Jenis-Jenis Burung Jalak Beserta Penjelasan Lengkap Dengan Gambar

Posted on

Penjelasan Lengkap Tentang Jenis-Jenis Burung Jalak 

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang salah satu burung kicau yaitu burung Jalak. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Jalak adalah salah satu jenis burung kicau yang berasal dari suku Sturnidae. Burung jalak memiliki ukuran sedang yaitu sekitar 20 hingga 25 cm, memiliki paruh kuat, lurus dan tajam, memiliki perawakan yang gagah,memiliki kaki yang sebanding dengan ukuran tubuhnya, memiliki suara yang keras serta ribut dan terkadang menirukan suara burung lain. Burung jalak tinggal di lubang pohon apabila di alam bebas. Burung Jalak sangat aktif bergerak dan berkicau serta mudah dijinakkan. Oleh karena itu, para pecinta burung senang memelihara burung jenis ini untuk hewan peliharaan. Makanan burung jalak antara lain kroto, buah, voer, serangga kecil dan lain-lain.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Upaordo: Passeri
Famili: Sturnidae

Terdapat sekitar 25 spesies burung jalak di seluruh Indonesia, berikut adalah penjelasan beberapa jenis burung Jalak:

  • Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)

jalak-bali-leucopsar-rothschildi

Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) merupakan burung endemik pulau Bali, Indonesia. Burung jalak bali memiliki ciri-ciri memiliki jambul, memiliki bulu berwarna biru di sekitar matanya, bulu ekor dan sayap berwarna hitam selain itu bulu burung ini semuanya berwarna putih. Ukuran dewasa burung ini adalah sekitar 20 hingga 25 cm. Makanan burung jalak bali antara lain jambu, jangkrik, cacing dan pepaya. burung jalak bali adalah salah satu jenis hewan yang dilindungi.

  • Jalak Suren (Sturnus contra)

jalak-suren-sturnus-contra

Jalak Suren (Sturnus contra) adalah salah satu jenis burung jalak yang memiliki ukuran dewasa sekitar 24 cm, jalak ini memiliki sayap yang cukup besar tetapi kemampuan terbangnya hampir sama dengan kupu-kupu. Penyebaran burung jalak suren ini meliputi Pulau Sumatera, Jawa dan Bali.

  • Jalak Kerbau  (Acridotheres javanicus)

jalak-kerbau-acridotheres-javanicus

Jalak Kerbau atau Jalak Kebo (Acridotheres javanicus) merupakan salah satu jenis burung jalak yang sering bersimbiosis dengan kerbau. Oleh karena itu, burung ini di sebut dengan jalak kerbau atau kebo karena ia senang dengan tempat-tempat dimana kerbau mencari makan dan ia juga senang bertengger di atas punggung kerbau. Jalak jenis ini memiliki ukuran sedang yaitu ekitar 20 hingga 25 cm. Penyebaran burung jalak ini meliputi Negara di Asia Timur seperti Pulau jawa, Sulawesi, Bangladesh hingga Cina selatan.

  • Jalak Nias (Acridotheres tristis)

jalak-nias-acridotheres-tristis

Meskipun memiliki nama Nias namun burung ini bukan endemik dari Sumatera Utara. Penyebaran burung ini meliputi Asia, Amerika, Dan Afrika. Burung jalak ini memiliki buku dengan dominasi warna cokelat kehitaman dengan kepala berwarna hitam dan berwarna kuning menyala pada bagian sekitar mata. Dialam bebas jalak ini bisa ditemukan pada wilayah dengan ketinggian 3000 meter di atas permukaan laut.

  • Jalak Putih (Acridotheres Melanopterus)

jalak-putih-acridotheres-melanopterus

Burung jalak ini hampir sama dengan burung jalak bali, yang membedakan adalah bulu berwarna kuning di bagian sekitar mata, burung ini dapat tumbuh dengan ukuran 20 hingga 23 cm. Burung ini termasuk hewan endemik Indonesia dengan daerah penyebaran yaitu Pulau Bali, Jawa, Madura dan Lombok. Burung ini suka memakan buah-buahan, biji-bijian dan serangga kecil. Burung jalak ini juga termasuk dalam hewan yang dilindungi.

  • Jalak Thailand (Sturnus Nigricollis)

jalak-thailand-atau-black-collared-starling-sturnus-nigricollis

Burung Jalak jenis ini memiliki ciri-ciri memiliki bulu punggung berwarna cokelat, memiliki pelipis dengan warna kekuningan dan Leher dengan warna hitam. Penyebaran burung jalak ini meliputi Brunai, Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand dan Myanmar.

Demikian artikel pembahasan tentang”Jenis-Jenis Burung Jalak Beserta Penjelasan Lengkap Dengan Gambar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa