Panduan Lengkap Cara Menanam Rumput Gajah Mini Bagi Pemula

Posted on

Rumput gajah mini adalah salah satu variasi rumput hias sebagai pemanis taman. Rumput gajah mini memang tengah naik daun dalam dunia desain eksterior rumah, utamanya dipakai untuk menghias taman rumah minimalis.

Rumput ini dinamakan gajah mini, karena ukuran daunnya memang lebih besar dan lebar jika dibandingkan dengan rumput hias lainnya seperti rumput jepang. Namun keistimewaan jenis rumput ini adalah perawatan yang mudah serta harganya yang lebih terjangkau. Harga pemasangan rumput gajah yaitu Rp. 15.000,00 hingga Rp. 20.000,00 per meter.

Kali ini kita akan membahas tentang cara menanam rumput gajah mini, berikut selengkapnya:

Cara Menanam Rumput Gajah Mini Bagi Pemula

Persiapan Lahan Tanam Rumput Gajah Mini

Pertama gemburkan media tanam rumput gajah mini dengan menggunakan cangkul yang secara efektif dapat dilakukan sedalam 5-10 cm. Jika sudah maka tanah bisa diratakan kembali. Jika media tanam memiliki tanah yang gersang maupun tandus maka bisa diberikan pupuk kandang yang berfungsi untuk melindungi nutrisi yang terdapat di dalam tanah dengan cara mendiamkannya selama 1 minggu pada saat sebelum penanaman dimulai.

Apabila jenis tanah pada lahan tanam tidak bagus untuk menanam rumput gajah mini maka bisa mengurungnya terlebih dahulu dengan menggunakan tanah yang bisa cari di kebun atau membeli tanah urug yang khusus digunakan untuk taman. Biasanya jenis tanah yang digunakan yaitu jenis tanah latosol atau tanah merah.

Baca Juga : Menanam Rumput Gajah Dengan Stek

Penanaman Rumput Gajah Mini

Proses menanam rumput gajah mini dapat dilakukan pada waktu musim penghujan. Hal ini dikarenakan agar rumput yang baru bisa disuplay dengan menggunakan air yang jumlahnya cukup banyak.Bibit yang telah disipkan kemudian bisa di potong potong menjadi lebih kecil lagi hingga bagian akarnya tidak terlihat dan tertutup oleh tanah. Rumput mini ini bisa ditanam dengan menggunakan pola zig-zag untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Jalinan akar dan tanah juga bisa diperkuat dengan cara memukul rumput gajah mini secara pelan hingga benar-benar melekat ke dalam tanah. Setelah itu, ratakan bagian posisi rumput gajah mini dengan menggunakan tanah, caranya dengan menindihnya menggunakan balok kayu. Setelah semua rata maka balok kayu bisa di ambil dari bagian permukaan tanah.

Jika sudah, selanjutnya tancapkan rumput gajah mini dengan cara menancapkan bagian perakaran ketahnya sehingga akar bisa terikat dengan tanah. Agar tanaman tidak tergeser maka bisa mengurung bagian sela-sela tanaman menggunakan tanah. Untuk masalah jarak tanam bisa diatur sesuai dengan keinginan.

Baca Juga : Menanam Rumput Gandum dan Perawatannya

Perawatan Rumput Gajah Mini

Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk urea dan juga pupuk NPK setelah rumput berusia 2 minggu. Tujuannya untuk merangsang proses tumbuh kembang rumput menjadi lebih meningkat. Lakukan proses penyiraman secara rutin pada pagi dan juga sore hari. Hal ini berfungsi untuk proses pertumbuhan rumput. Dalam proses penyiraman ini bisat menggunakan gembor, selang kecil atau juga semprotan halus.

Usahakan agar tidak ada binatang seperti ayam yang berkeliaran pada halaman. Apabila hal tersebut memang tidak bisa dihindari maka bisa menutup rumput gajah mini ini dengan menggunakan daun kelapa atau juga blarak agar terhindar dari cakaran ayam. Setelah usia rumput mencapai 7 hari maka pelepah daun kelapa tersebut bisa diambil.

Baca Juga : Cara Menanam Rumput Mutiara

Jika rumput tidak mendapatkan pasokan cahaya yang cukup maka rumput tersebut dapat tumbuh menjadi panjang dan itu bukan hasil yang diharapkan, maka perlu diperhatikan pencahayaannya. Selain itu, lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman liar yang tumbuh disekitar tanaman rumput gajah mini.

Agar hasilnya menjadi maksimal, maka usahakan rumput jangan terinjak karena jika terinjak oleh kaki bisa membuat pertumbuhan rumput menjadi terhambat. Jika memang hal tersebut tidak bisa dihindari maka bisa dipasang pijakan kaki yang dibuat dari batu diantara rumput gajah mini tersebut.

Demikian pembahasan tentang cara budidaya rumput gajah mini di taman semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.