Cara Menanam Microgreen Basil Lemon yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Microgreen Basil Lemon yang Baik dan Benar Bagi Pemula – Basil Lemon, Lemon Basil atau disebut juga kemangi merupakan salah satu jenis tanaman herbal terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat tapi lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi biasanya digunakan sebagai salah satu bumbu bagi pepes.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Lamiales
Famili: Lamiaceae
Genus: Ocimum
Spesies: O. √ócitriodorum

Lebih menariknya, basil lemon dapat dijadikan sebagai tanaman microgreen. Seperti yang diketahui, tanaman basil lemon memiliki banyak manfaat untuk menjaga keehatan untuk tubuh, untuk itu menanam microgreen basil lemon di rumah bisa menjadi solusi yang tepat.

Sebenarnya, sistem tanam microgreen banyak dilakukan pada beberapa sayuran yang ada di sekitar kita diantaranya seperti bayam, sawi, hingga kangkung semua bisa ditanam dengan sistem microgreen tersebut. Salah satu keunggulan sistem microgreen yaitu sayuran yang dihasilkan akan memiliki kandungan gizi yang lebih banyak dibandingkan sayuran yang ditanam dengan sistem biasa.

Sistem microgreen ini banyak digunakan oleh mereka yang memang ingin mendapatkan gizi maksimal dari sayuran yang mereka konsumsi. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara menanam microgreen basil lemon, berikut selengkapnya:

Cara Menanam Microgreen Basil Lemon

Berikut cara menanam microgreen basil lemon dengan sistem microgreen:

  • Pertama, siapkan microtray yang akan digunakan sebagai wadah microgreen yang akan kita tanam.
  • Kemudian, isi microtray tersebut dengan air secukupnya pada penampung air di bagian bawah microtray.
  • Setelah itu, siapkan rockwool lalu basahi rockwool tersebut hingga menjadi lembap.
  • Selanjutnya, buatlah lubang tanam pada rockwool yang sudah lembap tersebut.
  • Berikutnya, buka kemasan benih basil lemon dan taburkan benih tersebut ke lubang tanam yang telah disiapkan tadi.
  • Selanjutnya, tutup benih yang disemai tersebut menggunakan penutup semaian yang berwarna hitam atau warna gelap.
  • Tunggu hingga pecah benih. Jika sudah pecah benih, buka penutup semaian tersebut dan langsung pindahkan semaian tempat yang terkena sinar matahari.
  • Tetap jaga terus kelembapan rockwool agar tanaman basil lemon tersebut bisa tumbuh dengan baik menggunakan sistem microgreen. Usahakan pula agar tanaman tetap terkena sinar matahari agar tanaman bisa tumbuh dengan optimal.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Microgreen Basil Lemon yang Baik dan Benar Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa