Panduan Lengkap Cara Budidaya Gurame Soang Di Kolam Terpal Bagi Pemula Agar Cepat Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Gurame Soang Di Kolam Terpal Bagi Pemula Agar Cepat Sukses – Gurame Soang atau gurami angsa merupakan salah satu varietas gurami yang berasal dari Indonesia. Gurami soang dikenal juga dengan gurame Jawa Barat karena awalnya ikan ini banyak ditemukan di provinsi Jawa Barat, khususnya daerah Ciamis.

Ciri-ciri gurame soang yaitu memiliki 2 dahi yang cukup menonjol baik jantan maupun betina. Gurame soang jantan memiliki tubuh panjang dan ramping dengan tonjolan dahi yang lebih terlihat dibanding gurame soang betina. Tubuh gurame jantan panjang dan ramping dengan tonjolan dagu yang lebih terlihat daripada gurame soang betina. Makin dewasa gurame jantan, dahinya tampak semakin menonjol ke atas mirip kepala angsa.

Gurame soang merupakan jenis gurami yang paling diminati peternak. Hal ini karena pertumbuhan jenis gurame ini lebih cepat sehingga sudah bisa dipanen dalam waktu 8-9 bulan. Berikut cara budidaya gurame soang:

Cara Budidaya Gurame Soang Di Kolam Terpal

Persiapan Kolam Terpal Budidaya Gurame Soang

Pilih lokasi yang tidak terlalu panas tapi juga tidak terlalu dingin untuk membuat kolam dan pastikan juga lokasi jauh dari lahan industri. Jika sudah ditentukan, bersihkan terlebih dahulu lokasi yang akan dijadikan kolam dari sampah ataupun batuan.

Buatlah kolam pada lokasi tersebut dengan ketinggian 90-100 m, lebarnya dapat sesuaikan dengan kebutuhan tapi umumnya kolam dibuat dengan ukuran sekitar 4 x 8 m. Seperti yang diketahui, terpal umumnya memiliki ukuran 6 x 10 m, jika dipasang maka akan menyisakan sekitar 2 m yang bisa digunakan sebagai dinding.

Setelah kolam dibuat, taburkan sekam terlebih dahulu dengan ketebalan sekitar 10 cm. Kemudian, lakukan penyiraman untuk melembabkan dan memadatkan sekam, lalu pasang terpal di atas sekam. Jangan lupa pula, tambahkan batu bata sebagai pengganjal agar terpal tidak mudah lepas.

Setelah terpal terpasang, cuci terpal dengan air dan bilas hingga bersih dan biarkan kolam terpapar sinar matahari selama 3 hari.

Pengisian Air Pada Kolam Budidaya Ikan Gurame Soang

Jika kolam sudah siap, segera isi kolam dengan air. Sebaiknya gunakan air sungai ataupun air sumur, hindari penggunaan air PDAM karena dapat meracuni benih.

Pengisian air kolam tersebut dilakukan setelah 3 hari masa pengeringan, air kolam diisi dengan ketinggian sekitar 75 cm. Pengisian air kolam yang sedikit rendah ini bertujuan agar ikan gurame tidak mudah lompat serta menghindari air meluap saat hujan.

Untuk membasmi serta mencegah jamur pada masa pengeringan kolam, taburkan garam sebanyak 2 ons/m. Taburkan juga pupuk urea sebagai katalis plankton, tujuannya untuk memberi pakan alami ikan gurame. Setelah pengisian air, biarkan selama seminggu agar plankton berkembang biak terlebih dahulu.

Persiapan dan Penebaran Benih Gurame Soang

Benih gurame soang sendiri dapat diperoleh dengan 2 cara yaitu membeli dan melakukan pemijahan. Pilih benih yang baik dan layak budidaya dengan ciri-ciri: benih tidak terkena penyakit ataupun hama dan juga pastikan benih tidak cacat dan bergerak lincah.

Tebarkan benih pada kolam budidaya dengan memasukkan benih bersama wadahnya terlebih dahulu di kolam selama 15 menit agar benih dapat beradaptasi dengan mudah. Setelah itu, barulah bisa menebar benih pada kolam sebanyak 15 ekor per m2.

Pemeliharaan Ikan Gurame Soang

Saat benih, ikan gurame soang merupakan jenis ikan karnivora sehingga dapat diberi pakan berupa pelet ataupun plankton. Saat ikan sudah mulai besar maka ikan bersifat herbivora maka dapat diberi pakan berupa daun talas, daun papaya, kangkung, jagung, sawi dan daun taicin sebagai bahan pakan tambahan. Sedangkan pakan pokoknya dapat berupa pelet yang diberikan secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali yaitu pagi dan sore.

Perhatikan kualitas air selalu dan lakukan pembersihan kotoran minimal 30 hari sekali. Untuk mengurangi sinar matahari masukan tanaman enceng gondok pada kolam jika lokasi terkena sinar matahari penuh.

Masa Panen Ikan Gurame Soang

Pemanenan ikan guramae soang ini dapat dilakukan saat memasuki umur 8-9 bulan. Panen ikan gurame ini dapat menggunakan jaring ataupun seser lalu dimasukkan ke dalam ember.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Gurame Soang Di Kolam Terpal Bagi Pemula Agar Cepat Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa