Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Kerapu Cantang Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Kerapu Cantang Bagi Pemula Agar Sukses – Ikan kerapu cantang (Epinephelus lanceolatus × Epinephelus fuscoguttatus) adalah salah satu jenis ikan kerapu yang memiliki bentuk tubuh dan juga corak warna menarik. Ikan kerapu cantang ini merupakan ikan kerapu hasil persilangan jenis kerapu macan dan kerapu kertang. Ikan jenis ini terkenal dengan kenikmatan, kelezatan dan kandungan gizi yang tinggi sehingga banyak diminati konsumen.

Kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya kerapu cantang, berikut selengkapnya:

Cara Budidaya Kerapu Cantang Bagi Pemula

Pemilihan Lokasi Budidaya Kerapu Cantang

Ikan kerapu cantang merupakan jenis ikan yang hidup di media air laut, maka budidaya yang bisa dipilih dengan menggunakan keramba jaring apung. Lokasi yang bisa dipilih untuk melakukan budidaya ikan kerapu cantang ini diantaranya yaitu:

  • Pilih lokasi yang tenang dengan arus air tidak terlalu bergelombang dan bukan area pelayaran.
  • Kedalaman air surut minimal sekitar 3 meter.
  • Sebaiknya dasar perairan berupa batu yang berpasir.
  • Air laut memiliki salitasi sekitar 29-32 ppt.

Persiapan Jaring dan Perlengkapan Budidaya Kerapu Cantang

Jaring yang baik untuk melakukan budidaya ikan kerapu cantang ini yaitu jaring dengan bahan polyethylene. Selain itu siapkan pula perlengkapan budidaya diantaranya yaitu perahu, freezer dan kulkas, generator, aerator, mesin penyemprotan jaring, paranet penutuo jaring, serok, timbangan, sprayer, tangki, sikat, ember dan lain sebagainya.

Pemilihan Benih Kerapu Cantang

Pilihlah benih ikan kerapu cantang yang berkualitas karena ini akan mementukan keberhasilan budidaya nantinya. Pilihlah benih dengan kondisi sehat, tidak sakit, memiliki ukuran tubuh normal dan tidak cacat.

Penebaran Benih Kerapu Cantang

Jika benih sudah siap, maka selanjutnya lakukan penebaran benih. Sebaiknya penebaran dilakukan secara berkelompok berdasarkan umur dan jenis ikan yang sama, tujuannya untuk menghindari terjadinya penularan penyakit dan mempermudah penyeleksian terhadap umur ikan tersebut. Proses penebaran benih yang baik dilakukan pada pagi hari.

Pemberian Pakan Kerapu Cantang

Sebelum diberikan pakan, sebaiknya ikan kerapu diberikan vitamin mix terlebih dahulu agar terhindar dari kekurangan nutrisi dan kematian secara mendadak. Pakan yang dapat diberikan pada ikan kerapu cantang diantaranya yaitu pakan yang mengandung banyak nutrisi untuk perkembangan dan pertumbuhan ikan.

Pemeliharaan Kerapu Cantang

Pemeliharaan yang dapat dilakukan pada ikan kerapu cantang ini diantaranya yaitu:

  • Pengelolaan jaring, mencakup menjaga sirkulasi air, penggantian dan pembersihan jaring.
  • Seleksi dan pengamatan pertumbuhan ikan. Amati pertumbuhan lalu seleksi ikan berdasarkan ukuran dan berat ikan kerapu cantang minimal satu bulan sekali.
  • Pengendalian dan penanggulangan penyakit yang menyerang ikan kerapu cantang.

Pemanenan Kerapu Cantang

Sebelum dipanen, jangan beri pakan ikan selama sekitar 1-2 hari untuk mencegah kerusakan kualitas air. Pemanenan ikan ini dilakukan dengan sistem pilih dan ikan yang dapat dipanen setidaknya telah memiliki bobot minimal sekitar 500 gram.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Kerapu Cantang Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa