Cara Menanam Fumak, Sayuran Yang Kaya Manfaat Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Cara Menanam Fumak, Sayuran Yang Kaya Manfaat Bagi Pemula Agar Sukses – Fumak adalah salah satu jenis sayuran mirip dengan selada yang mengeluarkan aroma khas mirip aroma daun pandan. Di Jepang, sayuran fumak ini terkenal. Sayuran fumak ini biasanya disajikan sebagai salad, direbus, ditumis dan lain sebagainya.

Umumnya, sayur fumak memiliki daun berwarna hijau dengan corak merah. Tanaman sayur fumak ini memiliki kandungan zat besi, vitamin, protein nabati, asam amino essensial dan mineral yang tinggi. Adapun manfaat fumak, diantaranya yaitu memasok asam lemak ke dalam tubuh, menghilangkan selulit, menurunkan berat badan, menyegarkan kulit, membuat tulang jadi kuat, mencegah gigi keropos, menambah HB, membantu produksi sel darah dan lain sebagainya.

Cara Menanam Fumak

Pemilihan Benih Fumak

Pilihlah benih fumak yang berkualitas. Benih fumak dapat diperoleh dengan membelinya di toko pertanian.

Persiapan Lahan Tanam Fumak

Lahan yang akan digunakan untuk menanam fumak diolah terlebih dahulu. Gemburkan tanah pada lahan tanam dengan menggunakan cangkul. Penggemburan ini dilakukan agar tanah memilki cukup bnyak ruang untuk sirkulasi udara. Setelah menggemburkan tanah, lakukan pemupukan dasar dengan menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos.

Selain ditanam pada lahan tanam, fumak ini sebenarnya dapat ditanam di pot atau polybag tanam yang lebih praktis sehingga lebih sedikit memakan tempat.

Cara Menanam Fumak Melalui Penyemaian

Penyemaian fumak membutuhkan media khusus, media semai yang dapat digunakan yaitu tanah, pupuk kandang an pupuk kimia hasil kombinasi urea, TSP dan KCl. Lahan penyemaian dibuat dengan ukuran luas 15×15 cm dengan tinggi 15 cm. Isikan media dengan 4 kg pupuk kandang dan 1 kg pupuk urea, 10 gram TSP dan 10 gram KCl.

Dua minggu kemudian, kalian dapat menabur benih fumak secara merata lalu setelah selesai taburkan tanah halus diatas benih fumak.

Cara Merawat Sayuran Fumak

Lakukan perawatan berupa penyiraman secara teratur dengan air secukupnya, lakukan pula pemupukan agar nutrisi pertumbuhannya terpenuhi. Lakukan pula penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada disekitar lahan tanam sayuran fumak.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Fumak, Sayuran Yang Kaya Manfaat Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa