Cara Budidaya dan Merawat Kembang Coklat, Tanaman Hias Berbunga Putih Yang Kaya Manfaat

Posted on

Cara Budidaya dan Merawat Kembang Coklat, Tanaman Hias Berbunga Putih Yang Kaya Manfaat – Kembang cokelat atau Zephyranthes candida adalah sebuah jenis tanaman obat. Nama lain dari kembang coklat adalah bawang sebrang, rain lily (Inggris), merakan, jambul merak, atau kembang patra kembala, white windflower, autum zephyrlily, dan swamp lily. Tanaman ini merupakan salah satu spesies bunga lili yang berasal dari hujan tropis Amerika Selatan termasuk Argentina, Uruguay, Paraguay, dan Brasil.

Tidak jauh dari keluarga bakung lainnnya, kembang coklat memiliki daun yang berbentuk pipih, panjang, dan melengkung. Permukaan daunnya licin dan mengkilap. Tinggi tanaman hanya mencapai sekitar 30 cm saja.

Walaupun bernama kembang coklat, warna bunga tanaman ini berwarna putih dengan bentuk mirip corong yang tengadah dan memiliki putik berwarna kuning. Bentuk bijinya pipih dengan warna hitam, sedangkan umbi yang terbentuk biasanya berwarna putih dan mengandung cairan licin.

Kembang coklat mengandung berbagai nutrisi dan zat penting seperti asam gallic, lycorine, tannin, tazettin, resin, haemanthidine, nerenine, asam beuzoic, dan zat merah. Bagian daunnya mengandung saponin, alkalloida, tannin, kalsium oksalat, dan glukosida.

Dengan kandungan tersebut tanaman kembang coklat memiliki berbagai manfaat kesehatan, adapun manfaat kembang coklat diantaranya yaitu: meredakan insomnia, sebagai obat sakit kepala (pusing), sebagai obat ayanan (Epilepsi), meningkatkan fungsi hati pada penderita hepatitis tahap awal, melancarkan siklus haid, menurunkan demam dan mengatasi kejang pada anak.

Karena bunganya yang indah, tanaman kembang coklat ini banyak digunakan sebagai tanaman hias, berikut cara menanam dan budidaya kembang coklat selengkapnya:

Cara Budidaya dan Merawat Kembang Coklat

Jika belum memiliki bibit siap tanam dari tanaman ini, maka siapkan terlebih dahulu dengan cara: ambil biji yang sudah dipilih ataupun umbi kembang coklat yang masih segar.

Selanjutnya, siapkan media tanam berupa campuran tanah, kompos dan pasir dengan perbandingan 2:1:1 lalu masukkan ke dalam setiap polybag.

Jika semuanya sudah siap, segera tanam umbi kembang coklat atau tabur biji yang telah disiapkan, siram dengan air dan letakkan ditempat yang teduh. Tunas baru akan tumbuh dalam waktu 3-4 minggu, dan jaga kelembaban air.

Jika sudah berusia lebih dari 5 bulan dan tanaman sudah rimbun maka pindahkan kembang coklat ke dalam pot yang berukuran lebih besar atau bisa langsung ditanam ke tanah

Kembang coklat akan tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh dengan kadar air yang cukup. Jika cuaca terlalu panas bisa membuat daun dan bunga rusak. Sebaiknya menempatkannya dibawah naungan dan siram secara rutin.

Pemberian pupuk dimasa pertumbuhan dapat menggunakan pupuk berupa pupuk kompos organik yang terbuat dari kotoran dan tumbuhan.

Lakukan pembersihan gulma atau tanaman pengganggu yang tumbuh di sekitar pot atau tanaman, selain itu lakukan pemangkasan daun jika diperlukan.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Budidaya dan Merawat Kembang Coklat, Tanaman Hias Berbunga Putih Yang Kaya Manfaat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa