Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Jalak Nias Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Jalak Nias Bagi Pemula Agar Sukses – Jalak nias adalah salah satu jenis burung jalak yang dipelihara di Indonesia dan banyak disukai oleh pecinta burung kicau. Nama latin burung jalak nias adalah Acridotheres Tritis. Burung jalak nias berasal dari Pulau Nias, Sumatera Utara.

Baca Juga : Jenis-Jenis Burung Jalak

Burung ini banyak digemari karena burung jalak nias ini pandai menirukan suara burung sehingga cocok untuk di master. Selain itu, burung ini juga dapat menirukan suara manusia tapi tak selihai burung beo. Burung ini bisa menirukan menirukan kata kata pendek dan harus dilatih secara intensif.

Cara Budidaya Burung Jalak Nias Bagi Pemula

Pemilihan Indukan Burung Jalak Nias

Pilih indukan burung jalak nias yang baik dan berkualitas, agar nantiya anakan yang dihasilkan juga berkualitas. Sebelumnya perlu diketahui cara membedakan burung jalak nias jantan dan betina , berikut cara membedakannya:

Baca Juga : Cara Ternak dan Merawat Burung Jalak Kapas

  • Suara. Suara burung jalak nias jantan lebih gacor dan lebih aktif dibandingkan dengan burung betina.
  • Warna bulu. Warna bulu burung jalak nias jantan lebih mengkilat dan lebih rapi dibandingkan dengan bulu burung jalak nias betina yang cenderung kusam.
  • Bentuk kepala. Bentuk kepala burung jalak nias jantan lebih tipis dibandingkan bentuk kepala burung jalak nias betina cenderung lebih bulat.
  • Jambul. Burung jalak nias jantan memiliki jambul dikepalanya, sedangkan burung betina tidak.
  • Gerakan kepala saat berkicau. Saat berkicau, burung jantan akan mengangguk-anggukan kepalanya sedangkn burung betina tidak.

Baca Juga : Cara Beternak Jalak Suren

Persiapan Kandang Ternak Burung Jalak Nias

Kandang yang perlu disiapkan untuk ternak jalak nias yaitu kandang yang terbuat dari kawat ram. Model kandang yang dibuat adalah model aviary. Dalam kandang sediakan sarang berupa pohon yang dilubangi atau sarang yang ditempatkan ditempat khusus seperti dalam glodok tanpa pintu. Sarang Burung jalak nias dapat dibuat dari dedaunan atau rerumputan kering, sampah atau bulu-bulu.

Baca Juga : Cara Ternak Budidaya Jalak Bali

Cara Merawat Burung Jalak Nias

Lakukan pemberian makanan pada burung jalak nias secara rutin, pakan kesukaan burung jalak nias yang diberikan berupa serangga seperti belalang, laba-laba kecil juga jangkrik. Selain itu bisa juga diberi pakan berupa udang, reptil kecil buah-buahan, beras dan terkadang bisa juga roti atau nasi. Beberapa jenis buah yang disukai burung jalak nias diantaranya pepaya dan pisang, pemberian pakan buah ini dilakukan 2-3 hari sekali.

Cara Merawat Anakan Burung Jalak Nias

Apabila burung jalak nias sudah berjodoh, maka kemungkian besar, burung tersebut akan segera kawin dan akan menghasilkan telur sebanyak 4-6 butir. Alaminya, telur-telur tersebut akan dierami selama sekitar 18 hari.

Baca Juga : Cara Ternak Jalak Kebo/Jalak Hitam

Setelah telur menetas, anak burung jalak nias tersebut sebaiknya tetap dirawat oleh indukannya hingga berusia 3 minggu dan barulah dipisahkan. Anak burung yang sudah berusia 25 hari atau satu bulan bisanya sudah bisa mandiri.

demikian pembahasan tentang cara ternak dan merawat burung jalak nias bagi pemula agar berhasil, semoga bermanfaat dan jangan lupa iktuti postingan lainnya.