Cara Menanam Dan Merawat Bunga Wijaya Kusuma

Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Bunga Wijaya Kusuma Yang Baik dan Benar

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Bunga Wijaya Kusuma Agar Cepat Berbunga Yang Baik dan Benar Bunga Wijayakusuma (Epiphyllum anguliger) adalah tanaman bunga yang termasuk jenis tanaman kaktus yang berasal dari kelas dicotiledoneae. Tanaman bunga ini berasal dari Amerika tropika (Venezuela dan Caribia) dan dapat hidup pada daerah bunga inidapat berbunga karena hal tersebut dipengaruhi oleh keadaan iklim, kesuburan tanah juga cara pemeliharaan bunga tersebut.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Ordo: Caryophyllales
Famili: Cactaceae
Subfamili: Cactoideae
Bangsa: Hylocereeae
Genus: Epiphyllum
Spesies: E. anguliger

Tinggi batang tanaman bunga wijaya kusuma dapat mencapai sekitar 2-3 meter dengan daun berbentuk pipih halus berwarna hijau berukuran sekitar 13-15 cm. Pada tepian daun terdapat lekukan yang biasanta ditumbuhi tunas daun atau bunga. Bunga wijaya kusuma ini berwarna putih dan berdiameter sekitar 10 cm. Kali ini kita akan membahas tentang cara menanam dan merawat bunga wijaya kusuma agar cepar berbunga.

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma

A. Persiapan Bibit dan Media Tanam Bunga Wijaya Kusuma

Bibit bunga wijaya kusuma dapat anda peroleh melalui stek batang yaitu dengan memotong batang tanaman yang sehat dan segar sepanjang 12 cm – 18 cm. Kemudian batang diangin-anginkan selama 2 hingga 3 hari, lalu bibit dapat ditanam. Jika anda tidak ingin ribet anda dapat membeli bibit bunga wijaya kusuma di toko tanaman hias.

Karena bunga Wijaya kusuma menyukai media tanam yang subur, bersih, dan porous. Maka anda dapat menyiapkan media tanam berupa campuran pasir, pupuk kandang, cacahan pakis halus, dan tanah humus dengan perbandingan 2:3:1:4 atau 1:3:2:4. Setelah itu, media tanam tersebut diaduk hingga tercampur rata. Jika media tanam sudah tercampur rata, masukkan ke dalam pot dengan diberi alas berupa pecahan genteng sebagai penahan.

B. Penanaman Bunga Wijaya kusuma
Jika bibit dan media tanam telah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Bibit tersebut ditanam sedalam 5-7 cm apabila bibit berasal dari stek batang. Jika bibit beli maka tanam sesuai dengan media tanam pada bibit.

C.Perawatan Bunga Wijaya Kusuma
a. Penyiraman
Penyiraman bunga wijaya kusuma dapat dilakukan setiap seminggu sekali karena bunga wijaya kusuma termasuk dalam kekuarga kaktus yang tahan dengan panas dan kekeringan.

b. Penggantian Pot
Lakukan pergantian pot setiap 6 bulan sekali agar pertumbuhan bunga lebih optimal.

c. Pemupukan
Setelah satu bulan tanam, lakukan pemupukan ulang pada bunga wijaya kusuma. Pemupukan tersebut menggunakan pupuk NPK dengan dosis yang telah dianjurkan.

d.Penyiangan
Lakukan penyiangan secara rutin untuk mencegah tumbuhnya gulma dalam pot tanaman.

Perawatan lain yang dapat dilakukan antara lain pemberian fungsida dan insektisida dengan teratur, serta pemangkasan bagian-bagian tanaman yang berpenyakit.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Bunga Wijaya Kusuma Yang Baik dan Benar“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa