Hama dan Penyakit Tanaman Salak Beserta Cara Mudah Mengendalikannya

Posted on

Hama dan Penyakit Tanaman Salak Beserta Cara Mudah Mengendalikannya

Dalam melakukan budidaya suatu tanaman baik itu tanaman hias ataupun tanaman buah, pastinya akan mengalami kendala baik itu teknis ataupun non teknis yang bisa saja menyebabkan kerugian yang cukup besar bagi anda. Kali ini kita akan membahas tentang hama dan penyakit y6ang menyerang tanaman salak. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang hama dan penyakit tanaman salak :

Hama Tanaman Salak

a. Uret (Larva kumbang)
Uret atau larva kumbang merupakan hama yang paling banyak menyerang tanaman salak terutama pada tanaman yang masih muda. Hama ini biasanya menyebar melalui telur yang terbawa oleh pupuk kandang. Uret atau larva kumbang yang baru menetas akan segera mengerek batang dan sebagian akar tanaman salak hingga berlubang.

Serangan terparah dari hama ini biasanya terjadi pada pergantian dari musim hujan ke musim kemarau.

Hama ini dapat dikendalikan dengan cara memberikan insektisida seperti Furadan 3G. Biasanya Furadan 3G yang berupa butiran ini diberikan bersama dengan pemberian pupuk baik itu pupuk kimia atau pupuk kandang. Pemberian Furadan ini disesuaikan dengan dosis yang ada pada kemasannya atau bisa dibilang sesuai anjuran.

b. Tikus
Hama tikus ini menyerang bagian buah, tikus ini memakan dan menggerogoti buah salak yang berakibat buah salak rusak bahkan habis dan akan gagal panen karena buah tidak dapat dikonsumsi ataupun dijual. Petani salak dapat mengatasi masalah serangan hama ini dengan memberikan rodentisida atau racun tikus di sekeliling tanaman salak atau bisa juga dengan membuat perangkap.

c. Rayap
Hama yang satu ini dapat menyerang seluruh bagian tanaman salak mulai dari daun, batang, buah hingga akar tanaman. Serangan hama ini pada bagian akar dan juga batang utama tanaman salak dapat menyebabkan tanaman mati.Serangan hama rayap ini dapat diketahui dari adanya rumah rayap dan juga jalan bekas rayap yang terbuat dari tanah disekitar tanaman salak. Hama rayap ini dapat ditangani dengan cara menyemprotkan insektisida di bagian tanaman salak atau di sekeliling media tumbuh tanaman salak.

d. Kutu Putih
Hama kutu putih ini biasanya banyak ditemukan di permukaan daun bagian bawah. Hama ini menyerang bagian daun dengan mengisap cairan daun tanaman yang berakibat daun akan mengalami perubahan warna menjadi kekuningan dan akhirnya layu.

Pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan insektisida sistemik. Namun dengan perhitungan ekonomis, penengdalian hama ini dilakukan dengan cara memotong daun yang terserang kemudian memusnahkannya agar tanaman yang lain tidak terserang.

Penyakit Tanaman Salak

a. Busuk Buah
Penyakit busuk buah ini menyerang tanaman salak karena disebabkan oleh cendawan putih. Buah yang terserang penyakit ini akan menjadi busuk berair sehingga buah memeiliki tampilan yang tidak menarik dan tidak dapat dikonsumsi.

Penebab tanaman salak terserang penyakit ini yaitu karena dipicu oleh kelembapan yang terlalu tinggi. Biasanya penyakit ini dapat dikendalikan dengan cara membuang buah yang busuk agar buah lainnya tidak tertular. Bisa juga penanggulangan serangan hama ini dapat dilakukan dengan cara mengurangi daun tanaman salak dan juga daun tanaman pelindung.

b. Bercak Hitam
Penyakit bercak hitam disebabkan oleh infeksi cendawan Pestalotia sp. Tanaman salak yang terserang penyakit ini memiliki gejala diantaranya terdapat bercak hitam pada bagian daun tanaman salak baik itu di daun muda atau tua. Faktor utama penyebaba munculnya jamur ini yaitu kondisi lingkungan yang lembab.

Pencegahan terjadinya serangan hama ini dapat dilakukan dengan cara melakukan pemangkasan secara rutin, melakukan pengaturan jarak tanam, serta pengendalian gulma. Tanaman yang terlanjur terserang, bagian daun yang terinfeksi segera dipangkas dan dimusnahkan. Bisa juga dengan cara melakukan penyemprotan fungisida apabila penyakit ini sudah menyerang melebihi batas normal.

c. Busuk Batang dan Buah
Penyekit busuk batang ini disebabkan oleh cendawan Corticium salmonicolor, serangan cendawan ini ditandai dengan adanya pembusukan pada bagian batang dan juga buah tanaman salak. Penyakit ini biasanya disebut dengan penyakit merah atau busuk pink, karena pada bagian tanaman yang terserang penyakit ini akan ditemukan cendawan yang berwarna merah. Pencegahan dan pengendalian penyait ini dapat dilakukan dengan cara yang sama yang dilakukan terhadap penyakit bercak hitam.

Demikian artikel pembahasan tentang”Hama dan Penyakit Tanaman Salak Beserta Cara Mudah Mengendalikannya“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa