Panduan Lengkap Cara Stek Pohon Langsat Mudah Bagi Pemula dan Dijamin Berhasil

Posted on

Panduan Lengkap Cara Stek Pohon Langsat Mudah Bagi Pemula dan Dijamin Berhasil – Langsat (nama latin langsat yaitu Lansium domesticum) atau Langsep adalah buah yang mirip dengan buah duku karena memang masih satu keluarga dengan duku. Sama seperti duku, langsat berbentuk bulat berwarna kuning kecoklatan dengan bercak hitam disekitarnya dan umumnya tumbuh bergerombol dalam satu tangkai. Buah langsat merupakan buah khas Maluku yang kini banyak ditemukan di semua dataran.

Baca Juga : Budidaya Langsat

Perbedaan langsat dan duku sangat signifikan, pohon langsat daunnya tidak serimbun pohon duku, batangnya tidak besar dan memiliki percabangan tegak dengan daun berwarna hijau tua, kulit buah langsat lebih tipis dan rasa buah langsat lebih asam dengan kandungan getah yang lebih banyak.

Langsat memiliki kandungan kalori dan vitamin yang cukup tinggi, selain itu protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor dan zat besi. Dengan kandungan tersebut langsat memiliki banyak manfaat. Manfaat langsat diantaranya memperlancar pencernaan, mencegah sel kanker, mengobati demam, mengobati bekas gigitan serangga.

Kali ini kita akan membahas tentang cara stek pohon langsat dengan mudah bagi pemula, berikut selengkapnya:

Baca Juga : Budidaya Duku

Cara Stek Pohon Langsat Mudah Bagi Pemula dan Dijamin Berhasil

Persiapan Lahan Tanam Stek Pohon Langsat

Lahan yang akan digunakan untuk menanam stek pohon langsat dipilih dan disiapkan terlebih dahulu. Pilih lahan tanam yang tempatnyasejuk, jauh dari tempat yang lembab apalagi air yang tergenang. Lahan dibersihkan terlebih dahulu dari tanaman pengganggu dan hewan berbahaya lain yang nantinya akan membantu pembibitan tanaman langsat.

Persiapan Batang Indukan Untuk Stek

Agar dapat menghasilkan bibit baru atau anakan yang baik melalui cara stek pohon langsat, maka pilih batang indukan yang pas. Seperti halnya saat ingin bibit unggulan, maka diperlukan indukan yang unggulan pula.

Baca Juga : Budidaya Durian

Pilih dan lihat pohon indukan yang sehat dan unggulan. Pohon indukan sendiri harus memiliki umur yang cukup dan sudah terbukti hasil panennya yang melimpah atau tergolong baik dan unggulan.

Setelah menentukan pohon indukan yang baik untuk diperbanyak. Pastikan pilih cabang yang sudah berumur, berukuran lumayan besar dan juga memiliki bagian daun yang bewarna hujau kecoklatan. Pastikan juga bagian cabang yang akan digunakan berada di bagian pangkal tanaman.

Pilih cabang yang sudah besar dan berumur dengan bagian daun yang hijau kecolatan akan menandakan keberhasilan dari stek pohon langsat, bagian cabang tersebut menandakan penyimpanan cadangan makanan yang baik.

Baca Juga : Budidaya Salak

Memulai Proses Stek Pohon Langsat

Jika batang dan cabang stek sudah siap, maka bisa dimulai proses stek. Proses stek ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Pastikan cabang stek memiliki panjang minimal 10 cm dari pangkal. Selanjutnya, lukai bagian pangkal dengan pisau yang bersih hingga terlihat bagian batang tanaman. Sebaiknya potong bagian cabang yang sudah dipilih dalam posisi yang miring. Selain itu, pastikan juga menggunakan pisau yang memang bersih dan tajam agar tidak menimbulkan memar pada batang dan membuat kegagalan.

Selanjutnya, olesi zat perangsang akar pada cabang yang telah dipotong.

Penanaman Bibit Stek Pohon Langsat

Bibit stek pohon langsat yang telah disiapkan selanjutnya dapat ditanam dalam media polybag. Ini dilakukan setelah bagian akar keluar dan tumbuh dari media tanam tersebut. Pastikan isi polybag tersebut dengan media tanam yang pas, contohnya campuran kompos dan tanah humus dengan perbandingan 1 : 1.

Baca Juga : Budidaya Rambutan

Pemeliharaan Bibit Stek Pohon Langsat

Setelah dilakukan pemindahan tanam bibit stek pohon langsat ke polybag, letakkan polybag tersebut pada tempat yang sejuk. Pastikan bibit tidak mendapatkan langsung sinar matahari. Hal itu karena bibit tanaman langsat rentan layu. Jika sudah tumbuh tunas, maka bibit sudah bisa ditanam di lahan yang sudah ditentukan.

Demikian pembahasan tentang cara menanam buah langsat dengan stek batang, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.