Cara Menanam Apel Dari Biji Dengan 4 Langkah Mudah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Apel Dari Biji Dengan 4 Langkah Mudah

Apel atau Malus domestica adalah salah satu jenis buah yang berasal dari genus Malus dan masuk dalam famili Rosaceae. Buah apel memiliki buah dengan kulit berwarna merah, hijau atau kuning dan daging buahnya berwarna putih agak keras kadang juga ada yang masir. Apel pertama kali ditanam oleh orang Asia Tengah. Apel biasanya dimakan mentah-mentah tanpa diolah, kadang juga apel diolah menjadi minuman sari apel, saus apel, cuka apel,keripik apel dan masih banyak lagi lainnya.
Apel banyak digemari oleh banyak orang, jika anda ingin menanam buah tersebut sendiri dirumah tidak ada salahnya. Biasanya melakukan penanaman apel menggunakan stek batang, bibit okulasi atau juga cangkok. karena sulitnya mencari bibit ape, anda bisa melakukan penaman menggunakan biji. Berikut adalah panduan lengkap cara menanam Apel dari biji:

a. Mengatur Suhu Dingin untuk Membuat biji berkecambah
Langkah pertama untuk menanam apel dari biji adalah dengan melakukan penyemaian hingga biji bertunas. Untuk hal itu memang sangatlah membutuhkan perhatian penuh yaitu salah satunya memanipulasi suhu ruangan media tanam kartena pohon apel akan tumbuh dengan baik pada lingkungan yang memiliki suhu dingin.
Kumpulkan 2 jenis biji apel, hal ini dimaksudkan karena pohon apel tidak dapat melakukan penyerbukan sendiri ketika susah memasuki masa berbuah jika anda menanam 1 jenis apel saja.

Pisahkan dahulu biji apel dari daging buah kemudian jemur agar kulit luar biji tidak lembab. Proses selanjutnya yaitu dengan memasukkan biji apel yang sudah kering kedalam tissue atau kain. Tissue atau kain itu digunakan sebagai media semai yang kemudian diletakkan dalam wadah dan ditutup rapat. Selain tissue anda juga dapat menggunakan tanah gambut untuk media semainya. Setelah ditutup rapat masukan wadah semai tersebut ke dalam lemari es, tahap ini disebut juga dengan tahap after ripening yaitu mengkondisikan biji apel seolah dalam musim dingin. Atur suhu tetap sekitar 40-42 derajat farenheit. Setelah sekitar 8 minggu maka biji apel mulai tumbuh tunas dan akar.

b. Memindahkan Tunas apel ke pot atau polybag
Biji yang telah bertunas dan berakar selanjutnya di pindah ke pot atau polybag. namun sebelumnya isi pot atau polybag tersebut diisi dengan media tanam berupa tanah gambut yang dicampur pupuk kandang+tanah dengan perbandingan 2:1. Setelah dilakukan penanaman letakkan pot atau polybag tersebut pada tempat bersuhu kamar tetapi usahakan tetap mendapatkan sinar matahari. Lakukan penyiraman secara rutin hingga tunas memiliki daun. Proses tersebut akan membutuhkan waktu sekitar 3-4 minggu.

c. Pemindahan Ke Lahan Tanam Sesungguhnya
Setelah tanaman apel telah memiliki 5-7 helai daun maka pindahkan ke media tanam yang sesungguhnya. Lakukan pengolahan terlebih dahulu pada lahan tanam yang akan digunakan untuk menanam apel yaitu dengan mencangkuli tanah hingga gembur kemudian diberi pupuk. setelah itu barulah pindahkan tanaman padalahan tanam, tanam dengan hati-hati, kemudian pasang mulsa bisa menggunakan serbuk gergaji,jerami atau batang gandum kering agar tanah disekitar tanaman apel tetap lembab.

d. Memelihara Tanaman Apel
Lakukanlah penyiraman secara rutin apalagi pada musim keringa atau kemarau. Lakukan pemupukan pula 4 bulan sekali dengan menggunakan jenis pupuk NPK dengan dosis seperempat kg. Setelah berumur sekitar 6-8 tahun pohon akan mulai berbuah.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Apel Dari Biji Dengan 4 Langkah Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa