15 Manfaat dan Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Posted on

Penjelasan, Klasifikasi, Serta Manfaat dan Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Hai Sahabat…Kali ini kita akan membahas tentang Manfaat dari Daun Salam. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.

Salam atau Daun Salam (Syzygium polyanthum) adalah salah satu tanaman penghasil daun rempah yang biasa digunakan dalam masakan nusantara, dalam bahasa inggris daun salam dikenal dengan Indonesian laurel atau Indonesian bay-leaf.
Pohon tanaman salam dapat tumbuh dengan ketinggian 30 meter dan gemang sekitar 60 meter. Kulit batang pohonnya memiliki warna cokelat abu-abu bersisik atau memecah. Daunnya tunggal terletak berhadapan pada tangkai sekitar 12 mm. Daun salam memiliki bentuk jorong lonjong atau jorong sempit (lanset).

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Myrtales
Famili: Myrtaceae
Genus: Syzygium
Spesies: S. polyanthum

Kandungan Daun Salam antara lain 0,17% minyak esensial dengan komponen eugenol dan methyl chavicol (metil kavikol), ekstrak etanol dari daun salam memiliki efek anti bakteri dan anti jamur sedangkan ekstrak metanol memiliki efek anticacing. Selain itu terdapat senyawa lain dalam tanaman salam adalah minyak atsiri, tannin, flavonoid, vitamin c, vitamin a, asam folat, dan juga mineral seperti kalsium, kalium, zat besi, mangan, tembaga, magnesium, selenium, seng dan zat/senyawa lainnya.

Karena kandungan tersebut, daun salam memiliki beberapa manfaat lain selain sebagai bumbu dapur, berikut adalah manfaat atau khasiat dari daun salam:
Dapat mempengaruhi kardiovaskuler
Senyawa seperti salisilat, rutin, fitonutrien dan asam caffeic dalam daun salam dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah terjadinya stroke. Selain itu, kandungan flavonoid dalam daun salam dapat membantu menormalkan darah pada penderita darah tinggi atau hipertensi. Caranya: cuci sekitar 10 lembar daun salam kemudian rebus dengan 3 gelas air, setelah itu minum sekali sehari.
Dapat meredakan rasa sakit
Daun salam yang diekstrak menjadi minyak mengandung sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit akibat arthritis, keseleo, rematik, nyeri dabn strain, selain itu minyak daun salam dapat membantu mengurangi atau meringankan migran dan sakit kepala.
Dapat membantu mengobati diabetes
Daun salam dapat membantu mengobati 2 jenis diabetes yang ada, dengan mengkonsumsi daun salam dapat menurunkan kadar kolesterol, gula ddarah, dan trigliserida. Selain itu kandungan anti oksidan dalam daun salamdapat membantu memproses insulin secara efektif.
Dapat membantu mengobati batuk
Dalam kasus gangguan pernafasan seperti batuk,pilek, flu dan infeksi saluran pernapasan lainnya, daun salam dapat membantu mengatasi caranya : rebus 2 atau 3 lembar daun dalam air biar kan menguap selama sekitar 10 menit, setelah itu rendam kain dalam air lalu lebakkan kain tersebut pada dada untuk mengurangi masalah pernapasan tersebut.
Dapat mencegah kanker
Kandungan asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin dalam daun salam yang bersifat pelindung dan memberi pelawanan terhadap berbagai kanker. Selain itu daun salam mengandung phytonutrien atau parthenolide yang khusus dapat menahan proliferasi sel kanker serviks.
Dapat sebagai pengusir serangga
Kandungan asam laurat dalam daun salam bisa menjadi obat nyamuk alami dan juga minyak ekstrak daun salam dapat mengurangi gigitan dan sengatan serangga jika dioleskan.
Dapat mengobati asam urat
Daun salam dapat membantu mengobati asam urat, caranya Rebus sekitar 10 lembar daun salam dengan 10 gelas air hingga tersisa separuhnya. Kemudian minum sebanyak 2x sehari.
Dapat membantu mengobati gangguan ginjal
Gangguan ginjal seperti infeksi ginjal hingga batu ginjal, daun salam dapat membantu mengobatinya. Caranya Rebus sekitar 5 gr daun salam dalam 200 ml air hingga bersisa sekitar 50 ml air saja. Selanjutnya minum 2x sehari guna menghidari pembentukan batu ginjal.
Dapat membantu mengatasi kutu rambut
Daun salam dapat membantu mengatasi masalah kutu rambut, caranya rebus sekitar 50 gr daun salam dengan 400 ml air hingg air menjadi 100 ml saja, kemudian saring dan pakaikan air pada rambut, tunggu hingga 3 atau 4 jam agar kutu rambut dapat teratasi.
Dapat meredakan kulit stres
Jika kulit stres maka kulit akan keriput, daun salam dapat membantu mengurangi masalah kulit stres tersebut sehingga mencegah terjadinya kulit keriput, caranya Rebus daun salam kering sekitar 5 lembar dengan 2 gelas air pada wadah tertutup, kemudian tutp di buka dan biarkan mendidih sekitar 2 menit, lalu letakkan air rebusan pada wadah atau mangkuk besar lalu hirup uapnya, tapi jangan lupa tutup rambut dengan handuk.
Dapat mengatasi rambut rontok dan ketombe
Minyak ekstrak daun salam dapat dijadikan tonic yang efektif mengatasi masalah rambut rontok dan ketombe. Selain minyaknya air bilasan daun salam pu efektif.

Demikian artikel pembahasan tentang”15 Manfaat dan Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan Dan Kecantikan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa