teh

Jenis-Jenis Teh Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Posted on

Penjelasan Tentang Teh, Jenis-Jenis Teh Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Camellia sinensis adalah tanaman yang daun dan pucuk daunnya dimanfaatkan untuk membuat minuman teh tumbuhan ini masuk ke dalam genus camellia yaitu suatu genus dari famili theaceae. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara dan  Asia Selatan namun kini telah banyak dibudidayakan di daerah sub-tropis dan tropis di seluruh dunia. Tanaman ini adalah pohon kecil atau perdu yang dipangkas untuk diambil daunnya.  Memiliki akar tunggang, bunga warna putih-kuning dengan petal 7 hingga 8, panjang daun sekitar 4-15 cm dan 2-5 untuk lebarnya. Di dalam daun teh segar terdapat sekitar 4% kafein.

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas  : Magnoliopsida
Ordo   :    Ericales
Famili : Theaceae
Genus :   Camellia
 Spesies : C. sinensis
Nama binomial: Camellia sinensis
(L.) Kuntze

Berdasarkan tingkat oksidasinya teh dikelompokan menjadi:

1. Oolong yaitu teh yang proses oksidasinya dihentikan dipertengahan antara teh hijau dan teh hitam yang biasa membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 hari.
2. Teh Putih adalah teh yang dibuat dari pucuk daun yang tidak mengalami oksidasi dansebelum di petik dihindari dari sinar matahari agar tidak terjadi pembentukan klorofil atau zat hijau daun. Teh ini di produksi hanya dengan jumlah sedikit jadi teh ini lebih mahal dibanding jenis teh lainnya.
3.  Teh Hijau adalah teh  yang berasal dari daun teh yang baru di petik dan langsung diproses. Setelah mengalami oksidasi dalam jumlah minimala maka proses dihentikan dengan pemanasan.
4.  Teh merah atau teh hitam adalah teh yang dibiarkan teroksidasi sekitar 2 minggu hingga 1 bulan secara penuh.

Sebenarnya ada banyak jenis teh yang mengandung banyak manfaat tapi disini kami akan menjelaskan beberapa Contoh teh  dan manfaatnya bagi tubuh, seperti:

  1. Teh Hijau
    teh hijau

Teh Hijau atau Green Tea adalah minuman teh yang dibuat dengan cara mengukus daun teh setelah itu dikeringkan kemudian di panaskan hal tersebut dilakukan agar teh tidak mengalami fermentasi dan warnanya tetap hijau. Terdapat 25 mg kafein pada setiap cangkir teh hijau, selain itu teh hijau banyak mengandung anti oksidan jenis catechin yang dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit kanker. Selain itu teh hijau juga kaya akan vitamin c guna meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan serta flouride yang ada didalamnya dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah gigi dari kerusakan.

2. Teh Oolong
teh oolong

Teh Oolong biasanya di produksi di daerah semi tropis. Proses pembuatan teh oolong sama seperti pembuatan teh hitam yaitu difermentasi sebagian, teh oolong mengandung sekitar 30 mg dalam secangkir kopi. Manfaat dalam mengonsumsi teh oolong yang dikonsumsi dengan cara menyeduhnya dengan air hangat dapat menurunkan berat badan.

3. Teh Hitam
teh hitam

Teh Hitam dalam proses pengolahan mengalami fermentasi secara penuh sehingga kandungan tanin terfermentasi menjadi theaflavin dan thearubigin sehingga teh yang tadinya berwarna hijau berubah menjadi kecoklatan dan kehitaman saat dikeringkan. Teh hitam memiliki manfaat menurunkan kolestrol jahat atau juga LDL serta jika di konsumsi secara rutin maka akan menurunkn resiko terkena serangan jantung dan stroke.

4.Teh Putih
teh putih

Teh Putih adalah jenis teh yang palng ringanuntuk diminum dari segi rasa karena terbuat dari pucuk daun teh muda dan sangat rendah kafein hanya sekitar 15 mg dalam satu cangkir teh serta kandungan anti oksidan paling tinggi diantara jenis teh yang lain.teh ini memiliki manfaat mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, meringankan penyakit pada penderita diabetes, serta mencegah penuaan dini selain itu teh ini cocok untuk diet.

5. Teh Herbal
teh herbal

Teh Herbal adalah teh yang terbuat dari buah, daun, kulit, biji, serta bunga tanaman obat bukan dari Camellia sinensis. Teh jenis ini mengandung banyak vitamin c yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh, serta banyak manfaat lain seperti membantu merilekskan tubuh dan pikiran, mengatasi kram perut, meringankan perut kembung serta membantu sistem pencernaan.

6. Flavour Tea
flavour tea

Flavored Tea adalah teh yang dibuat dengan cara menambahkan bunga, rempah-rempah,dan aroma, atau disebut dengan teh yang dibumbui. Banyak tersedia dalam berbagai variasi rasa termasuk rasa blueberry, kayu manis, kulit jeruk, dan lavender. Teh ini dipasangkan dengan daun teh hitam, teh hijau, atau teh putih, memiliki antioksidan dan manfaat kesehatan yang sama.

Manfaat Teh
  • Anti Stres dan Anti kecemasan
  • Mencegah Berat Badan berlebih
  • Efek Merampingkan pinggang
  • Anti Ageing
  • Melindungi kesehatan liver
  • Mencegah Kanker
  •  Meningkatkan Kesehatan Gigi
  •  Baik Untuk Penderita diabetes
  • Meringankan Sakit kepala
  • Anti alergi
  • Obat Sembelit
  • Menjaga keseimbangan cairan
  •  Meningkatkan Kesehatan Kulit
  • Diuretik alami
  • Kaya Antioksidan
  • DapatMenjaga Tekanan Darah
  • Baik Kesehatan Tulang
  • Baik untuk kesehatan mata
  • Meningkatkan metabolisme

Demikian penjelasan kami tentang”Jenis-Jenis Teh Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kita berikutnya. Sampai jumpa