Cara Budidaya Ikan Oscar Mulai Dari Pemijahan Hingga Pembesaran Lengkap

Posted on

Cara Budidaya Ikan Oscar Mulai Dari Pemijahan Hingga Pembesaran Lengkap – Ikan Oscar (Astronotus ocellatus) adalah salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari Sungai Amazon, Panama, Rio-Paraguay dan Tio-Negro Amerika Selatan. Ikan Oscar memiliki bentuk dan warna yang menarik. Warna tubuh ikan ini kehitam hitaman dengan motif kuning kemerah-merahan. Namun ada juga ikan oscar albino dengan warna dasar tubuhnya putih. Ikan oscar ini dapat tumbuh hingga ukuran sekitar 35 cm. Ikan oscar termasuk ikan yang cerdas karena ikan ini dapat dengan cepat belajar mengenai jadwal makannya dan apabila dilatih ia dapat mengambil pakan dari pemiliknya langsung. Ikan Oscar dapat melompat dengan ketinggian sekitar 15 cm untuk meraih pakannya. Ikan Oscar ini juga dikenal sebagai ikan Peacock Cichlid ataupun Velvet Cichlid.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Oscar
Ordo : Percomorphoidei
Sub-Ordo : Percoidea
Famili: cichlidae
Sub-Famili : Astronotus
Spesies : Astronotus ocellatus

Ikan oscar sudah dapat dikembangbiakan diindonesia, karena berbeda dengan ikan hias jenis lainnya ikan Oscar memerlukian perlakukan yang sedikit khusus dalam perkembangbiakannya jadi iakan hias ini cukup mahal. Bagi anda yang ini melakukan budidaya ikan oscar, berikut adalah cara pemijahan/pembenihan hingga pembesaran secara lengkap:

1. Cara Membedalkan Ikan Oscar Jantan dan Ikan Oscar Betina
Sebelum melakukan budidaya anda perlu tahu mana jantan dan betina ikan oscar. Ikan Jantan memiliki tubuh yang relatif lebih panjang dari betina, memiliki alat kelamin yang lebih menonjol. Sedangkan ikan betina memiliki lubang kelamin yang lebih besar dan apabila telah matang gonad perutnya akan gendut.

2. Pemilihan Induk Ikan Oscar
Ikan oscar yang baik untuk dijadikan induk adalah ikan yang telah berumur sekitar 1,5-2 tahun dengan panjang sekitar 15 cm dan tingginya sekitar 10 cm serta berwarna cerah.

Seleksi indukan ini mulai dilakukan saat ikan oscar berumur sekitar 5-6 bulan dengan mencampurkan 5 jantan dan 5 betina dalam satu tempat maka ikan tersebut akan mencari pasangan mereka sendiri. Setelah berpasangan barulah anda dapat memisahkan pada tempat sendiri sendiri.

3. Cara Pemijahan Ikan Oscar
Persiapkan terlebih dahulu bak pemijahan dari semen dengan ukuran sekitar 1,5 x 1 x 0,5 m3. Setelah itu isi air yang sudah diendapkan selama 12-24 jam dengan ketinggian sekitar 30-40 cm. Kemudian masukkan sepasang induk yang telah matang gonad dalam bak tersebut.

Dalam setiap bak diberi batu ceper berwarna gelap dan bagian atas ditutup sebagian agar bak teduh. Pemijahan ikan oscar ini biasanya berlangsung pada pagi dan sore hari dan akan langsung dibuahi oleh ikan jantan. Telur yang telah dibuahi diambil lalu dimasukkan dalam akuarium penetasan, akuarium tersebut dapat berukuran sekitar 70 cm x 40 cm x 40 cm3 dan diisi dengan air dengan ketinggian 10 cm dan didalamnya diberi aerasi tang lemahsaja. Setelah 3 ghari biasanya telur akan menetas. Lalu air dalam akuarium diberi emalin atau methylene blue.

4. Pemeliharaan Benih Ikan Oscar
Benih ikan oscar yang baru menetas tidak perlu diberi pakan hingga berumur 4 hari karena benih tersebut masih memiliki persediaan pakan berupa kuning telur. Setelah berumur 5 hari benih dapat diberi pakan berupa rotifera. Pemberian pakan ini tidak dapat terlambat karena ikan ini dapat bersifat kanibal.

Setelah berumur sekitar 10 hari, ikan dapat diberi pakan berupa kutu air yang telah disaring, Setelah berumur 2 minggu ikan dapat dicoba diberi pakan berupa kutu air tanpa saring dan cacing rambut. Setelah berumur sekitar 25 hari, ikan dapat di pindahkan ke bak atau kolam poembesaran yang lebih luas.

5. Pembesaran Ikan Oscar
Setelah berumur 25 hari, anakan dipindahkan ke bak atau kolam pembesaran yang memiliki ukuran sekitar 2 x 1 x1 m3 dan diisi air dengan ketinggian sekitar 20-25 cm. Dalam setiap kolam pembesaran dapat ditebar sekitar 300 ekor ikan oscar. Untuk mengurangi terik matahari atas kolam dapat diberi tanaman air seperti enceng gondok atau Hidrilla verticilata. dan sebagian atas bak diberi pakan berupa seng plastik.

Setelah 1 bulan, dalam kolam ikan dikurangi menjadi 200 ekor saja. Pakan yang diberikan pada ikan di kolam pembesaran berupa cacing rambut. Ikan sudah dapat diseleksi untuk menjadi indukan jika telah berumur sekitar 5-6 bulan. Pakan yang diberikan dapat berupa udanng kali atau udang rebon yang masih segar atau hidup.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Oscar Mulai Dari Pemijahan Hingga Pembesaran Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa