Panduan Lengkap Cara Menanam Rumput Air di Akuarium Bagi Pemula

Posted on

Bagi kalian yang suka memelihara ikan di akuarium mungkin kalian mengalami kesulitan menumbuhkan rumput air dalam akuarium. Pemberian rumput tersebut biasanya agar menjadi tempat ikan bermain dan juga meletakkan telurnya. Seni menanam rumput air dalam akuarium disebut aquascape.

Ada beberapa jenis rumput air yang biasa dan familiar digunakan sebagai rumput di akuarium. Pastikan jenis rumput tersebut harus tahan dalam kondisi air karena memang ditempatkan ke dalam air. Jenis rumput air yang umum dipakai untuk rumput akuarium diantaranya hairgrass dan mini dwarf atau yang biasa dikenal sebagai carpet seed.

Cara Menanam Dan Merawat Rumput Air di Akuarium Bagi Pemula

Persiapan Akuarium dan Media Tanam Khusus

Pertama, siapkan akuarium beserta media tanam khusus. Siapkan akuarium kosong yang sudah dibersihkan dan juga lampu yang diletakkan dalam akuarium.

Kemudian, pada bagian dasar tambahkan media tanam berupa pasir malang atau bisa juga dicampur dengan pecahan batu bata tapi ukurannya jangan terlalu halus. Tambahkan juga pupuk dasar seperti jenis pupuk mengandung nitrogen atau pupuk anorganik seperti pupuk urea, Mengapa pupuk urea sangat penting untuk pertumbuhan tanaman? Hal tersebut karena pupuk urea memiliki banyak manfaat penting yang dapat meningkatkan kesuburan dari substrat atau media tanam yang digunakan untuk menanam.

Baca Juga : Jenis Tanaman Hias dan Liar Air

Pada bagian dasar atau lapisan pertama taburkan pupuk, atau agar lebih praktis campurkan terlebih dahulu pasir dan pupuk dasar baru diletakkan pada bagian dasar akuarium. Pada lapisan kedua, masukkan campuran media tanam berupa pasir malang dan juga pecahan batu bata. Ketebalan masing-masing media tanam berkisar antara 2 cm, jangan terlalu tebal karena nanti akan membuat bagian dasar nampak tidak seimbang antar lapisannya.

Setelah itu, redam media tanam dengan menggunakan air, ketinggian air yang digunakan berkisar 1-1,5 cm, hal ini akan membuat media tanam menjadi lembab tapi tidak terlampau basah agar nantinya benih rumput tidak busuk. Selanjutnya, setelah media tanam dirasa lembab maka bisa langsung ditanami bibit rumput air.

Persiapan Benih Rumput Air Berkualitas

Siapkan benih rumput yang berkualitas, karena kualitas rumput yang ditanam nantinya juga akan berpengaruh kepada kualitas rumput yang dihasilkan. Ciri bibit rumput air yang baik harus memenuhi syarat-syarat berikut diantaranya:

  • Benih yang akan dipakai harus sehat dan tidak terdapat hama atau penyakit.
  • Untuk menentukan jumlah benih yang sesuai maka haruslah disesuaikan dengan ukuran aquarium dan luasnya sehingga nantinya jumlah rumput sesuai dan tidak terlampau tebal.
  • Pastikan benih tidak kadaluwarsa dan memiliki daya kecambah dan daya tumbuh yang baik.

Baca Juga :  Budidaya Anubias Metode Aquatik

Menanam Rumput Air Di Akuarium

Jika semua sudah siap, dapat langsung dilakukan penanaman benih/bibit rumput ke dalam akuarium. Sebelum ditanam jika menggunakan benih biji maka sebelumnya harus di sortir benih yang akan dipakai dengan merendam benih kedalam air selama sehari semalam. Kemudian hanya gunakan benih yang tenggelam dibawah permukaan air, jika ada benih yang mengambang sebaiknya di buang saja.

Langkah-langkah penanaman rumput air dalam akuarium yang bisa dilakukan diantaranya yaitu:

  • Taburkan benih biji pada bagian dasar media secara merata dengan kepadatan yang disesuaikan, jangan terlalu padat sebab nantinya pertumbuhannya akan terganggu.
  • Selanjutnya, semprotkan air secara merata tapi jangan terlampau lembab karena akan menyebabkan biji benih membusuk.
  • Kemudian, untuk bisa merangsang pertumbuhan rumput maka harus diberikan pencahayaan selama 8 jam penuh, hal ini bisa dibantu dengan melakukan pemasangan lampu pada bagian atas akuarium.
  • Setelah 2-3 hari maka rumput akan menunjukkan pertumbuhan yaitu dengan mulai mengeluarkan kecambah.

Baca Juga : Budidaya Anubias Metode Emersed

Perawatan Rumput Air di Akuarium

Pada dasarnya perawatan dan pemeliharaan rumput air tidak serumit yang dibayangkan, hanya ada beberapa hal yang wajib menjadi perhatian agar rumput air tetap dapat tumbuh dengan baik, diantaranya:

Penyiraman, dimana pada saat masa awal tanam penyiraman harus rutin dilakukan setiap pagi dan sore hari dengan cara menyemprotkan air ke media.

Pemupukan, ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan dan juga mencukupi unsur hara yang dibutuhkan oleh rumput.

Selain itu, usahakan selalu menjaga kondisi air dengan cara rutin mengganti air akuarium serta juga jangan lupa untuk selalu memperhatikan pencahayaan dengan selalu menghidupkan lampu akuarium.

Demikian pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Rumput Air di Akuarium Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.