Cara Budidaya Toge Dengan Mudah Dan Cepat Panen

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Toge Atau Kecambah Dengan Mudah Dan Cepat Panen

Toge atau Kecambah adalah tumbuhan yang berkembang secara embrionik didalam biji. Toge atau kecambah ini memiliki beberapa bagian yaitu akar embrio atau radikula, hipokotil dan daun lembaga atau kotiledon. Toge atau kecambah memiliki ciri khas yaitu akar tunggang yang sangat lembut serta batang dan daunnya dapat dikonsumsi. Jika anda ingin membudidayakan toge atau kecambah ini, berikut adalah ulasan cara budidaya toge atau kecambah secara lengkap:

a. Media Tanam Toge
Untuk melakukan budidaya toge anda harus tau media tanam yang akan anda gunakan. Pada umumnya melakukan budidaya toge tidak begitu sulit dalam memilih media tanam, karena tanaman toge dapat menyesuaikan dengan kondisi media tanam yang ada baik itu yang terlalu dingin maupun yang terlalu panas. Anda dapat melakukan penanaman tanamn toge dengan sistem rumah kaca, menggunakan media botol yang menggunakan kapas atau juga dapat menggunakan baki.
Dalam melakukan penanaman toge anda harus menyiapkan alat dan bahan untuk menanam toge atau kecambah tersebut. Jika anda membudidayakan dengan mementingkan aspek fleksibelitas maka anda dapat membudidayakan toge atau kecambah dengan media baki. Menanam atau budidaya toge atau kecambah paling sering dilakukan indoor karena jika menanam outdoor atau diluar ruangan beresiko tinggi gagal sebab faktor cuaca. Dalam budidaya indoor toge atau kecambah ini, hal yang diperlukan antara lain adalah satu buah baki berukuran sedang atau sesuai dengan jumlah serta kebutuhan kecambah/toge; kapas untuk alas baki dan berkembang toge; siapkan juga kacang hijau dan air sesuai kebutuhan.

b. Pemilihan Bibit Kecambah Atau Toge
Pemilihan bibit yang baik akan mempengaruhi juga hasil toge yang dibudidayakan. Misalnya anda memilih kacang hijau sebagi bibit toge maka, Pilihlah bibit dari kacang hijau yang memiliki warna hijau mengkilat serta tidak cacat, jangan pilih bibit kacang hijau yang memiliki warna kecokelatan juga busuk.

c. Proses Kultivasi
Setelah bibit dipilih selanjutnya masuk kedalam proses kultivasi. Sebelum dilakukan kultivasi, bibit kacang hijau dicuci dahulu hingga bersih, setelah bersih barulah rendam bibit kacang hijau selama sekitar 24 jam. Kemudian anda harus enyiapkan baki dengan kapas yang telah diletakkan menyeluruh pada bagian baki, setelah itu kapas disiram dengan air agar basah. Masukkan bibit kacang hijau yang sudah direndam selama kurang lebih 24 jam ke dalam baki, atur jarak bibi usahakan jangan terlalu dekat. Kemudian letakkan baki pada tempat yang terkena caaya matahari agar bibit dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat.

d. Pemanenan Toge atau Kecambah
Setelah melakukan serangkaian tahap, selanjutnya adalah pemanenan. Anda dapat memanen toge atau kecambah setelah toge atau kecambah tersebut memiliki ukuran 0,5 cm hingga 1 cm atau saat kecambah atau toge tersebut sudah memiliki akar tunggang. Cara memanen toge atau kecambah tersebut adalah dengan cara mencabut toge tanpa merusak bagian akar serta batangnya. Setelah pemanenan, toge atau kecambah tersebut ditempatkan pada tempat yang lembab agar tidak mudah layu dan kering.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Toge Dengan Mudah Dan Cepat Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa