Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Beringin Hias Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Beringin Hias Bagi Pemula – Beringin (Ficus benjamina) merupakan salah satu jenis tanaman rindang dengan banyak daun dan percabangan. Pohon beringin sangat akrab dengan budaya asli Indonesia. Tumbuhan berbentuk pohon besar ini sering kali dianggap suci dan melindungi penduduk setempat. Tapi, ada mitos yang beredar di masyarakat menyatakan bahwa pohon beringin kerap menjadi tempat makhluk halus.

Klasifikasi ilmiah Beringin
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Urticales
Famili: Moraceae
Genus: Ficus
Subgenus: Conosycea
Spesies: F. benjamina

Kini, pohon beringin sudah banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias baik tanaman hias dalam pot maupun tanaman hias di pekarangan rumah. Nah kali ini kita akan memberikan tips cara menanam dan budidaya beringin hias.

Cara Menanam dan Merawat Beringin Hias

Persiapan Bibit Beringin Hias

Beringin hias dapat diperbanyak melalui dua cara yaitu dengan cara cangkok dan stek batang. Namun, cara stek lebih mudah dibandingkan dengan cara cangkok. Bibit stek beringin dapat diperoleh dengan cara memotong batang cabang pohon beringin yang memiliki diameter sekitar 1 cm, tidak terlalu muada atau tua dengan panjang sekitar 25-30 cm. Jika sudah, selanjutnya batang stek direndam dalam cairan perangsang pertumbuhan akar.

Setelah itu, tanama batang stek dalam polybag yang telah berisi campuran tanah dan pupuk kandang. Ikat bagian ujung atas batang stek dengan plastik transparan. Selanjutnya letakkan pada temp[at yang teduh namun masih mendapatkan sinar matahari.

Lakukan penyiraman secara rutin dengan sistem spray agat tidak terlalu basah, setelah bibit stek mulai mengeluarkan tunas, lepaskan plastik pembungkus pucuknya.

Persiapan Lahan Tanam Beringin Hias

Pohon beringin hias dapat ditanam dalam pot ataupun langsung ditanam di tanah (pekarangan rumah). Jika anda ingin menanam pohon beringin di halaman rumah, maka buatlah lubang tanam berukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm. Kemudian, isi lubang tanam dengan pupuk kandang hingga 1/2 bagian lalu biarkan lubang selama 2 minggu agar pupuk tercampur sempurna.

Jika anda menanam pohon beringin hias dalam pot, maka siapkan pot berukuran besar dan isi dengan campuran tanah dan pupuk kandang hingga penuh sisakan sekitar 15 cm. Lalu, biarkan pot selama 2 minggu.

Cara Menanam Pohon Beringin Hias

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman segera. Masukkan bibit beringin hias ke dalam lubang tanam yang telah disiapkan lalu tutup kembali dengan media tanam disekitarnya, padatkan dan lakukan penyiraman.

Cara Merawat Pohon Beringin Hias

Penyiraman pada tanaman pohon beringin ini dilakukan seperlunya saja. Jika diperlukan lakukan pula penyiangan dan perampalan. Lakukan pemupukan secara berkala setiap 1-1,5 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Beringin Hias Bagi Pemula“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa