Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Cabe Giant Aconcagua Hingga Panen Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Cabe Giant Aconcagua Hingga Panen Bagi Pemula – Cabe Giant Aconcagua atau Giant Aconcagua-capsicum annum adalah jenis cabe yang memiliki ukuran paling besar. Jenis cabai Giant Aconcagua ini memiliki ukuran sangat besar dan rasa pedas sedikit manis. Selain itu, kulit buah cabe Giant Aconcagua ini sangat tebal sepintas hampir mirip dengan buah paprika.

Cabe Giant Aconcagua berasal dari Argentina ini memiliki ukuran buah berdiameter 2 inches dan panjang sekitar 10 inches berkali-kali cabe biasa.

Cara Menanam Cabe Giant Aconcagua Bagi Pemula

Persiapan Bibit Cabe Giant Aconcagua

Jika benih cabe giant aconcagua sudah didapatkan, selanjutnya rendam biji cabe dalam air hangat selama 30 menit. Setelah itu, semai pada media semai berupa campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 1 : 1 atau bisa juga dengan media semai sekam bakar atau pasir. Lakukan penyiraman semaian sebanyak 1 kali sehari. Letakkan di tempat yang gelap hingga berkecambah. Kemudian letakkan di ruang terbuka agar mendapatkan cahaya yang cukup sehingga tanaman tidak mengalami tinggi batang (Etiolasi).

Penanaman Bibit Cabe Giant Aconcagua

Jika bibit cabe giant aconcagua sudah memiliki daun sebanyak 5-6 helai, maka bisa dilakukan pemindah tanaman bibit ke media tanam sesungguhnya. Media tanam yang dapat digunakan yaitu campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. Selain sebagai pupuk dasar atau pupuk awalan, kompos juga diberikan hingga tanaman cabe berumur 1,5 bulan.

Perawatan dan Pemanenan Cabe Giant Aconcagua

Lakukan penyiraman atau pengairan secara rutin yaitu 1-2 kali sehari bergantung pada cuaca dan kondisi media tanam. Selain itu, lakukan pemupukan dengan menggunakan NPK pada saat tanaman cabe giant aconcagua berumur 1,5-2 bulan.

Lakukan pula penyiangan pada gulma yang tumbuh disekitar tanaman cabe. Lakukan pengamatan sebanyak 2 kali seminggu untuk mengamati tanaman apabila terjadi serangan hama atau penyakit. Jika terserang hama atau penyakit maka segera tangani dengan menggunakan pestisida nabati dari bawang putih.

Lakukan perontokan daun pada tanaman yang daunya terkena hama atau penyakit dan juga tanaman yang berbuah lebat. Selain itu pangkas cabang di sekitar ketiak daunagar fokus pertumbuhan pada cabang ujung dan tidak memperlambat pertumbuhan.

Pemanenan dilakukan dengan cara memotong tangkai bunga dengan cutter atau gunting. Dengan ciri ciri cabe siap panen yaitu munculnya warna semburat merah di ujung buah dan ukuran cabe sudah mencapai sekitar 10 inchi dengan diameter 2 inchi.

Demikian pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Cabe Giant Aconcagua Hingga Panen Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa.

Rate this post