Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Miana Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Miana Di Rumah Bagi Pemula – Daun miana atau tanaman iler (Coleus benth) merupakan tanaman hias yang masuk dalam famili Lamiaceae. Tanaman ini memiliki batang yang basah dengan ketinggian mencapai sekitar 1 meter. Daun miana berbentuk segitiga atau bulat telur dengan warna yang beragam mulai dari warna hijau hingga merah keungu-unguan dengan tepi bergerigi. Tanaman ini memiliki bunga berwarna merah, ungu atau kuning.

Klasifikasi Bunga Miana
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Lamiales
Famili: Lamiaceae
Genus: Coleus
Spesies: Coleus atropurpureus (L) Benth

Tanaman bunga miana ini dapay ditanam dalam pot atau ditanam langsung ke tanah (pekarangan). Tanaman bunga ini sangat mudah ditanam dan dirawat sehingga banyak orang menanam bunga ini untuk dijadikan sebagai tanam hias.

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Miana

Persiapan Bibit Bunga Miana

Bunga miana ini sangat mudah untuk dilakukan pembibitan yaitu hanya dengan pemisahan rumpun akarnya saja. Pisahkan bibit dari tanaman induk tanpa merusak sistem perakaran dan batangnya. Setelah bibit dipisahkan tanaman induk, selanjutnya bibit dapat ditanam di media tanam atau di letakkan pada tempat basah dan lembab jika belum sempat ditanam.

Cara Menanam Bunga Miana

Jika bibit sudah siap maka lakukan penanaman. Siapkan terlebih dahulu media tanam untuk menanam tanaman daun miana, media tanam tersebut dapat dibuat dari campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Jika semuanya sudah, segera tanam bibit pada media tanam, lalu lakukan penyiraman perawatan rawat dengan baik. Sesuaikan tempat tanam tanaman ini dengan jumlah bibit yang akan ditanam.

Cara Merawat Bunga Miana

Penyiraman bunga miana dapat dilakukan seperlunya saja, tidak perlu terlalu banyak. Lakukan pula pemberian pupuk dengan menggunakan pupuk organik maupun pupuk buatan, namun lebih baik pupuk yang diberikan yaitu jenis pupuk daun dengan pemberian pupuk melalui penyiraman atau semprot. Berikan pupuk tersebut setelah tanaman tumbuh dengan baik, pemupukan tersebut dilakukan dilakukan secara rutin setiap 2 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Miana Di Rumah Bagi Pemula”,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa