Cara Dan Tips Ternak Atau Budidaya Burung Kenari Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

e. Tips menjodohkan burung kenari
Dekatkan sangkar burung betina dengan jantan , idealnya proses ini selam 3 hari, selama proses penjodohan kenari jantan dan kenari betina yang berada dalam sangkar yang berbeda dijemur berdekatan.
Kenari diberi pakan yang bergizi seperti telur puyuh, apel, sayuran dan multivitamin secara berseling agar kenari tidak bosan.
Pastikan kenari tidak bertubuh gemuk, apabila gemuk dapat menghambat perjodohan. Cara mengetahui kenari gemuk adalah dengan melihat ada atau tidaknya gumpalan lemak kuning pada bagian leher dan perut. Untuk mengatasi kegemukan kenari sebaiknya pakan yang di berikan ditakar terlebih dahulu, diberi tambahan pakan berupa mentimun dan setiap hari kenari dijemur.
Ciri Kenari berjodoh

  • Kenari jantan dan betina akur
  • Terlihat jantan meloloh makanan ke kenari betina melalui sangkarnya
  • Jantan akan berkicau keras untuk merayu betina, lalu betina meleperkan sayap dan terkadang menungging minta kawin.

f. Proses Perkawinan Dan Pengeraman Telur
Setelah melalu proses penjodohan selanjutnya kenari di satukan dalam satu sangkar yaitu jantang di masukan dalam sangkar box betina untuk proses perkawinan. Penyatuan dalam kandang tersebut dilakukan pada sore hari.
Setelah melalui proses perkawinan, pada pagi hari jantan dipisahkan kembali dari betina dan masukkan kembali pada sore hari hingga beberapa hari hingga betina bertelur. Ini dilakukan jika betina ini baru pertama melakukan perkawinan.
Untuk betina yang sudah pernah bertelur, proses perkawinan dengan jantan hanya disatukan sekitar satu jam. Jangan sampai lupa siapkan sarang untuk bertelur betina.

Biasanya kenari yang akan bertelur sarangnya sudah dirapikan berbentuk bundar, setelah seminggu berselang kenari akan mulai bertelur. Kenari dapat menetaskan 3 hingga 4 butir telur yang kemudian akan dierami sekitar 14 hari, selama pengeraman jangan lupa berikan pakan dan nutrisi serta rawatlah kandang dengan baik. Setelah berselang 1 hari setelah pengeraman telur akan menetas.

g. Perawatan Anak Kenari Dan Proses Pemanenan
Anakan Kenari yang baru menetas, pastikan air , dan telur rebus biji-bijian selalu ada dalam sangkar hingga anakan kenari berumur sekitar seminggu.
Setelah anakana berumur lebih dari seminggu pakan yang diberikan bisa berupa apel dan sayuran berupa sawi baik itu sawi hijau atau putih. Tambahkan pula telur rebus dan multivitamin hingga anakan kenari siap untuk di panen dan kemudian di jual.
Pada umur sekitar 25 hari anakan kenari sudah bisa makan sendiri namun hanya bisa makan telur rebus, nah pada umur sekitar 1 bulan barulah anakan kenari bisa makan sendiri biji-bijian.

Jika dirasa sudah cukup besar, anakan sudah dapat dipanen dan di jual. Setelah anakan dipanen indukan dipisahkan atau dipindahkan ke sangkar masing-masing. Setelah satu minggu atau lebih induk kenari sudah dapat dikawinkan lagi.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Dan Tips Ternak Atau Budidaya Burung Kenari Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

[su_spoiler title=”Baca Artikel Lainnya:” open=”yes” style=”fancy” icon=”chevron-circle”]

[/su_spoiler]