Tips dan Cara Mengetahui Umur Lovebird Bagi Pemula

Posted on

Tips dan Cara Mengetahui Umur Lovebird Bagi Pemula – Burung Cinta atau Lovebird adalah burung beo kecil yang berasal dari genus Agapornis. Burung ini berukuran kecil dengan ukuran berkisar 13-17 cm dengan 40-60 g beratnya serta memiliki ekor yang pendek dan paruh yang besar. Burung ini memiliki 9 spesies dengan 8 spesies diantaranya berasal dari Afrika dan 1 spesies berasal dari Madagaskar. Burung ini bersifat monogami dengan sifat berpasangan dan akan duduk berdekatan dan saling menyayangi. Burung ini mampu hidup hingga umur 10-15 tahun.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Jenis Lovebird

Klasifikasi Ilmiah Lovebird
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Psittaciformes
Famili: Psittacidae
Upfamili: Psittacinae
Bangsa: Psittaculini
Genus: Agapornis

Adapun jenis jenis burung lovebird diantaranya yaitu: Black-Masked Lovebird (Agapornis personata), Fischer’s Lovebird (Agapornis fischeri), Lilian’s Lovebird/ Nyasa Lovebird (Agapornis lilianae), Black-cheeked Lovebird (Agapornis nigrigenis), Peach-faced Lovebird (Agapornis roseicollis), Black-winged Lovebird/Abyssinian Lovebird (Agapornis taranta), Red-faced Lovebird (Agapornis pullarius), Grey-headed Lovebird/Madagascar Lovebird (Agapornis canus) dan Black-collared Lovebird/Swindern’s Lovebird (Agapornis swindernianus).

Baca Juga : Cara Budidaya Ternak Burung Lovebird

Banyak orang yang mencoba peruntungan dengan melakukan budidaya burung lovebird ini. Namun sebelum melakukan budidaya perlu diketahui umur burung lovebird. Berikut cara mengetahui umur lovebird:

Cara Mengetahui Umur Lovebird Bagi Pemula

Warna Paruh

Salah satu cara yang paling dominan di lakukan untuk mengetahui usia burung lovebird adalah dengan melihat warna paruh burung lovebird. Apabila umur burung lovebird masih muda dapat terlihat pada warna paruh, yakni mempunyai warna lebih muda dan tidak full. Bisa di katakan jika ciri seperti ini maka lovebird dengan usia 2-4 bulan.

Warna Kaki

Lihat warna kaki burung cinta, terkadang lovebird yang masih anakan warna pada kaki berbeda dengan lovebird yang sudah dewasa, jika lovebird anakan pada kaki nya terdapat warna bercak hitam. Sedangkan jika sudah menginjak dewasa maka warnanya akan memutih dengan sendirinya.

Baca Juga : Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Garis Mata

Mungkin jika menemui lovebird memiliki garis tipis pada sekitar mata burung lovebird atau dalam kata lain kacamata burung lovebird, maka bisa di katakan usianya tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Akan tetapi garis yang ada di sekitar mata tersebut akan menebal seiring bertambahnya usia lovebird.

Warna Kuku

Bisa juga menandai usia lovebird dari warna kukunya, misalnya jika usia dua minggu dapat di katakan bahwa lovebird sudah mampu membuka matanya. Selain itu juga akan disertai warna hitam yang menipis pada pangkal kuku. Pada saat hari pertama penetasan, kuku tersebut juga masih berwarna putih bersih.

Selanjutnya untuk menandai lovebird pada usia 3 minggu, terdapat warna hitam yang ada pada pangkal kuku yang akan semakin meluas. Kemudian untuk warnanya menjadi lebih pekat. Cara untuk mengetahui usia lovebird dari kakinya bisa dilihat pada lebar warna hitam di kuku yang tidak akan berubah sama sekali.

Baca Juga : Cara Budidaya Ternak Burung Lovebird Lutino

Lovebird dengan usia antara 4-6 bulan, warna hitam di kuku menjadi semakin turun ke bawah sampai pada ujungnya. Setelah itu, warna hitam ini akan hilang sepenuhnya di usia 4,5 -5 bulan kedepan. Kemudian jika usianya telah memasuki 6 bulan, mengetahui usia lovebird dari kakinya bisa melihat warna kuku lovebird yang sudah memutih sepenuhnya meski masih ada bayangan hitam yang tersisa.

Sedangkan untuk lovebird yang berusia 8 bulan ke atas penampakan kuku lovebird bisa terlihat lebih putih bersih sepenuhnya. Hal ini menandakan jika burung lovebird telah siap di ternakan.

Kondisi atau Warna Mata

Untuk lovebird anakan, matanya akan terlihat lebih jernih, bening dan menonjol dengan besar. Selain itu, klepnya masih tampak begitu segar. Meskipun begitu, ada beberapa lovebird anakan yang tidak memiliki mata menonjol dan bukan berarti ini mempengaruhi usianya.

Baca Juga : Cara Budidaya Ternak Burung Nuri Pelangi

Suara

Untuk lovebird anakan, suara yang dihasilkan akan terdengar samar-samar bahkan beberapa suaranya justru hampir mirip dengan burung emprit. Jika suaranya sudah mirip dengan burung emprit, artinya burung lovebird tersebut masih berumur di bawah dua bulan. Walaupun begitu, ada beberapa lovebird anakan yang sudah bersuara lebih lantang.

Durasi Ngekek

Untuk lovebird anakan, durasi ngekek yang dihasilkan tentu saja berbeda-beda, yang paling mencapai 30 detik.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Pleci

Kelincahan

Jika lovebird dalam keadaan lincah maka bisa di pastikan usianya masih sangat fresh, tidak muda dan belum tua. Tapi jika burung lemah, letih lesu tapi kesehatannya baik maka bisa jadi burung tersebut usianya sudah cukup tua.

Demikian pembahasan tentang cara mengetahui umur lovebird bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikti postingan lainnya. Sampai jumpa