polybag. Setelah itu, tutup lubang tanam menggunakan tanah dan padatkan.

Lakukan perawatan berupa penyiraman dengan cara penggenangan jika menanamnya pada musim kemarau. Setiap seminggu sekali lakukan pemeriksaan pada lahan, jika ada tanaman yang rusak maka segera cabut dan ganti dengan bibit yang baru.

Lakukan pemasangan ajir atau tongkat dari kayu maupun bambu sebagai penompang tanaman cabe. Tancapkan ajir di samping pangkal tanaman cabe flash 750 dengan jarak 4 cm.

Setelah berumur 1 bulan, lakukan pemotongan tunas pada ketiak daun hingga muncul bunga pertama dan kedua. Selain itu, lakukan juga pemupukan susulan setiap 2 minggu sekali menggunakan pupuk cair, pupuk organik, jika perlu bisa menggunakan pupuk NPK.

Masa Panen Cabe Flash 750

Cabe flash 750 sudah bisa dipanen pada hari ke 84. Agar awet dan tidak mudah busuk jika disimpan maka saat pemanenan petik bersama tangkainya. Pemanenan cabe flash 750 dapat dilakukan setiap 2-5 hari sekali.

Demikian pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Cabe Flash 750 Bagi Pemula Agar Cepat Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa.