Panduan Lengkap Cara Menanam Sawi Hijau Dalam Pot atau Polybag Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Sawi Hijau Dalam Pot atau Polybag Bagi Pemula Agar Sukses – Sawi hijau adalah salah satu variant dari sawi yang biasanya digunakan pada masakan seperti campuran bakso atau mie ayam ataupu yang lainnya. Nama lain sawi hijau adalah sawi bakso,caisin atau caisim.

Klasifikasi Ilmiah Sawi Hijau
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Capparales
Famili: Brassicaceae (suku sawi-sawian)
Genus: Brassica
Spesies: Brassica rapa var. parachinensis L.

Sawi hijau memiliki banyak manfaat kesehatan diantaranya yaitu dapat menyehatkan tulang;dapat mencegah kanker dan menghambat perkembangan sel kanker seperti kanker prostat, payudara, paru-paru, dan lain sebagainya; dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh; menyehatkan rambut dan kulit; baik untuk pencernaan.

Apabila ingin membudidayakan atau menanam sawi hijau ini, namun tidak memiliki lahan yang luas maka dapat menanam sawi hijau dalam pot atau polybag.

Cara Menanam Sawi Hijau di Polybag

Persiapan Bibit Sawi Hijau

Pilihlah bibit yang berkualitas unggul agar nantinya sawi hijau yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang bagus. Bibit sawi hijau yang bagus dapat diperoleh di toko-toko pertanian.

Jika bibit sudah siap, selanjutnya lakukan penyemaian bibit. Proses persemaian bibit sawi hijau ini dilakukan dengan cara menyiapkan polybag berukuran diameter sekitar 15 cm. Sebelum persemain dilakukan, isi polybag dengan tanah humus atau dengan menggunakan kompos. Untuk mendapatkan tanah yang subur, sebaiknya menggunakan kompos. Jika sudah siap, semaikan biji sawi hijau ke dalam satu polybag yang sudah disediakan. Agar cepat tumbuh, maka lakukan penyiraman setiap hari yaitu 2 kali sehari pagi dan sore. Tunggu biji tersebut hingga berumur 3-4 minggu, kemudian barulah benih tersebut dapat ditanam.

Penanaman Sawi Hijau Dalam Polybag/Pot

Jika benih sudah tumbuh atau berumur sekitar 3-4 minggu, maka segera lakukan penanaman. Siapkan polybag berdiameter sekitar 15 cm. Kemudian, isi polybag tersebut dengan kompos atau tanah humus. Cabut benih sawi yang sebelumnya sudah disemaikan. Saat mencabut benih tersebut disarankan harus berhati-hati agar benih yang dicabut tidak patah atau rusak.

Jika semua sudah siap, tanam benih yang sudah dicabut di polybag. Dalam satu polybag berisi 3-5 bibit sawi hijau. Setelah penanaman, agar hasilnya memuaskan, lakukan perawatan dengan baik. Lakukan penyiraman benih secara teratur agar segera tumbuh. Penyiraman dilakukan setiap hari sebanyak dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore. Selain itu lakukan pemupukan dengan pupuk organik seperti kompos setiap minggu.

Pemanenan Sawi Hijau Dalam Polybag

Sawi hijau dapat dipanen setelah berumur sekitar 2 bulan. Pemanenan ini dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya cara mencabutnya dari akar tanaman sawi hijau tersebut; memotong batang sawi yang berada di atas permukaan tanah; atau bisa juga memetik daunnya satu persatu.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Sawi Hijau Dalam Pot atau Polybag Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa