Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Putsa atau Apel India Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Putsa atau Apel India Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Putsa atau Apel India (Ziziphus Mauritiana Lam) adalah salah satu jenis tanaman buah yang berasal dari India yang memiliki buah seperti tomat belum masak tapi rasanya manis, renyah seperti apel, berukuran kecil yaitu sekitar 5 cm.

Tanaman apel India ini dapat tumbuh diberbagai kondisi. Di Indonesia, tanaman putsa atau apel India sulit didapatkan, jika ada harganya sangat tinggi bisa mecapai 100 ribuan per bibit.

Cara Budidaya Putsa atau Apel India

Pemilihan Bibit Putsa atau Apel India

Karena kualitas bibit akan menentukan buah yang dihasilkan, maka pilihlah bibit yang berkualitas baik, sehat, bebas dari hama dan penyakit, memiliki daun hijau yang sehat, berbatang kokoh dan juga rindang.

Persiapan Lahan Tanam Putsa atau Apel India

Lahan yang akan digunakan untuk menanam dibersihkan terlebih dahulu daru gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Setelah itu, buatlah lubang tanam berukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm. Selain itu, siapkan pula campuran tanah, pupuk kompos atau pupuk kompos yang sudah matang dan juga sekam untuk menutup lubang tanam nantinya.

Lubang tanam dan juga campuran tanah, kompos/pupuk kandang dan kompos tadi didiamkan selama 2-3 hari agar gas beracun dalam tanah hilang. Campuran media tanam (tanah, kompos/pupuk kandang dan sekam) didiamkan ditempat yang teduh atau bisa juga ditutupi plastik.

Cara Menanam Putsa atau Apel India

Jika semuanya sudah siap, segera lakukan penanaman. Lepaskan polybag pada bibit dengan hati hati agar tidak merusak akar dan medianya lalu masukan bibit dalam lubang tanam dengan posisi tegak lurus, kemudian tutup kembali dengan media tanam yang telah dibuat sebelumnya yaitu campuran tanah, kompos/pupuk kandang dan sekam. Setelah itu, sedikit padatkan agar bibit lebih kokoh dan tidak mudah roboh jika terkena angin ataupun air hujan.

Cara Merawat Putsa atau Apel India

Lakukan penyiraman sebanyak 1-2 kali sehari dengan menggunakan embrat agar penyiraman dapat dlakukan secara merata dan optimal. Berikan bibit ajir yang dibuat dari bilah bambu setinggi 1,5 meter, agar tanaman tidak mudah roboh.

Agar kebutuhan nutrisi atau unsur hara yang dibutuhkan tanaman apel india atau putsa ini terpenuhi, maka perlu dilakukan pemupukan, pemupukan tersebut dapat menggunakan pup[uk organik saja maupun campuran pupuk kimia. Pemupukan tersebut dapat dilakukan secara rutin setiap satu bulan sekali.

Masa Panen Putsa atau Apel India

Buah putsa atau apel india, umumnya dapat berbuah setelah berumur sekitar 1 hingga 2 tahun. Tanaman apel india atau putsa ini dapat berbuah sepanjang tahun dan menghasilkan buah yang produktif.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Putsa atau Apel India Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa