Cara Mengatasi Hama Boleng Tanaman Ubi Jalar dan Cara Pengendaliannya

Cara Mengatasi Hama Boleng Tanaman Ubi Jalar – Ubi Jalar merupakan salah satu tanaman yang mudah dibudidayakan dan hemat biayan perawatan. Meskipun demikian, budidaya ubi jalar tanpa ada hambatan sama sekali. Salah satu penyebab masalah yang kerap muncul pada proses budidaya Ubi Jalar adalah serangan hama boleng. Serangan hama boleng pada ubi jalar memang sangat merugikan karena ubi yang sudang dimasuki larva boleng bisa dipastikan tidak akan bisa dijual karena bagian dalamnya membusuk dan akan terasa pahit bila dimakan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi hama boleng pada ubi jalar.

Hama boleng termasuk jenis kumbang kecil yang menyerang dengan menghisap cairan tanaman mulai dari batang, umbi dan bagian buah. Hama boleng sangat mudah dikenali, dengan ciri moncong runcing kedepan. Sedangkan ulat larva dari kumbang dianggap berbahaya karena akan memakan daging ubi dari dalam.

Baca Juga : Cara Budidaya Ubi Jalar Organik 

Untuk itu, kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara mengatasi hama boleng pada tanaman ubi jalar dan cara pengendaliannya.

Cara Mengatasi Hama Boleng Tanaman Ubi Jalar

Kenali Karakteristik Hama Boleng

Hama boleng adalah hama jenis kumbang kecil yang menyerang dengan menghisap cairan tanaman ubi jalar mulai dari bagian batang, umbi atau bagian buahnya.

Hama boleng memiliki ciri-ciri moncong runcing kedepan dan suka bersembunyi dari terik sinar matahari.

Serangan paling parah dari hama boleng ini yaitu ulat larva yang ditinggalkan akan masuk kedalam ubi dan memakan ubi dari dalam. Serang larva ini terlihat pada bagian luar kulit ubi yang berlubang-lubang kecil berwarna kehitaman dan saat dikupas, didalamnya ada ulat yang memakan daging ubi.

Daging ubi yang sudah terserang larva boleng tidak bisa dikonsumsi dan tidak layak jual karena daging ubi akan terasa pahit.

Baca Juga : Cara Budidaya Ubi Madu Cilembu 

Tanam Varietas Ubi Jalar Tahan Boleng

Jenis ubi kulit merah dengan daging putih merupakan jenis ubi jalar yang paling banyak terserang hama boleng. Karena jenis ubi ini memiliki karakteristik umbi keatas atau menyembul ke permukaan tanah sehingga ubi lebih mudah dimasuki larva boleng.

Untuk itu, anda dapat menanam varietas ubi jalar yang tahan terhadap hama boleng seperti ubi cilembu, ubi ungu dll. Varietas ini memiliki karakteristik tumbuh dikedalaman tanah sehingga tidak tidka mudah terjangkau oleh imago hama boleng.

Gunakan Insektisida Sistemik

Anda juga bisa gunakan insektisida sistemik untuk mengendalikan hama boleng. Insektisida sistemik bersifat racun yang akan menyebar keseluruh jaringan tumbuhan. Sehingga membuat hama boleng akan keracunan ketika menghisap insektisida tersebut.

Beberapa jenis insektisida sistemik yang bisa digunakan seperti imadikloprid, dimetoat, atau asefat. Insektisida sistemik lebih efisien untuk mengatasi hama boleng yang notabenenya berada didekat akar.

Baca Juga : Cara Budidaya Ubi Ungu

Gunakan Jamur Beauveria Bassiana

Belum banyak yang mengetahui manfaat jamur Beauveria Bassiana pada dunia pertanian. Jamur Beauveria Bassiana dapat digunakan sebagai insektisida hayati yang sifatnya menjadi parasit bagi serangga hama termasuk hama boleng.

Jamur Beauveria Bassiana dapat digunakan pada semua jenis tanaman termasuk ubi jalar dan aman bagi manusia, tanaman dan hewan lainnya selain jenis serangga patogen. Panting menjadi catatan, sebaiknya pengaplikasian jamur ini dilakukan sore hari agar jamur tidak mati oleh terik siang matahari.

Tanam Ubi Jalar di Dataran Tinggi

Untuk mendapatkan kualitas ubi jalar yang lebih baik, anda bisa menanam ubi jalar didataran tinggi. Meskipun mada panennya lebih lama, dataran tinggi notaben suhu udaranya dingin sehingga tidak ada hama boleng.

Tanam Ubi Jalar dengan Plastik Mulsa

Selain ditanam di lahan terbuka, budidaya ubi jalar juga bisa dilakukan dengan plastik mulsa. Selain melindungi bedenga, plastik mulsa juga melindungi bedengan dari penguapan berlebihan serta mencegah tumbuhnya rumput liar pada bedengan. Seperti yang kita ketahui, rumput liar dapat menyedot nutrisi pupuk dalam tanah dan menjadi kompetisi nutrisi yang mana akan merugikan tanaman ubi jalar yang justru akan mengecilkan ukuran umbi ubi jalar.

Baca Juga : Cara Sukses Menanam Ubi Jalar Dalam Karung atau Pot

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Hama Boleng Tanaman Ubi Jalar. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber literasi bagi pembaca.