Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Tengkek Buto Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Tengkek Buto Bagi Pemula Agar Sukses – Burung tengkek buto adalah salah satu jenis burung kicau yang diburu para pecinta burung. Nama lain burung tengkek buto yaitu burung raja udang. Burung tengkek buto ini merupakan jenis burung yang paling suka mengkonsumsi ikan.

Ciri-ciri burung tengkek buto diantaranya yaitu memiliki bentuk proporsional kepala dan paruh yang terlihat lebih besar dari ukuran badannya.

Cara Ternak Burung Tengkek Buto Bagi Pemula

Pemilihan Indukan Tengkek Buto

Pilihlah indukan jantan dan betina tengkek buto yang berkualitas baik, sehat, tidak cacat, memiliki tubuh yang proporsional dan juga memiliki suara yang gacor.

Persiapan Kandang Ternak Tengkek Buto

Kandang yang perlu disiapkan untuk ternak burung tengkek buto ini diusahakan dibuat sesuai habitatnya. Jenis kandang yang perlu disiapkan berupa kandang model aviary. Bagian dalam kandang harus ada sangkat berbentuk pohon dengan bagian yang dilubangi dan diletakkan pada posisi yang diinginkan.

Cara Menjodohkan Tengkek Buto

Berbeda dengan jenis burung yang lain, penjodohan indukan jantan dan betina burung tengkek buto ini mudah. Indukan burung tengkek ijo dapat langsung dimasukkan ke kandang yang sama namun di dalam kandang tersebut harus disediakan kolam air dan juga pakan.

Penetasan dan Pengeraman Telur Tengkek Buto

Jika perkawinan bisa terjadi dengan benar dan berhasil, maka betina tengkek ijo akan bertelur lalu mengerami telur tersebut. Burung betina tengkek buto akan menghasilkan kurang lebih 2-7 telur dan akan dierami selama 3 minggu. Selama proses penetasan dan pengeraman telur tersebut, makanan yang dibutuhkan indukan baik jantan maupun betina juga harus dipenuhi baik secara jumlah juga jenis variasinya.

Cara Merawat Anakan Tengkek Buto

Setelah 3 minggu pengeraman, telur akan mulai menetas. Perawatan anakan burung yang baru menetas bisa diserahkan kepada induknya setidaknya hingga anakan berumur 2 minggu.

Setelah cukup dewasa, anakan burung tengkek buto mulai bisa dipisahkan dan diloloh makanan secara langsung. Beberapa jenis makanan yang bisa dilolohkan atau diberikan dengan cara langsung ke mulut burung tersebut diantaranya ikan kecil, jangkrik, ulat hongkong, katak, dan kadal yang sudah dipotong kecil-kecil.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Tengkek Buto Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa