Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Kerapu Lumpur Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Kerapu Lumpur Bagi Pemula Agar Sukses – Kerapu (Epinephelus) adalah ikan anggota sejumlah genus dalam anak suku Epinephelinae, suku Serranidae dalam seri Perciformes. Ada banyak jenis ikan kerapu ini, salah satunya yaitu kerapu lumpur.

Kerapu lumpur (Epinephelus bleekeri) merupakan salah satu jenis ikan kerapu yang memiliki daya tarik tersendiri sehingga cukup banyak orang mengkonsumsi jenis ikan kerapu ini. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya ikan kerapu lumpur, budidaya ikan kerapu lumpur ini sama dengan budidaya kerapu jenis lain. Berikut selengkapnya:

Cara Budidaya Ikan Kerapu Lumpur Bagi Pemula

Persiapan dan Penebaran Benih Kerapu Lumpur

Benih ikan kerapu lumpur dapat diperoleh dari tangkapan, tapi disarankan pilih bibit dari hasil pembenihan agar benih memiliki ukuran yang seragam. Pilihlah benih ikan kerapu lumpur yang sehat dengan ciri tidak cacat, memiliki warna yang cerah, memiliki gerakan yang lincah dan aktif serta memiliki nafsu makan yang tinggi.

Jika benih suda diperoleh selanjutnya, lakukan pendederan benih. Kepadatan penebaran pada fase pendederan yaitu 150-200 ekor/m3 dengan ukuran panjang ikan sekitar 9-12 cm serta memiliki berat 15-25 g. Setelah dibesarkan selama 1-1,5 bulan, kurangi kepadatan kolam menjadi 100 ekor/m3. Kepadatan ini hanya dilakukan selama 2 bulan saja. Kemudian kurangi lagi menjadi 20-25 ekor/m3 selama 4 bulan hingga ikan berukuran layak konsumsi.

Proses Pertumbuhan Ikan Kerapu Lumpur

Biasanya pertumbuhan ikan kerapu lumpur dipengaruhi oleh pakan mulai dari jenis pakan, jumlah pakan dan mutu pakan yang diberikan. Laju pertumbuhan ikan kerapu lumpur yaitu sekitar 1-1,3 gram perharinya. Ini berbeda dengan laju pertumbuhan kerapu jenis macan 2,5-3 gram perharinya.

Makanan Ikan Kerapu Lumpur

Pakan yang dapat diberikan pada ikan kerapu lumpur dapat berupa pelet atau ikan rucah segar. Pemberian pakan tersebu dapat dilakukan sebanyak 2-3 kali sehari. Pastikan rasio pemberian pakan tepat, sehingga pakan yang diberikan akan efisien.

Seleksi Ukuran Ikan Kerapu Lumpur

Karena termasuk jenis ikan kanibal, maka perlu dilakukan pemilahan atau penyeragaman ukuran ikan kerapu lumpur secara rutin mulai dari awal pembesaran minimal dua minggu sekali. Penyeleksian ini dapat dilakukan dengan menjaring ikan lalu tempatkan pada kolam sesuai ukuran ikan agar seragam.

Perawatan Ikan Kerapu Lumpur

Agar tidak menghambat pertumbuhan dan menyebabkan penyakit pada ikan kerapu lumpur, maka lakukan perawatan dan pengontrolan pada jaring atau waring. Bersihkan jika waring atau jaring terhambat oleh kotoran karena itu bisa menghambat pertukaran air dan oksigen. Pembersihan ini dilakukan minimal 3 minggu sekali.

Jangan lupa melakukan pengamatan kesehatan ikan dengan cara visual dan juga organoleptik untuk mengamati ektoparasit juga morfologi ikan kerapu yang dibudidayakan. Untuk pengamatan secara mikroskopik bisa dilakukan di laboratorium.

Seleksi Induk Ikan Kerapu Lumpur

Kamatangan kelamin atau gonad indukan kerapu lumpur jantan dapat diketahui dengan cara mengurut bagian perutnya, biasanya pada awal sperma yang keluar akan berwarna putih susu, perhatikan jumlahnya karena itu akan menentukan kualitas ikan kerapu lumpur jantan tersebut. Sedangkan kematangan gonad ikan kerapu lumpur betina dapat diketahui melalui kanulasi yaitu memasukkan selang plastik ke lubang kelamin ikan lalu dihisap.

Penetasan Telur Ikan Kerapu Lumpur

Untuk penetasan telur dan pemeliharaan larva, maka siapkan kolam khusus yang bisa dibuat dari beton, berbentuk persegi empat panjang dengan ukuran 4 x 1 x 1 m³. Sebelum digunakan, tiga hari sebelumnya bersihkan dan cuci hamakan kolam dengan larutan chlorine (Na OCI) 50-100 ppm lalu netralkan dengan larutan Natrium thiosulfat hingga bau bisa hilang.

Selanjutnya masukan air laut berkadar garam 32% ke dalam kolam lalu diamkan selama sehari untuk menjaga suhu tubuh stabil di antara 27-28°C. Telur hasil pemijahan dikumpulkan dengan menggunakan air mengalir. Telur yang dibuahi biasanya akan mengapung di permukaan air juga transparan.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Kerapu Lumpur Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post