Panduan Lengkap Cara Pembenihan Ikan Zebra Danio Bagi Pemula Agar Berhasil

Posted on

Panduan Lengkap Cara Pembenihan Ikan Zebra Danio Bagi Pemula Agar Berhasil – Zebra Danio (Brachidanio rerio) adalah salah satu jenis ikan hias yang banyak digemari pecinta ikan hias. Ikan zebra danio berasal dari Myanmar, India dan Srilangka. Ukuran tubuh maksimal sekitar 5 cm. Ikan ini bersifat omnivora, tapi ikan ini senang pakan alami permukaan seperti kutu air karena hidupnya di kolam air. Ikan zebra lazimnya ditemukan tumbuh dan berkembang pada perairan yang mengalir.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Zebra Danio

Untuk itu jika ingin memelihara ikan zebra danio dalam aquarium atau bak, ikan ini akan terlihat sangat gesit dan lincah. gesit dan lincah juga warnanya yang indah, banyak orang yang mencoba memelihara bahkan membudidayakan ikan zebra danio ini. Tapi sebelum membudidayakanya, penting untuk melakukan pembenihan. Berikut ini cara pembenihan ikan zebra danio selengkapnya:

Cara Pembenihan Ikan Zebra Danio Bagi Pemula

Parameter Ikan Zebra Danio

Adapun parameter ikan zebra danio diantaranya yaitu:

  • Suhu = 24-28°C
  • Derajat keasaman/pH = 6,5-7
  • Jumlah telur = 100-300
  • Umur indukan > 3 bulan

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Paradise (Paradisefish)

Persiapan Indukan Ikan Zebra Danio

Pilih indukan zebra danio yang sehat dan berkualitas agar nantinya anakan yang dihasilkan juga berkualitas. Cara membedakan jantan dan betina ikan zebra danio dapat dilihat dari ciri fisikya seperti:

Induk jantan zebra danio memiliki bentuk badan lebih kuning, sirip panjang. Sedangkan, indukan betina biasanya berwarna kusam dan badannya lebih besar dari pada jantan/tegap, jika matang gonad akan buncit.

Indukan disesuaikan berdasaran strain karena jika disilangkan hasilnya akan kurang memuaskan. Pisahkan jantan dan betina di bak tersendiri sebelum digabung di bak pemijahan.
Untuk pemijahan masal di kolam, sebelum dipijahkan sebaiknya jantan dan betina dipelihara terpisah. Setelah induk betina tampak benar-benar sudah penuh telur (gendut) barulah dicampur dengan jantan.

Pemijahan Ikan Zebra Danio

Untuk memijahkan ikan zebra danio ini dalam satu wadah dapat diisi dengan perbandingan jantan dan betina 2:1.

Isi wadah air minimal 10 cm dengan pemberian sekat atau tanaman air (hydrilla) yang yang rimbun agar telurnya tidak tampak. Tujuannya agar telur tidak dimakan. Setelah telur keluar, segera pindahkan indukan ke wadah lain.

Biarkan telur menetas, telur tersebut akan menetas setelah 24 jam. Larvanya akan mulai berenang setelah dua hari menetas.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Swordtail atau Ikan Pedang

Pemeliharaan Larva Ikan Zebra Danio

Lakukan penggantian air pada pemeliharaan larva bisa dilakukan setelah larva berenang atau setelah berumur sekitar tujuh hari. Penggantian air ini harus dikerjakan hati-hati dengan jumlah setengahnya atau sepertiganya saja. Jika diganti total, ikan akan cepat stres karena terjadi perubahan lingkungan yang tiba-tiba. Frekuensi penggantian air dilakukan setiap tiga hari.

Lakukan juga pemberian pakan secara teratur. Pakan larva pertama bisa berupa artemia, rotifera, atau infusoria. Sedangkan kutu air dapat diberikan sesudah larva berumur 3-4 hari. Untuk ikan yang sudah besar atau dewasa dapat diberi pakan berupa cacing sutera atau cacing darah. Setelah ikan zebra danio berukuran 2,2 cm atau setelah pemeliharaan sekitar 2,5 bulan maka sudah mulai bisa dijual.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Oscar

Demikian pembahasan tentang cara pembenihan ikan zebra danio bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya. Sampai jumpa