Cara Menanam Lettuce Siomak Bagi Pemula Agar Hasil Melimpah

Posted on

Cara Menanam Lettuce Siomak Bagi Pemula Agar Hasil Melimpah – Siomak, selada siomak, lettuce siomak atau biasanya disebut dengan selada cina adalah salah satu jenis selada yang memiliki struktur lembut dengan rasa manis dan bau yang harum.

Tanaman lettuce siomak atau lebih dikenal dengan siomak ini termasuk dalam keluarga selada atau lettuce. Nama lain siomak yaitu selada wangi, selada longgar atau Chinesse Lettuce.

Selain dijadikan sebagai menu sayuran, sayur siomak ini kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya yaitu memperlancar bab (buang air besar), mencegah sel-sel kanker, membantu kerja sumsum tulang belakang, memproduksi sel darah merah dan sel darah putih dan lain sebagainya.

Tanaman siomak ini dapat ditanam di outdoor (kebun, halaman, dll), pot/polibag dan juga hidroponik. Tanaman ini juga dapat ditanam di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Cara Menanam Lettuce Siomak

1. Pilih benih siomak yang berkualitas agar hasilnya juga berkualitas. Benih siomak dapat diperoleh dengan membelinya di toko pertanian. Setelah benih diperoleh, rendam benih selama 2-3 jam dengan air bersih untuk mempercepat perkecambahan benih.

2. Selanjutnya, semai benih di media rockwool dengan cara benih dibenam pada rockwool basah sedalam 0,5 cm. Pada 1-2 hari pertama rockwool yang berisi benih ditutup plastik gelap untuk mempercepat perkecambahan. Setelah benih berkecambah letakkan semaian di tempat yang terkena matahari. Pastikan kelembaban dengan menyiram atau menyemprot dengan air semaian setiap hari. Semai benih hingga bibit berdaun 4.

Penyemaian benih juga bisa dengan media tanam siap pakai dengan cara benih dibenam pada media basah sedalam 1 cm. 1-2 hari pertama media yang berisi benih ditutup plastik gelap untuk mempercepat perkecambahan. Setelah benih berkecambah letakkan semaian di tempat yang terkena matahari. Pastikan kelembaban dengan menyiram atau menyemprot dengan air semaian setiap hari. Semai benih hingga bibit memiliki 4 helai daun. Selain kedua media semai tersebut, media semai yang dapat digunakan adalah campuran tanah gembur, kompos dan pasir dengan perbandingan 2:1:1 atau juga peat moss dan tanah gembur.

3. Setelah bibit siomak memiliki 4 helai daun, pindahkan bibit ke pot atau polibag yang lebih besar. Sebaiknya gunakan media tanam yang kaya unsur hara. Untuk mempercepat pertumbuhan gunakan pupuk setelah 1 minggu pindah tanam. Pupuk AB mix cair bisa digunakan dengan dosis 5 ml per liter dan disiramkan setiap 2 kali dalam seminggu.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Lettuce Siomak Bagi Pemula Agar Hasil Melimpah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa