Cara Budidaya Lobster Air Tawar Yang Mudah Bagi Pemula

Posted on

Penjelasan Tentang Lobster, Klasifikasi, Kandungan Gizi Dan Cara Budidaya Lobster Air Tawar Yang Mudah Bagi Pemula

Hai Sahabat……Kali ini kita akan membahas tentang cara membudidayakan lobster jenis air tawar. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Lobster adalah hewan bercapit dari filum arthropoda yang masuk dalan upfilum crustaceae. Lobster ada yang hidup di air laut dan ada yang hidup di air tawar.

lobster

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Arthropoda
Upafilum: Crustacea
Kelas: Malacostraca
Ordo: Decapoda
Upaordo: Pleocyemata
Infraordo: Astacidea
Famili: Nephropidae

Lobster memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Berikut adalah kandungan gizi dari lobster:

Nilai nutrisi Lobster/100 gram
Energi 372 kJ (89 kcal)
Karbohidrat 0 g
– Gula 0 g
– Serat pangan 0 g
Lemak 0.86 g
– tak jenuh 0.208 g
– tak jenuh tunggal 0.253 g
– tak jenuh majemuk 0.340 g
Protein 19.0 g
Tiamina (Vit. B1) 0.023 mg (2%)
Riboflavin (Vit. B2) 0.017 mg (1%)
Niasin (Vit. B3) 1.830 mg (12%)
Asam Pantotenat (B5) 1.667 mg (33%)
Vitamin B6 0.119 mg (9%)
Folat (Vit. B9) 11 μg (3%)
Vitamin C 0 mg (0%)
Kalsium 96 mg (10%)
Besi 0.29 mg (2%)
Magnesium 43 mg (12%)
Fosfor 185 mg (26%)
Kalium 230 mg (5%)
Zink 4.05 mg (41%)

Kali ini kita akan membahas seputar cara budidaya lobster air tawar. Budidaya lobster air tawar tidak begitu sulit, Berikut adalah cara membudidayakan lobster air tawar:

lobster air tawar

  • Tempat Budidaya
    Hal yang pertama yang harus dilakukan saat akan membudidayakan lobster air tawar adalah tempat untuk membudidayakannya, tempat budidaya bisa dengan kolam semen, kolam tanah, akuarium dan bisa juga membuat kolam dari terpal. Setelah tempat budidaya siap maka yang harus dilakukan adalah mengisi kolam budidaya dengan air. Beri kolam dengan paralon atau yang lain untuk tempat persembunyian lobster dari serangan lobster yang lebih kuat dan juga sebagai tempat untuk lobster yang mengalami pergantian kulit. Lakukan pengisian air kolam dan peletakan paralon seminggu sebelum bibit lobster di masukkan.

budidaya lobster air tawar

  • Cara Membedakan Lobster Jantan dan Betina
    Lobster jantan dan betina memiliki fisik yang hampir sama, ukurannya pun sama hanya yang membedakan adalah warna capit yang dimiliki, capit pada jantan lebih berwarna merah menyala lebih banyak/luas sedangkan pada betina capitnya berwarna hitam dengan sedikit warna merah.
  • Cara Perawatan
    Perawatan Lobster air tawar tidaklah sulit hanya di butuhkan kesabaran. Berikut adalah perawatan yang perlu di berikan pada lobster air tawar:
    *Pakan
    Pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari secara teratur yaitu pada pagi dan sore hari. Pakn lobster antara lain: pellet, planton dan tumbuhan air, bisa juga ketela pohon dan jagung manis yang di parut, atau juga sayuran sebagai tambahan nutrisi.
    *Filter air
    Pembersihan filter air juga perlu dilakukan apabila filter air sudah kotor.
    *Air
    jika air kolam sudah kotor atau keruh lakukan pergantian air, namun sisakan air sekitar seperempat dari air semula agar tidak terjadi perbedaan suasana yang drastis dan apabila terjadi perbedaan suasana yang drastis maka lobster akan berganti kulit.
  • Cara Mengembang Biakan Lobster Air Tawar
    Pengembang biakan air tawar bisa dilakukan secara alami dan bisa pula dengan perkawinan silang (cara riset). Berikut adallah alat yang harus di siapkan dalam pengembang biakan lobster air tawar:
    *Bibit Lobster
    *Aquarium
    *Pompa filter dan Aerator
  • Cara Penetasan
    Betina yang sedang bertelur akan menekuk ekornya, telur akan selaku menempel pada induk betina. Pengeraman tersebut dilakukan selama kurang lebih 5 minggu. Selama pengeraman jantan akan terus mendampingi betina. Saat sedang mengeram anakan sebaiknya indukan jangan sampai disentuh atau dikagetkan agar telur tidak terlepas dari badan induk betina dan apabila ingin memindahkan sebaiknya tunggu saat indukan betina berada dalan paralon atau yang lain tetapi harus perlahan. Setelah 3 hingga 4 minggu pindahkan jantan dari betina lalu pada minggu ke 4 hingga ke 5 maka akan terlihat anakan lobster yang telah menetas jika sudah menetas seperti itu jangan langsung dipisah dengan indukannyap tapi tunggu dulu sekitar 3 hari baru pisahkan.
    lobster indukan yang sedang mengeram telurtelur lobster air tawar
  • Pembesaran anakan
    Proses pembesaran bisa dilakukan di dalam kolam besar atau juga aquarium dan usahakan perawatan dilakukan dilakukan secara maksimal agar lobster yang dihasilkan dalam panen maksimal pula.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Lobster Air Tawar Yang Mudah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa