Menanam Bawang Merah;

Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Merah Dalam Polybag Dengan Mudah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Merah Dalam Polybag Dengan Mudah

Hai sahabat…..Kali ini kita akan membahas tentang cara menanam bawang merah dalam polybag. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.

Bawang Merah (Allium cepa var ascalonicum) adalah sejenis tanaman yang dimanfaatkan umbinya untuk bumbu masakan. Bawang merah berasal dari Iran, Pakistan dan pegunungan-pegunungan di bagian utaranya.

Kandungan Gizi Bawang merah/100 g
Kalori (kcal) 71
Jumlah Lemak 0,1 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 12 mg
Kalium 334 mg
Jumlah Karbohidrat 17 g
Serat pangan 3,2 g
Gula 8 g
Protein 2,5 g
Vitamin A 4 IU
Vitamin C 8 mg
Kalsium 37 mg
Zat besi 1,2 mg
Vitamin D 0 IU
Vitamin B6 0,3 mg
Vitamin B12 0 µg
Magnesium 21 mg

Karena kandungan tersebut, bawang merah selain digunakan untuk bumbu masakan dapat dimanfaatkan pula sebagai obat tradisional karena bawang merah memiliki sifat anti bakteri dan anti septik.

Karena tingginya permintaan pasar akan bawang merah, banyak orang yang membudidayakannya dalam skala besar maupun Kecil. Anda dapat membaca selengkapnya di Panduan Lengkap Cara Menanam Atau Budidaya Bawang Merah Agar Hasil Panen Melimpah
Namun bagi anda yang tidak memiliki lahan yang luas, anda bisa melakukan penanaman yang lebih praktis dan bisa diletakkan dimana saja, yaitu dengan cara menanam bawang merah tersebut dalam polybag atau pot. Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara menanam atau budidaya bawang merah dalam polybag atau pot :

a. Persiapan media tanam
Sebelum melakukan penanaman dalam pastinya anda harus menyiapkan media tanam. Media tanam yang digunakan untuk menanam adalah tanah gembur, pupuk kandang atau pupuk kompos, arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, bisa juga media tanam itu ditambah dengan 3 gram pupuk SP-36 dan juga 1 sendok kecil furadan. Setelah itu campur semua elemen hingga rata, setelah rata masukkan media tanam tersebut dalam polybag berukuran 30×40 cm, jangan terlalu penuh. Siram kemudian diamkan selama 2 hari.

b. Penanaman Bawang Merah
Setelah tempat beserta media tanam siap, selanjutnya lakukan penanaman, Pada setiap polybag akan ditanam sekitar 3 bibit umbi bawang merah, tanam umbi dengan jarak 5 cm setiap umbinya. Umbi ditanam hingga bagian leher bibit.
Setelah penanaman, perlu dilakukan pemupukan dengan menggunakan Pupuk NPK dengan dosis yang diberikan sekitar 1 gr/polybag, Lakukan pula penyiraman setiap minggu hingga tanaman bawang berumur sekitar 6 minggu. Letakkan polybag pada tempat yang memiliki intensitas matahari yang baik atau cukup.

c. Pemeliharaan Tanaman Bawang Merah
Lakukan penyiraman sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari secara rutin, karena bawang tidak dapat hidup pada kekeringan dan juga tidak bisa hidup pada tempat tergenang maka lakukan penyiraman secukupnya saja. Jika tanaman sudah berumur sekitar 2 bulan setelah penanaman frekuensi penyiraman dikurangi agar bawang merah cepat berisi dan tua. Berikan pula pestisida nabati agar mencegah bawang merah terserang hama penyakit.

d. Pemanenan Bawang Merah
Jika bawang merah digunakan untuk konsumsi, pemanenan dapat dilakukan pada saat tanama berumur sekitar 3 bulan atau lebih kurang 90 hari. Jika untuk dijadikan bibit kembali bawang merah dapat dipanen pada umur sekitar 100 hari setelah tanam. Ciri bawang merah yang siap dipanen adalah bawang yang telah memiliki daun yang telah menguning sekitar 80%, leher batang telah kosong atau gembos serta umbi telah muncul ke permukaan dan berwarna merah. Pemanenan sebaiknya dilakukan pada siang hari karena pada waktu itu tanah kering dan bawang tidak akan mudah busuk. Setelah dilakukan pemanenan, bawang merah langsung di jemur agar tidak mudah busuk nantinya jika di simpan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Merah Dalam Polybag Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa