Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Zebra Pink Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Zebra Pink Bagi Pemula Agar Sukses – Ikan zebra pink (Brachidanio reno) atau lebih popular dikenal dengan sebutan zebra danio adalah salah satu jenis ikan hias yang unik, ikan ini berasal dari Myanmar dan umumnya todak hanya memiliki warna pink tapi lebih beragam warna mulai dari kuning, hitam putih seperti zebra. Umumnya, ikan zebra ini jenis ikan yang sangat mudah berkembang biak dan relatif hanya memerlukan waktu sekitar tiga bulan saja.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Zebra Danio

Kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya ikan zebra pink yang baik agar menghasilkan ikan zebra pink berkualitas, berikut selengkapnya:

Cara Budidaya Ikan Zebra Pink Bagi Pemula

Persiapan Akuarium Budidaya Ikan Zebra Pink

Pada tahap awal budidaya yang harus dilakukan adalah menyiapkan akuarium, pada dasarnya ikan zebra pink ini tidak harus dibudidayakan secara khusus tapi bisa juga dicampurkan dengan jenis ikan hias lainnya sehingga tidak memakan banyak tempat atau akuarium yang harus disiapkan.

Ikan zebra pink ini sangat menyukai interaksi dengan jenis ikan lainnya sehingga tidak perlu khawatir akan pertumbuhannya. Berikut ini persiapan akurium untuk budidaya ikan zebra pink:

  • Sebaiknya ukuran akuarium dipilih yang besar dengan kapasitas isi volume air sebanyak 40 liter.
  • Lengkapi akuarium dengan Bio-wheel, filter daya eksterior, dan juga pemanas, meski pada dasarnya ikan ini bisa dirawat tanpa menggunakan pemanas. Namun gunakan pemanas agar menjaga kondisi ikan agar tetap optimal.

Baca Juga : Cara Pembenihan Ikan Zebra Danio

  • Jangan lupa siapkan bahan kimia untuk pengolahan air sebab air minum yang bisa digunakan dirumah mengandung banyak bahan kimia berbahaya seperti klorin yang sangat berbahaya bagi ikan. Untuk itu, harus siapkan larutan natrium tiosulfat untuk melenyapkan kandungan klorin tersebut.
  • Ikan zebra pink sangat menyukai lapisan kerikil sehingga harus tambahkan lapisan kerikil yang diletakkan dibagian bawah akuarium dengan ketebalan setengah senti meter.
  • Selalu tambahkan air kedalam akuarium, gunakan air keran yang sudah didiamkan selama 24 jam lalu tambahkan air hingga memenuhi bagian atas akuarium, hal ini dilakukan agar lapisan oksigen di akuarium tetap terjaga.
  • Jaga pH air pada kisaran 6-8 tapi disarankan pada kisaran angka 7. Bisa juga gunakan larutan asam dan basa yang banyak dijual di dokter hewan untuk menyesuaikan tingkat pH air akuarium.

Memasukkan Ikan Zebra Pink Ke Akuarium

Pilih ikan yang dalam kondisi sehat, aktif dan juga tidak terkena hama atau penyakit. Jumlah ikan yang dimasukkan ke dalam akuarium minimal sebanyak 6 ekor dengan jenis kelamin yang berbeda-beda, untuk membedakan jenis kelamin ikan zebra pink bisa dilihat dari garis-garis kuning yang ada pada tubuh ikan. Ikan zebra pink jantan memiliki garis-garis kuning, sedangkan yang betina tidak dan juga ukurannya relatif lebih besar.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Paradise (Paradisefish)

Segera lakukan pemindahan benih ikan zebra pink kedalam akuarium secepat mungkin, sebab ikan ini tidak dapat bertahan lebih dari 8 jam di dalam kantong plastik. Saat memindahkan ikan ke akuarium, air yang berada di dalam kantong plastik harus dibuang, sebab mengandung banyak ammonium.

Ikan zebra pink ini termasuk jenis ikan yang cepat berkembang biak tanpa harus dijodohkan. Perkawinan bisa berlangsung secara alami, tapi ikan zebra pink memiliki kecenderungan untuk memakan anaknya sendiri. Sehingga ketika ikan sudah bertelur dan telurnya menetas, maka segera pindahkan anakan ke akuarium yang berbeda.

Cara Merawat Ikan Zebra Pink

Berikut ini beberapa tips perawatan ikan zebra pink bagi pemula yang bisa dilakukan:

Pemberian Pakan Ikan Zebra Pink

Pada dasarnya, ikan zebra pink ini bisa memakan banyak sumber makanan, tapi biasanya pelet juga sudah cukup. Makanan lain yang bisa diberikan pada ikan zebra pink diantaranya cacing, daphnia, atau udang air asin.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Swordtail atau Ikan Pedang

Menjaga Suhu Air Akuarium

Suhu air yang ideal untuk melakukan budidaya ikan zebra pink yaitu sekitar 18-24°C. Umumnya, suhu ini bisa diperoleh meski tanpa menggunakan pemanas, tapi menggunakan pemanas akan sangat membantu terutama saat perkembangbiakan ikan zebra pink yang membutuhkan suhu sekitar 26°C.

Menjaga Kebersihan Akuarium

Lakukan pembersihan akuarium secara rutin setiap hari. Bersihkan kotoran yang menumpuk dibawah akuarium dengan menggunakan siphon. Buang dan ganti air sebanyak 10-15% dari jumlah air yang ada di akuarium.

Saat pergantian air jangan keluarkan ikan karena ikan bisa stress. Gunakan ember khusus sebagai wadah air baru, jangan gunakan ember lama yang sudah dipakai karena mengandung zat kimia berbahaya.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Oscar

Demikian pembahasan tentang cara budidaya ikan zebra pink bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan yang lainnya. Sampai jumpa